8 Cara Promosi di Instagram untuk Pemula, Ketahui Tips dan Trik Mudahnya Bikin Iklan Gratis

Rabu, 05 Januari 2022 15:11
8 Cara Promosi di Instagram untuk Pemula, Ketahui Tips dan Trik Mudahnya Bikin Iklan Gratis
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Strategi marketing paling diminati saat ini adalah promosi melalui sosial media salah satunya Instagram. Apalagi cara promosi di Instagram sangatlah mudah untuk seorang pemula.

Platform sosial media Instagram memiliki berbagai fitur lengkap untuk kegiatan promosi dan iklan. Sehingga cukup banyak pelaku usaha memilih Instagram sebagai media mempromosikan produk mereka secara gratis.

Namun sudah tahukah kalian bagaimana cara promosi di Instagram? Tak begitu rumit, cara promosi di Instagram sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat praktis.

Sebelum itu, ketahui dulu apa saja tips dan trik untuk melakukan cara promosi di Instagram bagi pemula. Karena itulah, di bawah ini ulasan tentang cara promosi di Instagram untuk pemula yang perlu kalian ketahui. Berikut cara promosi di Instagram untuk pemula yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Tips dan Trik Cara Promosi di Instagram Untuk Pemula

Kemudahan promosi melalui internet memang jadi metode favorit bagi pebisnis dan pelaku usaha. Salah satunya memanfaatkan platform media sosial Instagram yang juga dilengkapi dengan fitur lengkap. Ya, di Instagram ada fitur untuk melakukan promosi dengan mudah. Sebut saja seperti Instagram Binis, Instagram Ads, Feed Instagram, IGTV, IG Story, Hasgtag dan seterusnya.

Cara promosi di Instagram kini makin digemari banyak pelaku bisnis. Namun sudahkah kalian mengetahui tips dan trik cara promosi di Instagram? Sebab ada beberapa tips sebelum melakukan cara promosi di Instagram. Di mana tips dan trik ini bisa membantu meningkatkan kesuksesan promosi yang dilakukan. Karena itulah berikut ini ada tips dan trik bagaimana melakukan cara promosi di Instagram untuk pemula.

- Konsisten membuat konten di Instagram untuk meningkatkan kesuksesan promosi.

- Bikin konten yang menarik, unik dan berkualitas untuk menarik perhatian audience.

- Membangun brand awareness dari profil akun Instagram yang kalian buat agar lebih professional untuk meyakinkan pelanggan.

- Mengubah akun jadi bisnis.

- Maksimalkan fungsi fitur di Instagram seperti IGTV, Stories, tagar, live, auto reply, dan seterusnya untuk kepentingan promosi kalian.

- Menyematkan link tentang produk di bio Instagram seperti marketplace ataupun website produk kalian.

- Membangun brand awareness dengan review atau testimoni dan pelanggan kalian.

- Lakukan share postingan promosi Instagram ke semua akun sosial media kalian.

- Bangun komunikasi dengan pelanggan.

- Menentukan target pasar yang kalian tuju untuk promosi.

- Jika membutuhkan promosi dengan jangkauan pasar lebih besar lagi, kalian bisa merencanakan anggaran untuk membantu promosi melalui Instagram.

Itulah beberapa tips dan trik cara promosi di Instagram untuk pemula. Sehingga memudahkan kalian untuk melakukan promosi produk di Instagram.

2. Cara Membuat Instagram Ads

Setelah tahu tips dan trik cara promosi di Instagram untuk pemula, pahami juga bagaimana membuat IG Ads. Ya, Instagram Ads menjadi salah satu fitur di Instagram yang digunakan untuk mempromosikan produk atau brand. Melalui fitur ini maka kalian bisa membuat iklan promos di feed dan stories dengan mudah. Sebelum tahu cara promosi di Instagram untuk pemula, pahami dulu bagaimana cara membuat Instagram Ads. Karena itulah di bawah ini ulasan tentang cara membuat Instagram Ads.

- Pertama kunjungi laman Facebook Ads Manager di browser perangkat kalian.

- Lalu pilih menu Kampanye. Untuk membuat Iklan Terpandu.

- Lalu tentukan kategori tujuan iklan yang sudah tersedia pada tampilan menu.

- Selanjutnya klik Tujuan Iklan yang sesuai dengan produk dan brand kalian.

- Pilih jenis iklan mulai dari anggaran dan jadwal tayang iklan kalian.

- Masukkan nama iklan kalian serta tujuan untuk mempromosikan iklan seperti website, aplikasi, messenger atau Whatsapp.

- Kalian bisa menyematkan juga promo untuk menarik minat pelanggan.

- Pilih target pasar atau audience.

- Tentukan penempatan iklan untuk ditampilkan.

- Pilih waktu berapa lama iklan akan tayang.

- Lalu hubungkan dengan akun Instagram kalian.

- Tentukan format iklan baik itu koleksi, slide, video tunggal, gambar tunggal dan seterusnya.

- Masukkan teks promosi.

- Pilih gambar, judul ataupun tautan.

- Selanjutnya lakukan transaksi pembayaran promosi dengan Instagram Ads. Bisanya biaya disesuaikan dengan durasi lama tayang dan jangkauan pelanggan. Semakin banyak target pasar yang dijangkau maka biayanya juga semakin tinggi.

- Selesai.

Itulah cara promosi di Instagram dengan membuat Instagram Ads. Sehingga dapat memudahkan kalian berpromosi melalui Instagram Ads.

3. Cara Promosi di Instagram untuk Pemula

Cara promosi di Instagram untuk pemula selanjutnya juga cukup praktis. Di mana kalian juga bisa memaksimalkan fitur di Intstagram secara gratis. Nah adapun cara promosi di Instagram untuk pemula dapat kalian simak sebagai berikut.

2. Cara Promosi di Instagram untuk Pemula Via IG Stories

Cara promosi di Instagram melalui IG stories juga cukup populer dilakukan oleh pebisnis atau pelaku usaha. Nantinya kalian dapat memposting promosi menggunakan stories di Instagram. Selain itu kalian bisa menyematkan juga beberapa jenis fitur seperti sticker Q&A, tautan, tagar, polling, pertanyaan, balasan Anda, lokasi, dan seterusnya. Sehingga dapat membangun brand awareness. Apalagi di IG story bisa digunakan untuk cara promosi di Instagram secara gratis selama 24 jam.

3. Cara Promosi di Instagram untuk Pemula dengan Tagar

Cara promosi di Instagram untuk pemula berikutnya adalah menggunakan tagar atau hashtag. Ya, hashtag memudahkan audience menemukan postingan promosi kalian.apalagi cara promosi di Instagram dengan hashtag terbilang sangat mudah yakni dengan menuliskan pada postingan promosi kalian. Sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Itulah beberapa cara promosi di Instagram untuk pemula dengan mudah. Sehingga dapat membantu kalian memaksimalkan fungsi fitur untuk kegiatan promosi.

4. Cara Promosi di Instagram untuk Pemula Lainnya

Tak hanya cara promosi di Instagram dengan tagar ataupun IG Stories, ada juga langkah lainnya yang bisa membantu kalian memperkenalkan produk ke target pasar. Nah, berikut ini ulasan tentang cara promosi di Instagram untuk pemula secara mudah.

4. Cara Promosi di Instagram dengan Mudah

Cara promosi di Instagram selanjutnya adalah dengan memberikan giveaway kepada followers. Cara promosi di Instagram ini sangatlah populer dilakukan oleh pelaku bisnis. Di mana nantinya kalian bisa memberikan persyaratan untuk followers agar bisa mendapatkan giveaway. Misalnya saja syarat untuk follow akun terlebih dahulu, syarat untuk memberikan komentar pada postingan, ataupun akun IG yang tidak di private dan seterusnya. Seringkali langkah cara promosi di Instagram dengan memberikan giveaway cukup banyak diminati.

5. Cara Promosi di Instagram dengan Menyertakan Testimoni Pelanggan

Cara promosi di Instagram berikutnya adalah dengan menyertakan testimoni dari pelanggan. Tujuannya tentu bisa bikin pelanggan kalian yakin tentang produk kalian. Sehingga kalian dapat menyertakan berbagai testimoni positif tentang produk kalian.

6. Cara Promosi di Instagram dengan Promo

Memberikan harga promo untuk produk kalian bisa juga dilakukan agar kegiatan promosi berjalan sukses. Di mana biasanya dengan menggunakan promo ini dapat membuat pelanggan tertarik pada produk kalian. Sehingga tidak ada salahnya untuk sesekali memberikan promo harga atau produk sebagai strategi marketing.

5. Cara Promosi di Instagram Lebih Praktis

Selanjutnya cara promosi di Instagram yang lebih praktis dapat dilakukan dengan beberapa metode. Adapun ulasannya tentang cara promosi di Instagram yang praktis dapat kalian simak sebagai berikut.

7. Cara Promosi di Instagram dengan Endorsement

Cara promosi di Instagram ini bisa dilakukan secara praktis dengan memberikan endorsement kepada selebgram atau influencer. Metode cara promosi di Instagram dengan endorsement tersebut cukup populer dilakukan oleh pelaku usaha untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Biasanya promosi akan dilakukan melalui postingan ataupun via IG stories.

8. Cara Promosi di Instagram Pakai Paid Promote

Selain endorsement, ada juga cara promosi di Instagram dengan paid promote. Metode ini dilakukan dengan memberikan pembayaran tunai kepada influencer untuk posting produk kalian. Sehingga bisa dijadikan metode untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Itulah beberapa cara promosi di Instagram dengan mudah dan gratis. Sehingga dapat membantu kalian menjangkau pasar yang lebih luas.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI