Cara Mengaktifkan Instagram setelah Dinonaktifkan, Perhatikan Setiap Langkah-langkahnya

Jum'at, 03 Desember 2021 16:11 Penulis: Puput Saputro
Cara Mengaktifkan Instagram setelah Dinonaktifkan, Perhatikan Setiap Langkah-langkahnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Instagram menjadi media sosial yang sangat populer saat ini. Banyak orang menghabiskan waktunya untuk mengakses instagram setiap hari. Tapi, tak sedikit pula orang yang memutuskan mengambil jeda, dengan menonaktifkan akun instagram miliknya sementara waktu. Kemudian, seseorang melakukan cara mengaktifkan instagram miliknya ketika ingin kembali aktif di media sosial.

Ya, menonaktifkan media sosial termasuk instagram memang sebuah hal yang lumrah dilakukan. Biasanya, seseorang melakukannya lantaran ingin kembali fokus menjalani kehidupan nyata. Untungnya, instagram menyediakan fitur untuk menonaktifkan akun untuk sementara. Meskipun, ada juga cara menonaktifkan akun instagram secara permanen.

Selama ini, sudah cukup banyak artikel yang membahas cara menonaktifkan instagram. Lantas, bagaimana dengan cara mengaktifkan instagram yang sebelumnya telah dinonaktifkan? Untuk mengetahui caranya, langsung saja simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Cara Mengaktifkan Instagram

Cara mengaktifkan akun instagram yang sebelumnya dinonaktifkan sebenarnya sangatlah mudah. Kalian hanya perlu melakukan login dengan username dan kata sandi seperti biasanya. Dengan login seperti biasa, secara otomatis, kalian dapat mengakses akun instagram sedia kala.

Namun perlu diketahui bahwa, cara mengaktifkan instagram kembali hanya berlaku pada akun yang dinonaktifkan untuk sementara. Jika akun intagram telah dinonaktifkan secara permanen, kalian tidak bisa mengaktifkan akun instagram kembali. Atau dengan kata lain, berbagai cara yang dilakukan tidak akan bisa membuat kalian mengakses akun yang telah dinonaktifkan permanen.

2. Cara Menonaktifkan Instagram Sementara

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cara mengaktifkan instagram hanya berlaku untuk akun yang dinonaktifkan sementara. Itu artinya, kalian juga perlu tahu cara menonaktifkan akun instagram secara sementara agar tidak salah dan justru menonaktifkannya secara permanen.

Untuk menonaktifkan akun instagram sementara tidak bisa dilakukan langsung dari aplikasi di hp. Kalian hanya bisa melakukannya dengan mengakses instagram via browser. Agar lebih paham dan mengerti, berikut langkah-langkah cara menonaktifkan akun instagram secara sementara.

- Pertama, masuk ke browser di PC atau ponsel dan buka laman www.instagram.com.

- Setelah itu, login dengan menggunakan akun Instagram.

- Jika sudah, masuk ke menu profil, kemudian pilih edit profil.

- Scroll hingga ke bagian bawah. Pada pojok kanan bawah akan tersedia pilihan 'Temporariliy Disable My Account' atau 'Nonaktifkan sementara Akun Saya'.

- Berikutnya, pilih salah satu alasan mengapa kalian ingin menonaktifkan akun Instagram.

- Terakhir, masukkan password atau kata sandi, kemudian klik 'Temporarily Disable Account'. Secara otomatis, Instagram akan menonaktifkan akun untuk sementara waktu hingga kalian aktifkan kembali.

3. Cara Menonaktifkan Instagram Permanen

Meski tak ada kaitannya dengan cara mengaktifkan akun instagram kembali, tapi tetap tak ada salahnya untuk tahu cara menonaktifkan instagram permanen. Sebelum tahu caranya, kalian juga harus paham bahwa menonaktifkan instagram permanen berarti menghapus akun.

Itu artinya, akun yang telah dihapus tidak akan bisa diakses kembali. Berbagai data seperti postingan, pengikut, akun yang diikuti, like, komentar, direct message juga akan hilang dan tidak bisa dipulihkan kembali. Sehingga, menonaktifkan akun instagram permanen memang butuh pertimbangan besar. Namun, jika kalian yakin bahwa tidak akan mengakses instagram lagi, kalian bisa langsung melakukannya.

Sama seperti cara menonaktifkan instagram sementara, untuk menonaktifkan permanen, kalian juga tidak bisa dilakukan lewat aplikasi instagram. Kalian harus melakukannya lewat browser, bisa dengan PC ataupun Hp. Berikut adalah cara-caranya.

1. Cara Menonaktifkan Instagram Permanen lewat PC

- Buka browser di PC atau di ponsel. Masuk ke akun Instagram dengan username dan kata sandi.

- Setelah itu, buka tautan https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/

- Pilih salah satu pilihan alasan mengapa kamu ingin menghapus akun Instagram.

- Terakhir, masukkan password atau kata sandi. Jika sudah yakin ingin menghapus akun Instagram untuk selamanya, klik 'Permanently Delete My Account'.

2. Cara Menonaktifkan Instagram Permanen lewat HP

- Pertama, buka aplikasi Instagram di handphone kamu, lalu masuk ke profil Instagram milik mu.

- Kemudian, pilih ikon garis tiga yang terdapat di pojok kanan atas. Kemudian masuk ke menu 'Settings' yang ada di paling bawah, lalu pilih opsi 'Help Centre'.

- Selanjutnya, kamu akan di-direct atau diarahkan ke situs help.instagram.com

- Kemudian pilih menu 'Mengelola Akun Anda'. Lalu lanjutkan dengan memilih menu 'Hapus Akun Anda'.

- Pilih 'Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?'. Kemudian, dari pilihan yang tersedia, pilih nomor satu dan klik 'Halaman Menghapus Akun Anda'.

- Setelah itu, pilih salah satu alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Instagram.

- Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagrammu, lalu klik 'Permanently Delete My Account'.

Itulah di antaranya ulasan tentang cara mengaktifkan instagram kembali setelah dinonaktifkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI