Cara Membuka HP yang Terkunci dengan Kode Pengaman Khusus Tipe Samsung atau Android Lainnya

Selasa, 12 Juli 2022 14:44
Cara Membuka HP yang Terkunci dengan Kode Pengaman Khusus Tipe Samsung atau Android Lainnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Kata sandi atau kode pengaman di HP bisa menjadi sebuah hal penting yang dilakukan banyak orang. Biasanya ini dilakukan untuk sebuah privasi yang kalian miliki, karena HP memang menjadi wadah bagi segala hal yang penting. Namun, bagaimana bila kalian mengalami masalah saat melakukan cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman?

Ya, tentu hal ini akan sangat mengganggu aktivitas kalian, terutama bagi kalian yang melakukan segala aktivitas lewat HP. Sebenarnya, cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman ini cukup mudah dilakukan kok KLovers. Terutama untuk kalian pengguna Samsung ataupun tipe jenis HP lainnya yang berjenis android.

Nah, apa saja ya cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman tersebut? Maka, berikut ini cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman yang tepat. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Menggunakan Find My Samsung

Cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman untuk pengguna Samsung yaitu, kalian bisa menggunakan Find My Samsung. Ini merupakan sebuah program, di mana kalian bisa menemukan jalan keluar bila mengalami HP terkunci namun lupa sandi. Berikut ini beberapa cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman dengan menggunakan Find My Samsung tersebut.

1. Langkah pertama, jelas kalian perlu masuk ke situs resmi Find My Samsung.

2. Selanjutnya, pilih menu Setting dan Security, pilih opsi Find My mobile.

3. Login dengan menggunakan email dan sandi yang kalian gunakan pada HP Samsung kalian.

4. Klik tombol Lock My Screen.

5. Kalian perlu membuat pola atau kata sandi baru lalu konfirmasi agar bisa digunakan.

 

2. Menggunakan Google Find My Device

Kemudian, cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman yang kedua yaitu, kalian bisa menggunakan Google Find My Device. Cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman yang ini bukan hanya bisa dilakukan oleh pengguna Samsung saja.

Namun kalian yang bukan pengguna Samsung namun memiliki tipe HP android, bisa melakukannya. Berikut ini cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman dengan menggunakan Google Find My Device.

1. Akses Google Find My Device dari browser PC atau laptop.

2. Kalian akan mendapatkan identifikasi dari HP kalian, seperti nama, lokasi terakhir, dan persentase baterai.

3. Pilih opsi Erase Device.

4. Ikuti setiap langkah dan petunjuk yang muncul. Hingga, kalian masuk ke laman login Google.

5. Login dengan akun Google yang terdaftar di HP.

6. Berikutnya, secara otomatis HP akan tersetel dalam keadaan baru. Setelah itu, kalian bisa memasang kombinasi nomor pin baru yang lebih mudah diingat.

 

3. Menggunakan Lock Screen Crash

Kemudian, kalian juga bisa menggunakan Lock Screen Crash sebagai salah satu cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman. Ya, cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman berikut ini menggunakan aplikasi tambahan untuk mempermudah kalian. Dan berikut beberapa caranya.

1. Pertama, tekan opsi "Emergency Call" pada lock screen di HP kalian.

2. Setelah itu, aktifkan fitur antarmuka dialer untuk memasukkan tanda bintang hingga 10 kali.

3. Kemudian klik sebanyak dua kali untuk memasukkan dan memilih copy.

4. Setelah melakukan copy, lakukan paste sehingga tanda bintang pun menjadi dua kali lipat.

5. Ulangi terus cara ini hingga batas karakter habis.

6. Setelah mencapai batas jumlah karakter, kalian bisa kembali ke layar kunci dan membuka shortcut kamera.

7. Berikutnya, tarik notifikasi dan tekan ikon Setting.

8. Kemudian masukkan password baru.

9. Tekan lama di kolom input dan pilih paste. Terus ulangi proses ini sebanyak beberapa kali, sehingga kunci layar akan mengalami crash. Sehingga, pengguna bisa mengakses seluruh antarmuka smartphone.

 

4. Menggunakan Forgot Pattern

Forgot Pattern bisa kalian lakukan secara otomatis setelah kalian mencoba pola yang salah berkali-kali. Setiap HP punya aturan berbeda soal ini maka coba saja sampai batas maksimal agar muncul fitur 'Forgot Pattern (atau password)' di HP kalian. Agar lebih jelas, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Setelah memasukkan pola yang salah berulang kali dan muncul fitur 'Forgot Pattern', klik opsi tersebut.

2. Selanjutnya, login dengan akun Gmail yang sudah terdaftar di ponsel tersebut.

3. Kalian akan diberi opsi penggantian password, pola, atau PIN. Ganti dengan yang baru, kemudian kalian akan dibawa ke tampilan halaman utama.

4. Pada halaman tersebut, kalian bisa menggunakan pola yang baru untuk membuka HP.

5. Selain itu, kalian juga punya opsi untuk meminta Google mengirimkan bentuk pola kunci HP melalui email, kalian bisa mengecek email dari komputer atau laptop.

 

5. Melakukan Reset Factory

Jika semua cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman di atas tak juga berhasil, kalian bisa melakukan reset factory. Melakukan reset factory berarti mengembalikan HP ke settingan pabrik.

Artinya, setiap data dalam HP kemungkinan akan hilang terhapus selama proses ini berjalan. Berikut adalah cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman dengan melakukan reset factory.

1. Pertama, matikan HP dengan menekan tombol volume turun bersamaan.

2. Secara otomatis, HP akan masuk ke sistem bootloader.

3. Pada sistem bootloader, kalian bisa menggunakan tombol volume untuk navigasi ke Recovery Mode, dan pakai tombol power untuk menggantikan fungsi enter.

4. Kemudian, pilih Wipe data/factory reset.

5. Tekan tombol power untuk konfirmasi pilihan.

6. Jika sudah, HP akan melakukan restart dan menghapus data. Selesai.

Itulah beberapa cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman yang bisa kalian lakukan sendiri dengan tepat. Cara membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman ini bukan hanya untuk HP Samsung saja, namun HP tipe lainnya juga bisa melakukan yang terpenting jenis android. Selamat mencoba KLovers.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI