Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No HP, Dijamin Aman dan Gampang

Rabu, 22 September 2021 18:44 Penulis: Anik Setiyaningrum
Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No HP, Dijamin Aman dan Gampang
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Ada banyak penyebab mengapa seseorang penasaran dengan cara mengetahui lokasi seseorang lewat no HP. Kemungkinan yang paling sering terjadi, yaitu ketika seseorang kehilangan HP dan ingin melakukan pelacakan dengan mudah. Kemungkinan selanjutnya, bisa jadi orang tersebut sedang dilanda krisis kepercayaan hingga berusaha melacak keberadaan si target.

Nah, bagi kalian yang juga sedang mengalami musibah, entah karena kehilangan HP atau sedang merasa sering dibohongi pasangan, coba simak tips dan trik di bawah ini. Kalian bisa memuaskan rasa penasaran itu dengan cara mengetahui lokasi seseorang lewat no HP dengan mudah dan dijamin aman.

Beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan, antara lain, GPS, Google Maps, dan HRL Lookup. Namun sebelumnya, pastikan bahwa kalian merupakan orang yang berhak untuk menerapkan tata cara mengetahui lokasi seseorang lewat no HP. Jika kalian hanya orang asing yang tak punya kepentingan, tindakan melacak lokasi itu masuk ke pelanggaran privasi.

 

 

1. Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No HP dengan GPS

Fasilitas di smartphone kalian yang bernama Global Positioning System (GPS) ternyata merupakan salah satu kunci cara mengetahui lokasi seseorang lewat no HP. Fasilitas tersebut bisa kalian gunakan tanpa memerlukan aplikasi lain. Hal itu bisa dilakukan jika GPS pada HP yang ingin kalian cari dalam kondisi aktif atau menyala.

Agar tahu lebih jelas tahapannya, langsung saja simak langkah-langkah beserta penjelasan berikut ini.

1. Buka browser kalian dan ketik www.SAT-GPS-Tracker.com

2. Selanjutnya, klik menu 'track a phone number here'.

3. Setelah itu, kalian perlu memasukkan negara tempat no HP yang akan kalian cari.

4. Karena ini di Indonesia, masukkan kode +62 untuk nomor telepon.

5. Ketik no HP yang akan kalian cari tanpa nol (0) di angka paling depan.

6. Klik 'to search'.

 

 

2. Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No HP dengan Google Maps

Mungkin selama ini, kalian familier dengan fungsi Google Maps untuk mencari lokasi suatu alamat. Namun ternyata, Google Maps juga bisa digunakan sebagai media dari cara mengetahui lokasi seseorang lewat no HP. Jika kalian belum familier dengan fungsi yang satu ini, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

1. Pastikan HP kalian tersambung internet.

2. Buka aplikasi Google Maps.

3. Selanjutnya, masuk ke menu 'option', lalu ke 'friend list' atau daftar teman.

4. Pada menu tersebut, kalian bisa menambahkan atau add keluarga, sahabat, kolega, atau pasangan dengan cara klik pada kontak mereka.

5. Setelah itu, target kalian akan menerima undangan persetujuan.

6. Untuk melacak, pastikan terlebih dahulu nomor HP sudah menerima undangan.

7. Setelah itu, kalian bisa memilih salah satu target dan Google Maps akan mendeteksi keberadaan target yang ingin kalian lacak.

Perlu kalian ketahui bahwa cara mengetahui lokasi seseorang lewat no HP ini tidak diperuntukkan untuk orang asing atau tak kenal secara dekat. Itu artinya, kalian tak bisa sembarangan melancarkan aksi yang berpotensi melanggar privasi orang lain. Oleh karena itu, Google Maps memberlakukan sistem konfirmasi undangan sebelum kalian bisa mengakses lokasi target.

Google Maps juga punya banyak fitur yang bisa mempermudah langkah atau cara mengetahui lokasi seseorang lewat no HP. Fitur itu antara lain:

- My Location

Meskipun tidak menggunakan GPS, kalian juga bisa mengetahui keberadaan posisi nomor HP. Manfaatkan fitur My Location untuk mendapatkan jawabannya.

- Driving and Directions

Melalui fitur Driving and Directions, kalian akan dipermudah dalam melacak nomor HP yang hilang. Fitur ini akan menunjukkan jalur jalan atau arah yang dilewati dari satu lokasi ke lokasi yang lain.

- Transit and Walking Directions

Fitur di dalam Gmaps selanjutnya, yakni Transit and Walking Directions yang akan memudahkan rute pencarian kalian. Fitur ini akan memberi rute dan jadwal perjalanan baik dengan jalan kaki maupun bus.

- Street View

Guna mengetahui lebih detail dalam melacak nomor HP melalui Gmaps, kalian bisa menggunakan fitur street view. kalian akan mendapat informasi mengenai peta termasuk lokasi tempat-tempat tersebut.

- Latitude

Melalui fitur Latitude ini kalian bisa membantu melacak posisi nomor HP yang hilang, dijamin membantu banget dalam pencarian.

- Bussines Listings

Fitur Bussines Listings sering dimanfaatkan untuk mencari nama tempat atau wilayah tertentu, baik bsnis maupun tempat penting lainnya. Jika kalian mendeteksi keberadaan nomor HP di suatu tempat yang belum diketahui, cobalah cari melalui fitur ini.

 

 

3. Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No HP dengan HRL Lookup

Cara mengetahui lokasi seseorang lewat no HP bisa kalian lakukan dengan bantuan aplikasi HRL Lookup. Jika belum ada aplikasi tersebut, silakan unduh dulu dari Playstore. Selanjutnya kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi HRL Lookup

2. Kemudian perhatikan kolom yang tersedia.

3. Masukkan Nomor HP, kemudian tap Check.

4. Setelah itu akan muncul data-data dari nomor HP yang baru saja dimasukkan.

5. Data tersebut akan meliputi data kota, negara, provider, dan lainnya.

Kalian perlu tahu bahwa informasi dari HRL (Home Location Register) bukan lokasi tepat di mana posisi nomor HP saat ini berada. Namun, aplikasi ini memberi tahu di mana kartu provider tersebut didaftarkan pada area tertentu.

 

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI