Cara Menghapus Akun IG Permanen Lewat PC atau HP, Ketahui Juga Panduan untuk Nonaktifkan Sementara

Jum'at, 15 Oktober 2021 16:55 Penulis: Puput Saputro
Cara Menghapus Akun IG Permanen Lewat PC atau HP, Ketahui Juga Panduan untuk Nonaktifkan Sementara
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Tak bisa dipungkiri instagram tak selamanya memberi manfaat dan pengaruh baik. Pasalnya, di instagram ada banyak hal yang bisa kita temukan. Tak saja hal-hal menarik, melainkan hal-hal yang justru bisa jadi kita tidak sukai. Beberapa orang juga mulai merasa jenuh dengan media sosial yang sudah muncul sejak 2010 silam ini. Tak heran, jika kini beberapa orang mulai cari cara menghapus akun IG permanen.

Selain merasa jenuh, sebenarnya ada beragam alasan mengapa beberapa orang memutuskan meninggalkan instagram alias IG. Sebagian orang merasa, instagram bisa membawa pengaruh buruk di kehidupan nyata. Sebab semenjak populernya instagram, sebagian orang lebih fokus pada citra mereka di media sosial. Alhasil, mereka jadi kehilangan fokus dengan hal yang mereka jalani di kehidupan nyata.

Butuh kemantapan hati untuk menghapus akun IG secara permanen. Karena setelah dihapus secara permanen, akun tersebut akan lenyap dan tidak bisa diaktifkan kembali. Artinya, berbagai postingan, komentar, likes, dan pesan dm yang terdapat di akun tersebut juga tak akan pernah bisa diakses lagi. Artinya, jika suatu saat ingin aktif di instagram lagi, kalian harus membuat akun yang benar-benar baru.

Bagaimana, masih ingin menghapus akun IG secara permanen? Jika iya, kalian bisa langsung simak dan ikuti beberapa cara menghapus akun IG permanen berikut ini.

1. Cara Menghapus Akun IG Permanen dengan PC

Bermain instagram mungkin sudah jadi hal yang biasa dilakukan. Oleh sebab itu, hampir bisa dipastikan, bahwa setiap penggunanya sudah mengetahui dan menguasai fitur yang ada di aplikasi media sosial ini. Namun, mungkin tidak dengan cara menghapus akun IG secara permanen. Pasalnya, menghapus akun IG tidak bisa dilakukan melalui aplikasi.

Pengguna harus mengakses akun IG miliknya melalui browser. Sehingga, cara menghapus akun instagram permanen ini juga bisa dikerjakan melalui pc atau laptop. Nah, untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak cara menghapus akun IG dengan pc atau laptop berikut ini.

1) Buka browser di PC atau laptop, lalu akses situs www.instagram.com.

2) Kemudian, masuk ke akun IG dengan username dan kata sandi.

3) Setelah itu, buka tautan https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/

4) Selanjutnya kalian bisa pilih salah satu pilihan alasan mengapa kalian ingin menghapus akun IG.

5) Terakhir, masukkan password atau kata sandi. Jika sudah yakin ingin menghapus akun Instagram untuk selamanya, klik 'Permanently Delete My Account'.

2. Cara Menghapus Akun IG Permanen dengan HP

Jika tak ada laptop atau PC, kalian tak perlu khawatir. Kalian tetap bisa menghapus akun IG secara permanen menggunakan hp. Cara menghapus akun IG permanen dengan hp juga tak kalah mudah dan praktis. Namun, kalian tetap tidak bisa melakukannya via aplikasi. Sama seperti saat menghapus akun IG menggunakan pc atau laptop, kali ini kalian harus melakukannya via browser.

Berikut cara untuk menghapus akun IG permanen lewat Hp.

1) Pertama, buka aplikasi Instagram di handphone kamu, lalu masuk ke profil Instagram milik mu.

2) Kemudian, pilih ikon garis tiga yang terdapat di pojok kanan atas. Kemudian masuk ke menu 'Settings' yang ada di paling bawah, lalu pilih opsi 'Help Centre'.

3) Selanjutnya, kamu akan di-direct atau diarahkan ke situs help.instagram.com

4) Kemudian pilih menu 'Mengelola Akun Anda'. Lalu lanjutkan dengan memilih menu 'Hapus Akun Anda'.

5) Pilih 'Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?'. Kemudian, dari pilihan yang tersedia, pilih nomor satu dan klik 'Halaman Menghapus Akun Anda'.

6) Setelah itu, pilih salah satu alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Instagram.

7) Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagram-mu, lalu klik 'Permanently Delete My Account'.

3. Cara Menonaktifkan Akun IG Sementara

Seperti yang disinggung di bagian awal, cara menghapus akun IG permanen akan berlangsung selamanya. Sehingga, sebelum melakukannya perlu dipikirkan matang-matang lebih dahulu. Apabila kalian masih belum yakin untuk menghapus akun secara permanen, maka menonaktifkan sementara bisa jadi solusi.

Dengan cara ini, kalian bisa menghilangkan akun IG kalian sementara waktu. Kemudian, kalian bisa mengaktifkannya kembali setelah siap dan ingin. Dengan demikian, kalian juga tidak akan kehilang seluruh postingan, tag, likes, komentar, dan pesan dm. Adapun cara menonaktifkan akun IG sementara adalah sebagai berikut.

1) Pertama, masuk ke browser di PC atau ponsel dan buka laman www.instagram.com.

2) Kemudian, login dengan menggunakan akun Instagrammu.

3) Jika sudah, masuk ke menu profil, kemudian pilih edit profil.

4) Scroll hingga ke bagian bawah. Pada pojok kanan bawah akan tersedia pilihan 'Temporariliy Disable My Account' atau 'Nonaktifkan sementara Akun Saya'.

5) Berikutnya, pilih salah satu alasan mengapa kalian ingin menonaktifkan akun Instagram.

6) Terakhir, masukkan password atau kata sandi, kemudian klik 'Temporarily Disable Account'. Secara otomatis, Instagram akan menonaktifkan akun sementara.

4. Cara Mengaktifkan Akun IG Kembali

Untuk mengaktifkan kembali akun IG yang semula telah dinonaktifkan juga sangatlah mudah. Kalian hanya perlu melakukan login dengan username dan kata sandi seperti biasa. Dengan cara login seperti biasa, kalian lantas dapat mengakses akun IG secara otomatis seperti sedia kala.

Namun ada satu catatan yang perlu diketahui jika kalian ingin menonaktifkan akun IG. Kalian bisa saja menonaktifkan akun yang baru saja diaktifkan kembali. Akan tetapi, untuk menonaktifkan yang kedua kali, kalian membutuhkan jeda waktu setidaknya satu minggu. Dengan kata lain, sebelum sampai satu minggu, kalian belum bisa menonaktifkan akun IG untuk yang kedua kalinya.

Itulah di antaranya cara menghapus akun IG permanen yang bisa dilakukan lewat hp maupun pc. Semoga bermanfaat dan selalu ingat untuk berpikir matang sebelum melakukannya!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI