Dari Kampung Estetik hingga Nilai Historis, Sumba Timur Wajib Masuk List saat Liburan Nanti

Senin, 08 November 2021 18:37 Penulis: Jeffrey Winanda
Dari Kampung Estetik hingga Nilai Historis, Sumba Timur Wajib Masuk List saat Liburan Nanti
Destinasi Wisata di Sumba Timur

Kapanlagi Plus - Liburan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu setelah disibukkan dengan padatnya aktivitas sehari-hari. Wilayah Indonesia pun memiliki banyak tempat yang menyenangkan untuk dijadikan destinasi liburan.

Salah satu yang tak boleh terlewatkan adalah Sumba Timur. Wilayah yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur ini punya banyak destinasi wisata yang lengkap mulai dari kampung kultural yang instagrammable hingga wisata sejarah yang pastinya seru untuk dikulik lebih jauh. Apa saja?

Mengunjungi Kampung Eksotis yang Kental Akan Budaya Masa Lampau

Kampung Raja PrailiuKampung Raja Prailiu

Jika kamu adalah penikmat wisata sejarah, maka Kampung Raja Prailiu bisa jadi pilihan. Kampung ini bahkan tak boleh absen dari daftar destinasi wisata yang harus disambangi.

Kampung Raja Prailiu sendiri adalah salah satu kerajaan yang masih eksis di pulau Sumba. Di sana para pengunjung bisa melihat jejak jejak kerajaan zaman dahulu yang menarik untuk dipelajari. Suasana asri akan langsung terasa ketika memasuki lingkungan kampung Raja Prailiu. Pepohonan hijau yang memberikan keteduhan berbaris siap menyambut tamu yang datang.

Tempat ini pun menyajikan visual yang komplit banget. Betapa tidak, tempat ini juga terdapat rumah adat dengan atap berbentuk limas yang dikenal sebagai uma batang atau uma hori.

Makam Raja Tamu Umbu Nggaba Rihi Eti yang Kental dengan Nilai Sejarah

Makam Raja Tamu Umbu Nggaba Rihi EtiMakam Raja Tamu Umbu Nggaba Rihi Eti

Selain itu, wisatawan juga akan disuguhkan dengan kubur batu yang diketahui sebagai makam raja Tamu Umbu Nggaba Rihi Eti. Menariknya, kuburan batu seberat 40 ton itu juga dihiasi dengan berbagai simbol. Siapapun yang melihat simbol-simbol tersebut pastinya akan tertarik untuk mencari lebih jauh, lantaran memiliki nilai kebudayaan sekaligus seni yang tinggi.

Simbol-simbol memang sudah sangat melekat dengan masyarakat Sumba Timur. Masyarakat Sumba Timur bahkan dikenal sebagai komunitas yang sangat akrab dengan berbagai simbol.

Lebih jauh, simbol-simbol tersebut berisi filsafat serta prinsip hidup yang dipegang teguh oleh orang Sumba Timur. "Masyarakat Sumba Timur itu masyarakat yang hidup dalam simbol-simbol," ujar Bupati Sumba Timur Khristofel Praing.

Ada banyak simbol atau gambar yang terdapat pada makam orang Sumba Timur. Setiap simbol atau gambar memiliki artinya tersendiri. Sebut saja simbol ayam jantan dan simbol bebek betina atau ama manu ina redi. Simbol ini mencerminkan kehadiran seseorang pemimpin pada komunitasnya, pemimpin pada kampungnya.

Selain itu, ada juga simbol Buaya dan Kura-kura. Simbol buaya (ana wuya rara) dan Kura-kura (ana kara wulang) merupakan simbol bagi para raja Sumba. Ada makna mendalam yang bisa dipelajari dari simbol tersebut. Buaya merupakan lambang dari ketenangan juga melambangkan keberanian. Sedangkan penyu melambangkan ketenangan.

Pesona kampung Raja Prailiu bukan saja terletak pada peninggalan sejarah yang tersimpan di dalamnya. Keramahan masyarakat setempat ketika menyambut wisatawan tidak bisa diragukan. Sembari menyusuri jalan dan halaman kampung, wisatawan akan akrab dengan tegur sapa ramah para penduduk yang bikin nyaman dan betah.

Mereka pun tak segan mengajak para pengunjung untuk melepas lelah di beranda rumah untuk duduk santai dan bertukar cerita. Keramahan warga seakan menjadi pemanis perjalanan wisata dari kedatangan hingga nanti meninggalkan kampung Raja Prailiu. Sambil bercengkrama dengan masyarakat kampung yang ramah, pengunjung bisa berkeliling untuk 'berwisata' ke masa lampau.

Wah, menarik banget kan destinasi wisata di Sumba Timur? Sudah tahu kan jika Sumba Timur wajib masuk bucket list liburan kamu, KLovers?

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI