Cara Menelusuri Gambar di Google Android dan Iphone, Bisa untuk Potret Objek Langsung maupun Foto dalam Galeri

Kamis, 23 Juni 2022 11:55 Penulis: Puput Saputro
Cara Menelusuri Gambar di Google Android dan Iphone, Bisa untuk Potret Objek Langsung maupun Foto dalam Galeri
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Sejak lama google jadi rujukan bagi banyak orang saat mencari informasi. Wajar saja, google memang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan. Orang-orang bisa dengan mudah menemukan informasi yang dibutuhkan hanya dengan mengetik kata kunci. Namun tak saja lewat kata kunci, ternyata kita juga bisa mencari suatu informasi melalui cara menelusuri gambar di google android.

Ya, sayangnya tak banyak orang yang tahu bahwa ada cara penelusuran gambar pencarian di google. Padahal, cara menelusuri gambar di google android sangatlah mudah. Pasalnya, cara ini bisa dilakukan dengan cepat dan praktis melalui ponsel android. Jadi, tak butuh waktu lama lagi untuk mencari tahu informasi terkait suatu gambar atau foto.

Penasaran, bagaimana cara menelusuri gambar di google android? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

1. Cara Menelusuri Gambar di Google Android dari Suatu Situs

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cara menelusuri gambar di google android sangatlah mudah dilakukan. Cara ini bisa diterapkan untuk kalian yang kesulitan menelusuri atau mencari situs sumber suatu gambar. Caranya sangat mudah, untuk melakukannya kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Pertama, buka aplikasi Google atau aplikasi Chrome di hp android kalian.

- Jika kalian menelusuri gambar melalui aplikasi Chrome, sebelumnya kalian harus menyetel Google sebagai mesin telusur default terlebih dahulu.

- Selanjutnya, langsung saja buka situs situs yang menyediakan gambar.

- Klik dan tahan gambar.

- Kemudian, klik tombol Telusuri dengan Google Lens .

- Jika sudah, tentukan cara untuk melakukan penelusuran. Ada dua cara yang bisa dilakukan pertama dengan menggunakan objek dalam gambar. Kedua, bisa juga dengan menggunakan bagian dari gambar.

- Apabila memilih menelusuri dengan objek, maka lanjutkan dengan memilih objek, lalu klik Pilih.

- Namun jika kalian menggunakan bagian gambar, lanjutkan dengan klik Pilih Area Gambar, lalu seret sudut kotak di sekitar pilihan.

- Setelah itu google akan memunculkan hasil penelusuran, gulir ke bawah untuk menemukan hasil yang sesuai.

 

2. Cara Menelusuri Gambar Tersimpan di Hp Android

Tak saja gambar yang ada di internet, pengguna hp android juga bisa menelusuri gambar atau foto yang tersimpan di galeri. Cara menelusuri gambar di google android untuk foto yang tersimpan di galeri hp juga tak kalah mudah. Untuk melakukannya, kalian bisa ikuti langkah-langkah dalam uraian berikut ini.

- Pertama, silakan buka aplikasi Google di hp android kalian.

- Jika sudah, selanjutnya gulir ke bagian bawah, kemudian klik tombol opsi Temukan.

- Selanjutnya pada kolom pencarian, kalian bisa klik Google Lens atau Google Lensa.

- Berikutnya, silakan pilih atau unggah gambar foto untuk yang akan kalian telusuri. Kalian bisa mengambil foto secara langsung melalui kamera, atau bisa juga mengambil foto yang sudah ada di galeri.

- Untuk mengambil foto secara langsung pakai kamera hp, caranya arahkan kursor ke objek dengan kamera hp android kalian kemudian klik Search atau Cari.

- Sementara itu, untuk mengunggah gambar yang ada di galeri, caranya klik Pilih foto di Galeri, kemudian pilih foto.

- Selanjutnya, kalian bisa menetapkan cara penelusuran gambar. Ada dua cara yang bisa dilakukan pertama dengan menggunakan objek dalam gambar. Kedua, bisa juga dengan menggunakan bagian dari gambar.

- Apabila memilih menelusuri dengan objek, maka lanjutkan dengan memilih objek, lalu klik Pilih.

- Namun jika kalian menggunakan bagian gambar, lanjutkan dengan klik Pilih Area Gambar, lalu seret sudut kotak di sekitar pilihan.

- Selesai setelah itu google akan memunculkan hasil penelusuran, gulir ke bawah untuk menemukan hasil yang sesuai.

 

3. Cara Menelusuri Gambar di Google Iphone

Saat ini mulai banyak orang yang beralih dari hp android ke Iphone. Terbukti, kini pengguna Iphone juga tak kalah banyaknya. Maka dari itu, selain cara menelusuri gambar di google android, tak sedikit pula yang mencari cara serupa untuk hp Iphone. Kebetulan, cara untuk menelusuri gambar di google hp Iphone tidak kalah gampang. Untuk melakukannya, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti.

- Pertama, silakan buka Google app atau aplikasi Google di hp Iphone kalian.

- Jika sudah, perhatikan kolom pencarian, klik tombol Google Lens atau Google Lensa.

- Sama seperti di hp android, kalian bisa melakukan penelusuran dari gambar atau foto secara langsung maupun yang telah tersimpan di galeri.

- Untuk mengambil atau unggah foto secara langsung dari kamera, caranya langsung saja buka kamera dan arahkan ke objek, kemudian klik tombol Cari.

- Sementara itu, untuk mengunggah gambar yang ada di galeri, kalian bisa klik Pilih foto dari Galeri, temukan foto lalu klik pilih foto untuk mengunggah.

- Berikutnya, kalian bisa menetapkan cara penelusuran gambar. Ada dua cara yang bisa dilakukan pertama dengan menggunakan objek dalam gambar. Kedua, bisa juga dengan menggunakan bagian dari gambar.

- Jika kalian memilih menelusuri dengan objek, maka lanjutkan dengan memilih objek, lalu klik Pilih.

- Akan tetapi jika kalian menggunakan bagian gambar, lanjutkan dengan klik Pilih Area Gambar, lalu seret sudut kotak di sekitar pilihan.

- Selesai setelah itu google akan memunculkan hasil penelusuran, gulir ke bawah untuk menemukan hasil yang sesuai.

Itulah di antaranya ulasan cara menelusuri gambar di google android dan Iphone. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI