Cara Mengedit Foto di IG Tanpa Aplikasi Tambahan, Maksimalkan Fungsi Filter dan Efek

Kamis, 09 Desember 2021 16:22
Cara Mengedit Foto di IG Tanpa Aplikasi Tambahan, Maksimalkan Fungsi Filter dan Efek
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Platform sosial media Instagram dilengkapi dengan berbagai fitur keren dan menarik terutama untuk edit foto dan video. Apalagi, cara mengedit foto di IG bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan dengan hasil yang tak kalah keren.

Adanya fitur seperti filter atau efek di Instagram bisa digunakan oleh pengguna secara mudah dan free. Apalagi, seringkali filter di Instagram cukup populer dan jadi trend pengguna sosial media. Namun untuk mengedit foto di IG pastikan kalian sudah memiliki akun Instagram. Karena diperlukan login terlebih dahulu untuk bisa menggunakan semua fitur, filter, dan efek di Instagram.

Jika belum tahu cara mengedit foto di IG, ulasan di bawah ini perlu kalian pahami. Terlebih cara mengedit foto di IG sebagai berikut bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan. Namun untuk menghasilkan foto yang keren dari cara mengedit foto di IG, kalian perlu tahu dulu fungsi fitur dan mengenalinya.

Adapun ulasan lengkap tentang cara mengedit foto di IG dapat kalian simak sebagai berikut. Langsung saja cek pembahasannya tentang cara mengedit foto di IG telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Cara Mengedit Foto di IG Tanpa Aplikasi

Instagram tak hanya dikenal sebagai platform sosial media saja. Pasalnya, di Instagram pengguna juga bisa melakukan edit foto dengan mudah dan praktis. Apalagi cara mengedit foto di IG bisa dilakukan tanpa aplikasi. Meski tanpa aplikasi tambahan, hasil edit foto di IG juga tidak bisa diragukan. Pasalnya hasil dari cara mengedit foto di IG bisa begitu keren. Mau tahu langka cara mengedit foto di IG, berikut ini ulasan lengkapnya.

- Pertama buka aplikasi Instagram kalian di HP.

- Selanjutnya klik ikon plus terletak di bagian atas, fungsinya biasanya untuk posting status.

- Setelah itu pilih foto dari galeri HP kalian.

- Lalu edit foto sesuai keinginan kalian menggunakan yakni posisi dan ukuran foto.

- Apabila sudah selesai melakukan edit foto di IG, maka bisa klik Next.

- Selanjutnya tambahkan filter sesuai keinginan kalian.

- Tak lupa edit foto menggunakan fitur bawaan Instagram mulai dari cahaya, kontras, warna, dan seterusnya.

- Apabila sudah klik Next.

- Selesai, kalian berhasil mengedit foto di IG tanpa aplikasi. Selanjutnya bisa posting untuk status di Instagram menggunakan foto yang sudah diedit.

2. Cara Mengedit Foto di IG dengan Mudah

Selain ulasan cara mengedit foto di IG di atas, ada juga cara mengedit foto di IG dengan mudah menggunakan fitur story Instagram. Ya, fitur story Instagram bisa digunakan sebagai cara mengedit foto di IG. Adapun langkah cara mengedit foto di IG dapat kalian simak sebagai berikut.

- Pertama buka aplikasi Instagram kalian di HP.

- Selanjutnya klik ikon plus pada foto profil akun IG kalian di beranda untuk masuk ke halaman Story IG. Kalian juga bisa menggunakan cara praktis dengan menggeser beranda aplikasi Instagram ke kiri.

- Setelah itu akan masuk ke menu story IG.

- Pilih foto yang akan diedit.

- Tambahkan filter, efek, sticker, atau tulisan sesuai keinginan kalian.

- Jika sudah kalian bisa save dengan klik ikon titik tiga lalu save untuk versi terbaru aplikasi Instagram.

- Selesai, cara mengedit foto di IG dengan menggunakan fitur story IG berhasil kalian lakukan.

- Foto yang sudah diedit akan tersimpan di galeri HP kalian.

3. Kenali Fitur Filter dan Efek Instagram

Setelah tahu cara mengedit foto di IG dengan mudah dan praktis, ketahui juga fungsi dari filter dan efek Instagram. Pasalnya ada beberapa fungsi filter dan efek Instagram yang perlu diketahui. Di sejumlah platform sosial media, salah satunya IG dilengkapi dengan filter AR atau Augmented Reality. Di filter ini ada beragam efek yang bisa digunakan oleh penggunanya. Adapun ulasan lengkap tentang fungsi filter dan efek Instagram dapat kalian simak sebagai berikut.

- Filter wajah bisa berfungsi untuk membuat tampilan wajah lebih menarik.

- Filter efek zoom in atau zoom out.

- Filter makeup atau rias bisa berfungsi untuk membuat wajah pengguna menggunakan riasan meskipun tanpa makeup. Di antaranya seperti lipstick, alis, ataupun bulu mata.

- Menambahkan musik dan suara efek.

- Filter menarik untuk interaksi seperti mulut terbuka, kedipan, senyum, dan seterusnya agar membuat foto atau video lebih menarik.

- Filter untuk mencoba berbagai aksesoris seperti topi, kacamata, bandana, dan seterusnya.

- Filter efek seperti dunia nyata yang membuat gambar memiliki berbagai furniture menarik.

- Efek pada kamera depan dan belakang yang bisa pengguna gunakan dengan mudah.

- Filter pada kamera Instagram terdiri dari amaro, brannan, earlybird, Slumber, aden, hefe, Hudson, walden, inkwell, kelvin, lo-fi, mayfair, Ludwig, willow, Nashville, rise, X-Pro II, sierra, sutro, toaster, Valencia, dan seterusnya.

4. Cara Menggunakan Filter di Instagram

Setelah tahu cara mengedit foto di IG dengan memaksimalkan fungsi fitur, ketahui juga bagaimana cara menggunakan filter di Instagram. Pasalnya banyaknya filter yang disediakan di Instagram terkadang bikin kalian bingung cara mencari filter yang keren, unik dan menarik. Adapun cara menggunakan filter di Instagram dapat kalian simak sebagai berikut.

- Pertama buka aplikasi Instagram kalian.

- Login dengan akun Instagram.

- Lalu buka Insta Story.

- Geser filter hingga menemukan ikon penelusuran biasanya terletak di bagian akhir dari semua filter bawaan.

- Lalu cari nama filter yang ingin kalian gunakan sendiri.

- Setelah menemukannya, klik dan coba atau pilih icon download untuk menambahkan di koleksi filter kalian.

Itulah beberapa cara mengedit foto di IG dengan mudah dan praktis. Semoga dengan ulasan di atas dapat memudahkan kalian menggunakan cara mengedit foto di IG lebih simpel.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI