Cara Mengatasi Memori Penuh di HP OPPO dengan Tepat

Minggu, 23 Januari 2022 10:33 Penulis: Dhia Amira
Cara Mengatasi Memori Penuh di HP OPPO dengan Tepat
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Mungkin bagi sebagian pengguna handphone akan mengalami masalah seperti memori yang penuh. Ya, banyak pengguna android seperti misalnya pengguna HP OPPO yang mungkin merasa kurang dalam hal kapasitas memori. Sehingga kalian merasa bingung, bagaimana cara mengatasi memori penuh di HP OPPO. Padahal ada lho cara mengatasi memori penuh di HP OPPO yang mudah dan praktis.

Ada banyak sekali cara mengatasi memori penuh di HP OPPO yang bisa kalian lakukan. Bukan hanya memakai memori eksternal saja, namun kalian juga bisa melakukan factory reset hingga hard reset. Sehingga hal ini bisa menjadi solusi bagi KLovers yang ingin mengatasi memori penuh di HP OPPO dengan tepat.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi memori penuh di HP OPPO, maka berikut ini cara mengatasi memori penuh di HP OPPO yang mudah untuk dilakukan dengan tepat. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Cara mengatasi memori penuh di HP OPPO yang pertama yaitu, kalian bisa menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Ya, aplikasi yang jarang digunakan hanya akan membuat ruang memori kalian penuh saja.

Sehingga, kalian harus menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Dan berikut ini beberapa cara untuk kalian menghapus aplikasi yang jarang digunakan tersebut:

1. Cara pertama, kalian bisa buka menu "Pengaturan" pada ponsel OPPO kalian.

2. Pilih "Manajemen Aplikasi" dan temukan dan pilih aplikasi.

3. Ketuk "Hapus" untuk menghapus aplikasi yang tidak kalian gunakan.

4. Konfirmasi penghapusan dengan tap "OK". Dan selesai.

2. Lakukan Factory Reset

Kemudian cara mengatasi memori penuh di HP OPPO yang selanjutnya yaitu, bisa dengan melakukan factory reset. Ya, cara ini akan membersihkan semua data pada ponsel OPPO kalian. Ada dua cara dalam melakukan reset ponsel OPPO, melalui menu Pengaturan dan Recovery Mode atau ColorOS Recovery.

Sebelum melakukannya, sebaiknya kalian backup data penting dan pindahkan data-data penting tersebut ke memori eksternal atau komputer. Dan berikut ini cara mengatasi memori penuh di HP OPPO dengan melakukan factory reset:

1. Cara pertama, kalian bisa buka menu "Pengaturan" pada ponsel OPPO kalian.

2. Setelah itu, kalian bisa pilih "Pengaturan Tambahan".

3. Setelah itu, kalian bisa membuat cadangan dan reset.

4. Pilih Kembalikan ke pengaturan pabrik dan hapus semua isi pengaturan.

5. Konfirmasi reset ponsel OPPO ke setelan pabrik. Dan selesai.

3. Lakukan Hard Reset

Sama seperti cara mengatasi memori penuh di HP OPPO yang sebelumnya, cara mengatasi memori penuh di HP OPPO dengan hard reset ini juga akan membersihkan semua data pada ponsel OPPO kalian.

Sebelum melakukannya, sebaiknya kalian backup data penting dan pindahkan data-data penting tersebut ke memori eksternal atau komputer. Dan berikut ini cara mengatasi memori penuh di HP OPPO dengan melakukan hard reset:

1. Pertama, pastikan ponsel OPPO dalam dalam keadaan off atau mati ya KLovers.

2. Setelah itu, kalian bisa tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo OPPO.

3. Setelah muncul logo OPPO, lepaskan kedua tombol dan tunggu beberapa saat.

4. Bila sudah, maka kalian akan masuk pada menu ColorOS Recovery.

5. Untuk bahasa, pilih Bahasa Inggris dan selanjutnya pilih Wipe Data.

6. Setelah itu, kalian bisa konfirmasi dengan Wipe Data (Keep SMS, Contacts, and Photos).

7. Tunggu selama beberapa saat sampai proses reset berhasil dilakukan.

8. Tekan Reboot untuk restart ponsel OPPO dan selesai.

4. Membersihkan Ruang Penyimpanan Ponsel

Dan cara mengatasi memori penuh di HP OPPO yang terakhir yaitu, kalian bisa membersihkan ruang penyimpanan di ponsel. Ya, ini bisa menjadi salah satu solusi terakhir bila kalian ingin melakukan cara mengatasi memori penuh di HP OPPO. Dan berikut ini cara mengatasi memori penuh di HP OPPO dengan membersihkan ruang penyimpanan ponsel:

1. Pilih "Manajer Telepon" pada layar beranda ponsel.

2. Setelah itu, pilih opsi "Bersihkan Penyimpanan". Kalian dapat menghapus berkas sampah dengan memilih opsi "Hapus Semua".

3. Namun, kalian juga bisa memilih berkas tertentu yang akan dihapus. Pilih "Bersihkan Penyimpanan" untuk mendeteksi dan menghapus tempat dokumen atau berkas yang tersembunyi dan berbagai jenis berkas sampah lainnya.

4. Kalian juga dapat memilih opsi "Hapus Data Aplikasi", lalu pilih "Data Cache Aplikasi".

5. Lanjutkan dengan klik opsi "Hapus" (Perlu diingat bahwa opsi ini tak dapat diurungkan. Artinya, setelah dihapus, maka suatu berkas atau dokumen tak dapat dikembalikan).

6. Selain itu, kalian bisa memilih opsi "Kosongkan Lebih Banyak Ruang Penyimpanan". Opsi ini umumnya digunakan untuk menghapus berkas yang tak lagi digunakan seperti audio, foto, video, dan sebagainya, (Sama halnya dengan opsi sebelumnya, tindakan ini tak dapat diurungkan. Artinya, setelah dihapus, berkas atau dokumen tak bisa dikembalikan.)

7. Selesai.

Itulah beberapa cara mengatasi memori penuh di HP OPPO yang bisa KLovers lakukan dengan mudah dan praktis. Bukan hanya menggunakan memory eksternal saja, namun kalian juga bisa melakukan factory reset hingga hard reset. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI