Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP dengan Mudah, Pahami Dulu Konsepnya

Rabu, 19 Januari 2022 16:11
Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP dengan Mudah, Pahami Dulu Konsepnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Kalkulator jadi salah satu alat yang sangat berguna di kehidupan sehari-hari. Dengan kalkulator, seseorang bisa melakukan hitungan matematika dengan mudah dan cepat. Kini, kalkulator bisa diakses lebih praktis lewat aplikasi yang terpasang di hp. Sama seperti kalkulator biasa, aplikasi kalkulator di hp juga bisa dipakai untuk berbagai rumus hitungan. Termasuk, melakukan cara menghitung persen di kalkulator hp.

Di kehidupan sehari-hari hitungan persen bisa dipakai untuk beberapa keperluan. Misalnya, untuk menghitung keuntungan usaha dalam bentuk persentase. Selain itu, cara menghitung persen di kalkulator hp juga akan sangat berguna untuk menghitung diskon ketika berada di pusat perbelanjaan.

Namun tak bisa dipungkiri, sampai saat ini masih banyak orang yang kesulitan menghitung persen baik secara manual maupun dengan kalkulator. Padahal, menghitung persen bisa jadi lebih mudah dilakukan dengan aplikasi kalkulator di hp. Untuk tahu lebih lanjut, berikut ulasan cara menghitung persen di kalkulator hp.

1. Memahami Konsep Persen

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, persen merupakan salah satu konsep hitungan dalam matematika. Sehingga sebelum tahu cara menghitung persen di kalkulator hp, kita perlu memahami konsepnya terlebih dahulu.

Secara umum, persen merupakan bentuk bilangan yang digunakan untuk menggambarkan sebagian atau keseluruhan dari suatu data angka. Persen dinyatakan dalam perseratus yang dilambangkan dengan simbol %.

Sebagai contoh, bilangan 65% merupakan bentuk penggambaran dari 65 per 100. Sebagai contoh konkretnya, misal pada pernyataan 65% siswa di sekolah A berjenis kelamin perempuan. Itu artinya, 65 dari 100 siswa di sekolah tersebut merupakan perempuan. Sementara sisanya, yaitu 35 dari 100 siswa berjenis kelamin laki-laki, yang kemudian bisa dinyatakan dalam bilangan 35%.

2. Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP dengan Tombol Khusus

Cara menghitung persen di kalkulator hp mungkin berbeda-beda. Pasalnya, ada beberapa jenis aplikasi kalkulator di hp yang menyediakan tombol khusus untuk menghitung persen (%). Namun, ada pula beberapa jenis hp lainnya yang tidak terdapat tombol tersebut.

Bagi hp yang tersedia tombol persen (%), maka cara menghitung persen di kalkulator hp jadi sangat mudah dilakukan. Pengguna hp bisa menghitung persen secara otomatis dengan menekan tombol khusus tersebut. Agar lebih jelasnya, simak langkah-langkah dan contohnya berikut ini.

- Buka aplikasi kalkulator di hp kalian.

- Misalnya, untuk menghitung 25% dari 600.000. Pertama, kalian bisa langsung ketik angka 25 di kalkulator.

- Kemudian, kalian bisa tekan tombol persen (%).

- Selanjutnya, layar kalkulator akan menunjukkan angka 0,25 sebagai hasilnya.

- Berikutnya, kalian bisa langsung tekan tombol kali (x) atau simbol (*), tergantung yang ada di aplikasi kalkulator hp.

- Lalu, ketikkan 600.00.

- Terakhir kalian tinggal tekan tombol sama dengan (=).

- Secara otomatis, layar di aplikasi kalkulator hp akan memunculkan hasil 25% 600.00, yaitu 400.000.

3. Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP secara Manual

Jika di aplikasi kalkulator kalian tidak terdapat tombol persen (%), kalian tak perlu khawatir. Kalian tetap bisa mencoba cara menghitung persen di kalkulator hp secara manual. Namun untuk melakukannya, kalian harus memahami rumus menghitung persen. Berikut langkah-langkah untuk menghitung persen lewat kalkulator hp.

- Buka aplikasi kalkulator di hp kalian.

- Misalnya, untuk menghitung 25% dari 600.000. Pertama, kalian bisa langsung ketik angka 25 di kalkulator.

- Selanjutnya karena tidak ada tombol persen (%), setelah kalian mengetik angka 25, kalian bisa menekan simbol pembagian (:) atau (/).

- Kemudian, ketik angka 100 (karena seperti yang disebutkan sebelumnya, bilangan persen merupakan bentuk lain dari seperseratus 1/100).

- Secara otomatis, angka di layar akan menunjukkan bentuk lain dari 25% yaitu 0,25.

- Berikutnya, kalian bisa langsung tekan tombol kali (x) atau simbol (*), tergantung yang ada di aplikasi kalkulator hp.

- Lalu, ketikkan 600.00.

- Terakhir kalian tinggal tekan tombol sama dengan (=).

- Selesai, secara otomatis layar di aplikasi kalkulator hp akan memunculkan hasil 25% 600.00, yaitu 400.000.

4. Cara Menghitung Persen Menggunakan Excel

Selain kalkulator, aplikasi microsoft excel juga bisa dipakai untuk menghitung bilangan persen (%).Maka selain cara menghitung persen di kalkulator hp, tak ada salahnya untuk tahu cara hitungnya melalui excel. Untuk menghitung persen di excel, harus menggunakan cara khusus. Kalian cukup klik ikon "%" dalam grup angka pada tab, atau tekan Ctrl+Shift+%.

Sebagai contoh, untuk memformat sel Excel yang sudah berisi angka, kalian Excel akan mengalikan angka tersebut dengan 100 untuk mengubahnya menjadi persentase secara otomatis. Semisal dalam satu sel Excel berisi angka 10, Excel akan mengalikan angka tersebut dengan 100. Dengan begitu, akan diperoleh angka 1000.00% setelah diterapkan format persentase.

Selanjutnya, persentase akan dihitung menggunakan persamaan "jumlah" / "total" = "persentase". Sehingga, apabila kalian kamu memformat 0.1 sebagai persentase, angka itu akan ditampilkan dengan benar sebagai 10%.

Itulah di antaranya ulasan cara menghitung persen di kalkulator hp. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI