4 Cara Root HP Samsung Tanpa PC dengan Aplikasi, Ketahui Manfaat dan Risikonya

Selasa, 25 Januari 2022 14:11
4 Cara Root HP Samsung Tanpa PC dengan Aplikasi, Ketahui Manfaat dan Risikonya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Ada banyak sekali istilah dalam dunia teknologi salah satunya root HP. Sudah sangat familiar, root HP rupanya memiliki sejumlah manfaat dan juga risiko.

Root HP Android seringkali jadi pilihan pengguna saat ingin menambah atau menghapus aplikasi yang terkunci serta tidak bisa diakses. Hampir setiap HP Android bisa melakukan root dengan mudah bahkan kini beredar tanpa menggunakan PC.

Salah satunya buat user HP Samsung, bisa memilih melakukan root HP tanpa PC. Sementara itu, untuk tahu bagaimana cara root HP Samsung pahami dulu apa saja manfaat dan risikonya.

Karena ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan benar agar proses rooting benar-benar sukses. Untuk tahu langkahnya berikut ini informasi cara root HP Samsung yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Tentang Root HP

Istilah root atau rooting sudah sangat familiar diketahui pengguna ponsel. Namun sebagian pengguna mungkin saja belum mengetahui tentang arti root HP. Memahami berbagai istilah dalam dunia teknologi salah satunya root tentunya cukup penting. Berkaitan dengan arti root di HP sebenarnya adalah proses yang dapat membuat pengguna ponsel bisa memiliki akses luas terhadap pengaturan sistem di HP.

Seperti diketahui, sebagian ponsel memiliki akses terbatas terhadap aplikasi tertentu. Tak hanya itu saja, aplikasi bawaan di ponsel terkadang juga sulit untuk dihapus. Sementara, arti rooting melansir dari merdeka.com adalah untuk mendapatkan izin dan hak mengubah, mengatur, menghapus aplikasi atau file di HP yang sebelumnya tidak dapat diakses. Sebab itu dengan proses root maka pengguna memiliki akses leluasa terhadap sistem yang terkunci sehingga tidak bisa dibuka. Itulah pengertian tentang root HP yang perlu kalian ketahui.

2. Manfaat dan Risiko Root HP

Ketika kalian memilih melakukan rooting HP, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya saja tentang manfaat dan risiko root HP. Pasalnya melakukan root HP juga memiliki dampak pada sistem ponsel yang kalian miliki. Untuk tahu apa saja manfaat dan risiko root HP, berikut ini ulasannya yang perlu kalian ketahui.

Manfaat Root HP:

- Memiliki akses terhadap aplikasi tertentu yang sebelumnya tidak dapat dibuka dan dipasang.

- Menghapus aplikasi bawaan yang sebelumnya tidak dapat dihapus.

- Memudahkan memindah aplikasi ke memori eksternal.

- Dapat digunakan untuk mengupdate versi Android terbaru.

- Memiliki akses ROM khusus.

Risiko Root HP:

- Masa garansi tidak berlaku lagi alias hilang.

- Kegagalan root bisa bikin perangkat ponsel justru mengalami kerusakan.

- Keamanan sistem bisa jadi menurun sehingga mudah terkena virus atau malware.

- Menurunkan peforma ponsel.

Itulah beberapa poin manfaat dan risiko root HP. Sehingga bisa jadi pertimbangan buat kalian untuk memilih melakukan root ataupun tidak.

3. Cara Root HP Samsung Pakai Aplikasi

Sementara itu ada juga cara root HP Samsung yang ternyata dapat dilakukan meskipun tanpa perangkat komputer atau PC. Jika kalian pengguna HP Samsung, tidak ada salahnya tahu bagaimana cara root HP Samsung tanpa PC. Salah satunya dengan memasang aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk cara root HP Samsung. Berikut ini langkah untuk cara root HP Samsung tanpa PC.

1. Cara Root HP Samsung Pakai Aplikasi KingRoot

- Instal aplikasi KingRoot di HP Samsung kalian.

- Jika sudah terpasang, buka aplikasinya.

- Selanjutnya klik Menu.

- Pilih Try Root.

- Setelah itu aplikasi akan memproses root di HP.

- Ikuti langkah yang muncul di layar.

- Jika sudah, muncul notifikasi berhasil melakukan root.

2. Cara Root HP Samsung Pakai Aplikasi KingoRoot

- Instal aplikasi KingoRoot di HP kalian.

- Kemudian buka aplikasi yang sudah terpasang.

- Klik Root Checker.

- Pilih Varify Root.

- Maka aplikasi akan memulai proses root.

- Tunggu hingga prosesnya selesai.

- Jika berhasil maka akan muncul notifikasi.

- Selesai.

Itulah beberapa langkah cara root HP Samsung dengan aplikasi. Sehingga tanpa menggunakan PC tetap bisa melakukan proses root secara praktis.

4. Cara Root HP Samsung Pakai Aplikasi Lainnya

Selain menggunakan aplikasi di atas, ada juga cara root HP Samsung dengan beberapa aplikasi lainnya. Untuk tahu langkah cara root HP Samsung pakai aplikasi yang lain berikut ini ulasannya.

3. Cara Root HP Samsung Pakai Aplikasi iRoot

- Pertama instal aplikasi iRoot di HP kalian.

- Selanjutnya buka aplikasi iRoot untuk memulai rooting HP.

- Pilih Menu.

- Klik Root Now.

- Maka aplikasi akan memulai proses rooting.

- Selesai.

4. Cara Root HP Samsung Pakai Aplikasi FramaRoot

- Instal aplikasi FramaRoot di HP kalian.

- Kemudian buka aplikasi yang sudah terpasang.

- Pilih Root.

- Maka aplikasi akan memproses root di HP.

- Kemudian tunggu hingga proses rooting selesai.

- Jika berhasil maka akan muncul notifikasi tentang proses root HP kalian.

Itulah cara root HP Samsung pakai aplikasi lainnya yang juga bisa kalian coba. Sehingga memudahkan kalian melakukan proses rooting HP.

5. Tanda HP Sudah di Root

Setelah melakukan tahap untuk cara root HP Samsung, kalian mungkin saja dibuat bingung dengan tanda ketika HP sudah di root. Pasalnya ada beberapa tanda saat HP sudah selesai dilakukan root. Apa saja tanda HP yang sudah di root? Yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini tentang tanpa HP yang sudah di root.

Untuk tahu apakah HP Samsung kalian sudah berhasil di root atau belum dapat memasang aplikasi bernama Root Checker. Aplikasi Root Checker bisa kalian unduh dan instal kemudian digunakan untuk cek root HP.

Nantinya setelah berhasil memasang aplikasi, kalian bisa memilih menu Verify Root. Tunggu hingga proses selesai maka akan muncul informasi yang kalian butuhkan. Apabila berwarna hija maka tandanya HP kalian sudah berhasil di root.

Itulah penjelasan mengenai cara root HP Samsung dengan mudah tanpa PC. Namun pastikan kalian benar-benar mempertimbangkan segala kemungkinan risiko yang mungkin terjadi saat root HP ya.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI