Cegah Diabetes Sedini Mungkin, Kenali 7 Ciri Gula Darah Tinggi Agar Lebih Waspada

Selasa, 07 Juli 2020 12:22 Penulis: Puput Saputro
Cegah Diabetes Sedini Mungkin, Kenali 7 Ciri Gula Darah Tinggi Agar Lebih Waspada
Iustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Diabetes jadi salah satu momok penyakit yang ditakuti banyak orang. Ketakutan tersebut wajar, sebab diabetes memang bukan penyakit sembarangan. Diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dalam tubuh. Selain itu, diabetes juga bisa disebabkan faktor genetik. Sehingga, salah satu cara agar untuk mencegah diabetes adalah dengan mengetahui ciri-ciri kadar gula yang tinggi sedini mungkin.

Diabetes umumnya terbagi atas beberapa tipe. Meski begitu, tidak ada satu tipe diabetes pun yang bisa dianggap sepele. Diabetes bisa memicu terjadinya komplikasi penyakit di berbagai organ tubuh. Beberapa penyakit komplikasi yang umum menyertai diabetes, di antaranya jantung koroner, stroke, gagal ginjal, dan masih banyak lagi lainnya. Sebegitu besar dampak dari kadar gula tubuh yang tinggi.

Oleh karena itu, memang penting untuk tahu ciri-ciri yang menandakan kadar gula darah tinggi. Agar bisa segera mengambil tindakan. Berikut beberapa ciri-ciri kadar gula darah tinggi dilansir dari merdeka.com.

 

 

1. Mudah Kelelahan

Salah satu ciri seseorang mengalami kadar gula tinggi adalah mudah merasa lelah. Padahal gula atau glukosa merupakan salah satu kandungan yang berperan sebagai sumber energi. Lantas mengapa tubuh bisa merasa lelah, padahal kadar gulanya tinggi? Hal ini dikarenakan, tubuh tidak mampu mengelola atau mengolah kadar gula yang ada menjadi energi secara efektif.

2. Sering Buang Air Kecil dan Gampang Merasa Haus

Orang yang mempunyai kadar gula tinggi juga akan cenderung gampang merasa haus. Hal ini disebabkan insulin dalam tubuh yang tidak normal. Sehingga, membuat seseorang dengan kadar gula tinggi cenderung sering buang air kecil. Dengan Begitu, cairan dalam tubuh akan berkurang, seseorang penderita gula darah tinggi akan merasa haus untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut.

3. Cepat Merasa Lapar

Selain mudah haus, orang dengan kadar gula tinggi juga akan cenderung cepat merasa lapar. Walaupun seseorang tersebut sudah menerapkan pola makan teratur dan porsi makan yang proporsional. Asupan nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi tersebut akan digunakan tubuh sebagai cadangan energi, sebagai ganti tubuh yang mengalami kekurangan insulin.

4. Berat Badan Turun Secara Drastis

Meskipun konsumsi air dan makanan meningkat, tubuh seseorang yang mengalami kadar gula tinggi justru akan akan mengalami penurunan berat badan. Berat badan akan turun secara drastis dan terkesan tidak wajar. Hal ini dikarenakan hormon insulin yang tidak mendapatkan glukosa, sehingga tubuh kekurangan energi.

5. Emosi Tidak Stabil

Ciri-ciri kadar gula darah tinggi tidak hanya ditunjukkan secara fisik. Dari segi mental atau psikis, seseorang dengan gula darah tinggi akan cenderung mengalami emosi yang tidak stabil. Emosi yang tidak stabil bisa ditunjukkan dengan mood yang cepat sekali berubah, mudah murung, stres, bahkan depresi. Selain itu, pada beberapa kasus juga terdapat orang yang mengalami rasa malas yang teramat, sehingga melakukan berbagai aktivitas.

6. Gatal di Area Kemaluan

Orang dengan kadar gula tinggi juga bisa mengalami gatal di area kemaluan. Terlebih, bagi penderita wanita. Sebab, terlalu seringnya buang air kecil bisa memicu timbulnya infeksi jamur. Rasa gatal menjadi salah satu pertanda dari terjadinya infeksi jamur tersebut. Jadi, mulai sekarang jangan sepelekan rasa gatal di area kemaluan.

7. Luka Tak Kunjung Sembuh

Ciri kadar gula tinggi yang ketujuh dan terakhir, bisa jadi yang paling umum dan banyak orang tahu. Orang dengan kadar gula tinggi atau diabetes, akan mengalami kesulitan dalam proses penyembuhan luka. Hal ini akan membuat luka tidak kunjung mengering dan sembuh. Dalam kondisi terburuk, luka yang tak kunjung sembuh ini bisa berakibat pada tindakan amputasi.

Nah, itulah di antaranya 7 ciri kadar gula darah tinggi. Apabila kalian atau orang tersayang ada yang mengalami gejala di atas, sebaiknya segera mungkin lakukan pemeriksaan. Agar segera bisa diambil tindakan yang tepat.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI