Cara Transfer Pulsa Indosat ke Operator Lain dengan Mudah

Jum'at, 03 Desember 2021 13:44
Cara Transfer Pulsa Indosat ke Operator Lain dengan Mudah
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Mengetahui cara transfer pulsa Indosat ke operator lain bisa menjadi keuntungan tersendiri. Jika kalian merupakan pengguna kartu Indosat, kalian bisa memanfaatkan layanan ini pada kondisi mendesak.

Pulsa seolah telah masuk dalam kebutuhan utama manusia. Saat ada teman atau saudara yang kehabisan, kalian bisa membantunya dengan mengikuti tata cara transfer pulsa Indosat ke operator lain pada penjelasan berikut ini.

Sebaliknya, ketika kalian juga membutuhkan bantuan, mereka bisa membantu. Selain cara transfer pulsa Indosat ke operator lain, kalian juga perlu mengetahui cara cek pulsa agar bisa melakukan pengisian secara berkala. Hal ini perlu dilakukan agar tragedi kehabisan pulsa bisa dihindari.

1. Cara Transfer Pulsa Indosat ke Operator Lain

Indosat merupakan salah satu penyedia jasa layanan komunikasi yang memungkinkan penggunanya melakukan transfer pulsa ke operator lain. Jika kalian ingin mengetahui cara transfer pulsa Indosat ke operator lain, langsung saja simak beberapa langkah berikut ini. Kalian juga bisa memilih untuk melakukan transfer melalui SMS atau UMB.

1. SMS

- Pertama, tentu saja kalian harus membuka menu SMS.

- Selanjutnya, buat pesan dengan format TRANSFERPULSA(spasi)NomorHP(spasi)Nominal Pulsa yang akan dikirimkan.

- Contoh: TRANSFERPULSA 080123456xxx 50000.

- Setelah itu, akan ada konfirmasi token yang dikirimkan ke nomor kalian.

- Ketik OK diikuti nomor token.

- Selanjutnya, kirim kode token tersebut ke 151.

2. Kode UMB

Cara transfer pulsa Indosat ke operator lain melalui SMS memang bisa kalian tempuh. Sayangnya beberapa operator lain tak mendukung layanan transfer dengan fitur SMS maka cara ini tak terlalu efektif. Sebagai solusi, kalian bisa melakukan transfer menggunakan kode UMB.

Kode UMB (USSD Menu Browser) merupakan layanan yang disediakan penyedia jasa telekomunikasi yang memuat berbagai informasi untuk diketahui pengguna. Salah satu informasi atau layanan yang kalian manfaatkan, yakni transfer pulsa. Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Pertama, kalian harus membuka menu panggilan terlebih dahulu.

- Ketik *123*6*8# dan tekan tombol panggil.

- Tunggu sampai muncul menu transfer pulsa, lalu ketik 1.

- Masukkan nomor yang dituju dan ikuti langkah-langkah yang ada pada layar.

- Tunggu SMS notifikasi muncul.

2. Cara Transfer Pulsa Indosat Melalui Kode USSD

Selain cara transfer pulsa Indosat ke operator lain, kalian pun perlu tahu cara transfer pulsa ke sesama Indosat. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan yaitu dengan mengakses kode USSD. USSD adalah singkatan dari Unstructured Supplementary Service Data.

USSD bisa dianggap sebagai kode yang digunakan untuk menghubungi atau berkomunikasi antara pengguna dan penyedia layanan jasa. Nah, untuk mengetahuinya, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

- Buka menu panggilan di HP kalian.

- Bagi kalian pengguna IM3 Ooredoo dan Mentari Ooredoo, tekan *123*7*2*3*1#.

- Namun, bagi kalian pengguna Indosat Pascabayar (Matrix Ooredoo Auto), tekan *123*7*1*6*1#.

- Lalu, tekan tombol panggil atau call.

- Setelah itu, kalian tinggal mengikuti petunjuk yang muncul di layar HP.

- Bisanya, kalian akan mendapat pesan konfirmasi sebagai tanda keberhasilan transaksi.

3. Cara Cek Pulsa Indosat

Pulsa merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, terdapat layanan transfer pulsa yang bisa kalian lakukan ketika teman atau saudara sedang berada di situasi mendesak. Selain cara transfer pulsa Indosat ke operator lain, kalian juga perlu melakukan pemeriksaan pulsa secara berkala agar tak kehabisan.

Berikut ini terdapat beberapa cara cek pulsa Indosat yang bisa kalian ikuti.

1. Cara Cek Pulsa Indosat Lewat SMS

- Buka fitur pesan singkat atau SMS di hp kalian, lalu ketik SMS dengan format: USAGE.

- Kirimkan SMS tersebut ke nomor 363.

- Setelah beberapa saat kalian akan mendapatkan SMS balasan berupa informasi mulai dari sisa pulsa hingga masa aktif kartu tersebut.

2. Cara Cek Pulsa Indosat dengan Kode USSD

- Buka fitur untuk melakukan panggilan telepon di hp kalian.

- Kemudian ketik *123#, lalu tekan OK atau Call.

- Setelah itu, akan muncul pemberitahuan dalam bentuk menu pop up yang sekaligus berisikan informasi terkait sisa saldo pulsa dan masa aktif nomor kalian.

3. Cara Cek Pulsa Indosat Lewat Aplikasi

- Buka aplikasi MyIM3 kemudian login dengan memasukkan nomor indosat kalian. Lalu, tekan tombol next.

- Setelah memasukkan nomor, kalian akan diminta memasukkan kode verifikasi yang telah dikirim via SMS. Jika sudah, tinggal klik tombol verify.

- Secara otomatis, saldo pulsa berikut masa aktif nomor kalian akan terlihat pada halman awal aplikasi MyIM3. Selanjutnya, kalian bisa mengecek pulsa indosat hanya dengan membuka aplikasi MyIM3 di hp kalian.

KLovers, itulah cara transfer pulsa Indosat ke operator lain beserta penjelasan cara cek pulsa agar kalian bisa melakukan pemeriksaan secara berkala.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI