Cara Menambahkan RAM HP Android dengan Tepat, Bisa Dilakukan untuk Merk Apapun

Kamis, 23 Desember 2021 17:55 Penulis: Dhia Amira
Cara Menambahkan RAM HP Android dengan Tepat, Bisa Dilakukan untuk Merk Apapun
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Bagi kebanyakan orang, memiliki RAM HP dengan kapasitas besar tentu menjadi idaman. Namun jika ingin menambah kapasitasnya, apakah ada caranya? Nyatanya sampai sekarang tidak ada KLovers. Pada dasarnya RAM pada Android tidak bisa diubah karena sudah tertanam di dalam sirkuit perangkat. Sehingga cara menambahkan RAM itu merupakan hal yang mustahil namun kalian bisa memaksimalkan RAM kalian yang kecil dengan beberapa hal.

Seperti yang diketahui jika RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) serta berbagai instruksi program dan hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi. Hal ini dimaksudkan bahwa, saat perangkat elektronik yang dijalankan oleh suatu aplikasi program akan menggunakan RAM untuk menempatkan data sementara.

Itulah mengapa, saat ini sudah banyak sekali HP yang memberikan kapasitas RAM dalam jumlah besar. Nah, untuk KLovers yang memiliki RAM kecil, dan ingin memaksimalkan RAM kalian. Maka berikut ini cara menambahkan RAM HP yang tepat dan telah dilansir dari berbagai sumber. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Dengan Menghapus Aplikasi

Cara menambahkan RAM HP yang pertama yaitu, dengan menghapus aplikasi yang tidak dipakai atau jarang sekali dipakai. Semakin banyak aplikasi yang kalian instal, maka semakin banyak pula aplikasi yang berjalan. Dan aplikasi yang berjalan tersebut akan memakan kapasitas RAM kalian.

Sehingga, bila kalian ingin menghemat kapasitas RAM Android, lebih baik uninstal aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan. Sehingga tidak memakan RAM kalian ya KLovers. Ada kok cara menghapus aplikasi yang tepat untuk menambahkan RAM kalian. Kalian hanya perlu ke pengaturan, pilih aplikasi, dan uninstal.

2. Dengan Disable Aplikasi Bawaan

Cara menambahkan RAM HP yang kedua yaitu dengan melakukan disable aplikasi bawaan, atau lebih dikenal dengan menonaktifkan aplikasi bawaan kalian. Ternyata bukan aplikasi yang kalian download saja yang memakan RAM, aplikasi bawaan juga memakan RAM. Apalagi ada beberapa aplikasi bawaan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh pengguna.

Sehingga ini tentu akan merugikan kalian ya KLovers. Jika ada satu atau dua aplikasi bawaan yang tidak bisa di-uninstal dan tidak terlalu dibutuhkan, maka kalian bisa men-disable aplikasi tersebut. Tentu saja, cara ini cukup membantu untuk memperluas kapasitas RAM Android kalian. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk disable aplikasi atau nonaktifkan aplikasi bawaan.

Cara pertama yaitu, kalian bisa masuk terlebih dahulu ke pengaturan. Lalu kalian bisa pilih menu aplikasi, lalu pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan. Setelah itu pilih opsi disable app atau nonaktifkan aplikasi. Lalu cara yang kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi playstore. Berikut ini beberapa tahapan yang harus kalian lakukan:

- Masuk ke Play Store.

- Swipe ke kanan atau tekan tombol menu yang 3 garis horizontal di sudut kiri atas.

- Lalu masuk ke menu "Help & Feedback".

- Pada kolom pencarian, ketik "Disable App".

- Pilih topik yang sesuai, lalu klik link ke "Tap to go to Application Settings".

- Pilih aplikasi yang bisa di-disable dan tekan tombol "disable".

3. Dengan Kurangi Widget dan Live Wallpaper

Lalu ada pula cara menambahkan RAM HP dengan mengurangi widget dan live wallpaper. Widget dan live wallpaper memang bisa mempercantik tampilan Android kalian. Namun ternyata, kedua hal tersebut bisa menjadi salah satu pemakan kapasitas RAM terbesar loh KLovers.

Widget akan terus melakukan refresh, misalnya pada widget cuaca yang akan terus berubah seiring dengan perubahan cuaca terkini. Sementara Live Wallpaper akan terus aktif ketika layar smartphone menyala. Selain itu, keduanya juga bisa bikin baterai cepat habis.

Kalian bisa mematikan kedua aplikasi tersebut, atau tidak menggunakannya terlalu sering. Hal ini agar RAM pada HP kalian tidak mudah habis, apalagi bila RAM di dalam HP kalian hanya memiliki ukuran yang sangat kecil.

4. Menggunakan Aplikasi Booster

Kemudian kalian juga bisa loh menggunakan aplikasi sebagai salah satu cara menambahkan RAM HP. Ya, Aplikasi Booster biasanya punya fitur RAM Booster yang berfungsi menghapus aplikasi tidak penting yang memakan kapasitas RAM. Kalian bisa instal aplikasi Smart Booster di Play Store. Setelah terinstal maka kalian bisa melakukan pelepasan RAM dengan menekan ikon roket yang berada di kanan bawah layar.

Setelah itu kalian bisa mulai membersihkan RAM. Pertama kalian bisa klik setting lalu pilih opsi RAM Boost. Akan ada pilihan boost level mulai dari Gentle, Medium, Strong, dan Aggresive. Kalian bisa memilih level Aggresive untuk melakukan pembersihan RAM secara maksimal. Pembersihan ini biasanya dilakukan ketika layar ponsel menyala.

Kalian juga bisa melakukan pembersihan disaat layar mati atau sedang tidak digunakan. Caranya dengan mencentang opsi "Boost When Screen Off" dan mengubah opsi "Delay Yo Boost When Screen Off" menjadi "Immediately". Kalian juga bisa mengaktifkan pembersihan otomatis dengan mencentang opsi "Boost Automatically" dan mengubah RAM threshold (MD) menjadi 100MD dan atur Boost interval sesuai waktu pembersihan.

Itulah beberapa cara menambahkan RAM HP yang bisa kalian lakukan dengan baik dan tepat. Bukan hanya memaksimalkan RAM saja, kalian juga bisa mendownload aplikasi RAM sebagai salah satu cara menambahkan RAM HP.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI