Arti Worth It Adalah Layak, Ketahui Perbedaannya dengan Worthy

Jum'at, 03 Desember 2021 14:33 Penulis: Dhia Amira
Arti Worth It Adalah Layak, Ketahui Perbedaannya dengan Worthy
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Saat ini ada banyak sekali jenis kata bahasa Inggris yang diselipkan dalam pembicaraan sehari-hari. Biasanya kata bahasa Inggris ini digunakan dalam berbagai hal, salah satunya dalam sosial media. Worth it menjadi salah satu kata bahasa Inggris yang saat ini banyak digunakan. Namun apa KLovers tahu arti worth it?

Nyatanya worth it merupakan bahasa resmi ya KLovers. Walaupun kata worth it sendiri baru populer atau sering digunakan akhir-akhir ini, terutama oleh anak muda pengguna media sosial. Dalam kata worth it, worth sebagai kata sifat biasanya diikuti kata benda. Kemudian kata it dalam merupakan kata ganti atau pronoun dari kata benda tersebut, sehingga worth it hanya dapat digunakan ketika kalian sudah menjelaskan kata benda di awal.

Arti worth it sendiri dalam bahasa Indonesia yaitu layak atau cukup baik. Namun nyatanya tidak hanya ada kata worth it saja, ada pula kata lain seperti worth dan juga worthy. Semua memiliki perbedaan dan juga arti yang berbeda dalam sebuah kalimat. Sehingga penting bagi KLovers mengetahui arti worth it dan juga perbedaannya. Hal ini agar KLovers tidak salah menempatkan kata worth it dalam sebuah kalimat.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui lebih dalam arti worth it. Maka telah dilansir dari berbagai sumber, berikut ini arti kata worth it, beserta perbedaannya dengan worth dan worthy. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Worth It

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa, arti worth it dalam bahasa Indonesia yaitu layak atau cukup baik. Worth it adalah kosakata bahasa Inggris yang sering dipakai belakangan ini. Istilah ini digunakan untuk menyatakan bahwa apa yang kita dapatkan itu setimpal dengan harga yang kita bayar.

Namun, terkadang ada yang berkata bahwa penulisan yang betul adalah worthed, dan bukan worth it. Padahal kata worthed tidak terdapat dalam kamus bahasa Inggris loh KLovers. Sehingga salah bila kalian beranggapan bahwa worth it itu adalah worthed. Mungkin secara bahasa bila digabung akan terdengar seperti worthed, namun tulisan yang tepat adalah worth it.

Sehingga kata worth it ini bisa kalian gunakan untuk sebuah barang atau makanan dan minuman yang kalian beli dengan harga tertentu, namun barang tersebut setimpal dengan harga yang diberikan. Jadi jika menurut kita harga dan kualitas produk yang akan kita beli cocok dengan kita, itu bisa dibilang Worth It. Dan jika produk atau suatu barang tidak cocok dengan bayangan kita maka kalian bisa bilang not worth it.

2. Perbedaan Worth It, Worth, Worthy

Setelah mengetahui arti worth it, tentu kalian perlu mengetahui perbedaan yang ada pada kata worth it. Yup! Ternyata ada kata lain loh selain worth it, kata tersebut ada worth dan worthy. Tentu saja ada perbedaan antara kata worth it, worth, dan worthy. Kesalahan yang paling umum terjadi yaitu tidak mengetahui perbedaan worth it, worth, worthy. Banyak yang beranggapan bahwa, ketiga kosakata tersebut kadang dianggap sama.

Misalnya saja, dalam bahasa Indonesia, Worth memiliki arti yaitu layak, patut, dan berharga. Worth berada dalam dua kelas kata yaitu kata kata sifat dan kata benda. Pada dasarnya worth it sama dengan worth. Worth sebagai kata sifat biasanya diikuti kata benda. Kata it dalam worth it merupakan kata ganti atau pronoun dari kata benda tersebut, sehingga worth it hanya dapat digunakan ketika kalian sudah menjelaskan kata benda di awal.

Ketika kalian menggunakan worth it untuk menilai sebuah benda, maka benda tersebut harus kalian jelaskan di awal. Contohnya, "I don't want to buy this bag. It's not worth it.". Sama halnya dengan worth, worthy juga terbagi menjadi dua kelas kata yaitu kata benda dan kata sifat. Worthy sebagai kata sifat yaitu sesuatu yang bisa layak untuk dihargai. Sedangkan worthy sebagai kata benda adalah orang yang dihormati atau orang terpandang.

Dari penjelasan di atas bisa kita pahami bahwa, worth dan worth it memiliki jenis kata yang sama dan dapat digunakan dalam situasi yang sama. Hanya saja kata worth atau worth it harus di awali dengan kata benda terlebih dahulu. Sedangkan worthy bisa digunakan sebagai kata sifat ataupun kata benda berupa orang yang harus dihormati atau orang terpandang.

Itulah arti worth it yang bisa kalian pelajari dan juga pahami dengan baik dan tepat. Bukan hanya mengetahui arti kata worth it saja, namun KLovers juga bisa mengetahui perbedaan worth it, worth, dan worthy, agar tidak salah lagi bila membuat sebuah kalimat bahasa Inggris dengan menggunakan ketiga kata tersebut.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI