Cara Mengetahui Kode Area No HP dan Cara Melacaknya Saat Hilang

Selasa, 05 Juli 2022 16:33
Cara Mengetahui Kode Area No HP dan Cara Melacaknya Saat Hilang
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Ada beberapa situasi yang bisa membuat pengguna telepon genggam merasa penasaran dengan lokasi nomor yang menelepon. Misalnya, saat mendapat gangguan telepon dari nomor tak dikenal. Dengan menerapkan tata cara mengetahui kode area no HP, kalian tak akan merasa penasaran lagi.

Sebenarnya, bukan cuma untuk memuaskan rasa penasaran, cara mengetahui kode area no HP ini juga bisa dianggap sebagai upaya kehati-hatian dengan mencari tahu informasi orang yang mengganggu.

Meski begitu, cara mengetahui kode area no HP ini tak bisa untuk melacak lokasi. Informasi yang diberikan terbatas. Nah, bagi kalian yang penasaran dengan langkah-langkah lebih detail, yuk langsung simak sederet informasi berikut ini.

 

1. Cara Mengetahui Kode Area No HP

No HP memang memiliki kode area atau lokasi masing-masing. Area tersebut mengacu pada lokasi registrasi. Hal tersebut berguna untuk berbagai hal. Misalnya saat seseorang melakukan misscall ke no HP kalian, tapi nomor tersebut sama sekali tak dikenal, cara tersebut bisa digunakan.

Bagi kalian yang ingin mengetahui pemilik nomor tersebut, ada cara mengetahui kode area no HP yang bisa kalian terapkan. Kalian bisa menggunakan situs web sederhana yang dinamakan Ceebydith. Dengan situs ini, kalian bisa mengetahui area asal nomor HP, terutama GSM. Pendeknya, kalian bisa menemukan home location register (HLR) suatu nomor HP.

Namun, kalian juga perlu tahu bahwa ini bukan cara untuk melacak lokasi, melainkan untuk mengetahui area asal registrasi yang sudah diatur oleh masing-masing operator seluler. Hal ini perlu dilakukan karena HP berbeda dengan telepon rumah yang sudah memiliki kode untuk menandai asal wilayah nomor.

Berbeda juga dengan telepon rumah, informasi lokasi yang ditampilkan pada HLR itu belum tentu menjadi lokasi saat ini. Karena HLR hanya menunjukkan area asal, maka saat nomor tersebut berpindah tetap saja tak bisa dilacak.

Nah, cara mengetahui kode area no HP melalui Ceebydith ini sebenarnya cukup mudah. Berikut ini ada langkah-langkah yang bisa kalian ikuti.

- Buka situs pelacak no hp Ceebydith

- Selanjutnya, masukan no HP, kemudian klik Search.

- Tunggu hingga proses selesai, hasil akan disertai Lokasi dengan tampilan peta.

 

2. Cara Melacak HP Android yang Hilang

Selain cara mengetahui kode area no HP seperti di atas, kalian juga perlu mengetahui tata cara melacak HP Android yang hilang, seperti berikut ini.

- Akses laman http://android.com/find.

- Login ke akun Google Jika kalian memiliki lebih dari satu ponsel, klik pada ponsel yang hilang yang terletak di atas halaman.

- Jika handphone yang hilang memiliki lebih dari satu profil pengguna, login dengan akun Google yang ada di profil utama.

- Selanjutnya, akan muncul notifikasi pada ponsel yang hilang dari Google Play Service dan muncul informasi lokasi hp Android kalian yang hilang.

- Perlu diketahui, lokasi yang tertera bisa saja tidak akurat atau merupakan lokasi perkiraan.

- Jika handphone tidak dapat ditemukan, kalian bisa melihat lokasi terakhir hp (jika tersedia).

Tak hanya melakukan pelacakan, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengendalikan HP dari jarak jauh, antara lain:

- Putar Suara: Hal ini dilakukan agar ponsel kalian yang hilang tetap berbunyi selama lima menit meskipun dalam keadaan silent atau senyap.

- Amankan Perangkat: Kunci perangkat kalian dengan PIN, pola, atau password. Selain itu, untuk mempermudah orang yang menemukan ponsel menghubungi kalian, kirimkan pesan atau nomor hp ke layar kunci.

- Hapus Perangkat: Menghapus semua data secara permanen pada handphone Namun, data yang tersimpan di kartu SD (memori) mungkin tidak ikut terhapus.

- Setelah menggunakan fitur ini, aplikasi Find My Device tidak dapat digunakan.

 

3. Cara Melacak HP iPhone yang Hilang

Bukan hanya cara mengetahui kode area no HP, kalian juga perlu mengetahui cara melacak HP iPhone yang hilang. Ada beberapa langkah yang bisa kalian terapkan saat menyadari bahwa HP sudah hilang.

1. Cari perangkat kalian di peta. Untuk menemukan perangkat, silakan masuk ke iCloud.com/find. Atau gunakan app Lacak di perangkat Apple lain yang kalian miliki.

2. Jika iPhone, iPad, atau iPod touch kalian tidak muncul dalam daftar perangkat, berarti app Lacak tidak dinyalakan. Namun, kalian tetap dapat melindungi akun jika app Lacak tidak dinyalakan.

3. Tandai sebagai Hilang. Saat menandai perangkat sebagai hilang, kalian akan menguncinya dari jarak jauh dengan kode sandi untuk menjaga keamanan informasi kalian.

Tindakan ini juga menonaktifkan Apple Pay di perangkat yang hilang. Kalian juga dapat menampilkan pesan khusus berisi informasi kontak kalian di perangkat yang hilang.

4. Menemukan nomor seri. Ajukan klaim Pencurian dan Kehilangan. Jika iPhone kalian yang hilang dilindungi oleh AppleCare+ dengan Pencurian dan Kehilangan, ajukan klaim untuk penggantian iPhone.

5. Mengajukan klaim. Hapus perangkat dari jarak jauh. Jika kalian menghapus perangkat dengan iOS 15, iPadOS 15, atau versi lebih baru yang terinstal, kalian masih dapat menggunakan Lacak untuk menemukan perangkat atau memutar bunyi di perangkat. Jika tidak, kalian tidak akan dapat menemukan perangkat atau memutar bunyi setelah menghapusnya.

Jika kalian memiliki AppleCare+ dengan Pencurian dan Kehilangan, jangan hapus iPhone hingga klaim kalian disetujui.

6. Menghapus perangkat dengan cara menghubungi operator nirkabel. Jika perangkat yang hilang adalah iPhone atau iPad dengan seluler, laporkan ke operator nirkabel kalian.

Minta operator nirkabel menonaktifkan akun kalian untuk mencegah panggilan, teks, dan penggunaan data. Dan jika perangkat dilindungi oleh paket operator nirkabel, ajukan klaim. Hapus perangkat yang hilang dari akun kalian. Jika kalian memiliki AppleCare+ dengan Pencurian dan Kehilangan, jangan hapus iPhone yang hilang dari akun hingga klaim disetujui.

Buka appleid.apple.com untuk menghapus perangkat yang hilang dari daftar perangkat terpercaya.

Nah, KLovers, itulah beberapa cara mengetahui kode area no HP dan melacaknya jika hilang.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI