Deretan Foto-Foto Aksi Demo di Bawaslu, Ada Bagi-Bagi Bunga

Selasa, 21 Mei 2019 17:45 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati
Deretan Foto-Foto Aksi Demo di Bawaslu, Ada Bagi-Bagi Bunga
Demo Bawaslu (Credit: Liputan6.com)


Kapanlagi Plus - Hasil rekapitulasi nasional pemilihan presiden diumumkan hari ini (22/5). Sekian lama menanti dengan berbagai hasil quick count, keluarlah hasil dengan 55,5% suara untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan sebanya 44,5% suara untuk pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Hasil tersebut memantik berbagai reaksi, salah satunya demo. Ya, sekelompok masyarakat menolak hasil tersebut sebab menduga adanya kecurangan pemilu 2019. Massa ini mendatangi kantor Bawaslu RI di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat hari ini (21/5). Seperti apa ya kondisi di sana? Simak selengkapnya di bawah!

1. Sejak Siang

Unjuk rasa protes akan hasil rekapitulasi suara pilpres dilancarkan di depan kantor Bawaslu, Jakarta Pusat. Massa mulai datang sejak pukul 13.30 WIB penuhi jalan.

2. Jalur Busway

Demo ini berdampak juga operasi busway. Ya, jalur busway yang terletak di balik halte Bundaran HI dan Halte Sarinah pun disterilkan.

3. Penuh Semangat

Para pendemo berdatangan dengan berbagai atribut protes. Nggak sedikit di antara mereka adalah ibu-ibu yang bersemangat kendati matahari siang ini bersinar terik.

4. Capai Ribuan

Aparat keamanan juga disiagakan. Polisi berjaga juga di JPO Halte Sarinah. Menurut Liputan6.com jumlah aparat mencapai ribuan.

5. Pagar Berduri

Pembatas jalan di sekitar pembatas jalur busway pun ditutup pagar kawat berduri. Sejumlah petugas kepolisian duduk bersila di tengah jalan untuk mengamankan aksi demonstrasi di depan gedung Bawaslu.

6. Pengalihan

Sementara itu pengalihan rute trans Jakarta juga dilakukan. "Pengalihan mulai pukul 12.00 WIB," kata Direktur Operasional PT Transjakarta, Daud Joseph saat dihubungi, Selasa (21/5) pada Liputan6.com.

7. Rakyat Bersatu

Ramai berunjuk rasa, massa ini membawa berbagai spanduk, salah satunya bertuliskan 'Rakyat Bersatu Melawan Pemilu Curang'.

8. Bendera Merah Putih

Bendera Merah Putih turut menjadi atribut demo. Aksi massa Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat ini menolak hasil Pemilu 2019 sebab dinilai banyak kecurangan.

9. Sejumlah Titik

Jalan di depan Bawaslu menuju arah Monas ditutup dengan pagar kawat besi. Massa hanya terkonsentrasi di sekitar jalan depan Starbuck dan Jalan KH Wahid Hasyim atau depan Djakarta Theater.

10. Salat Berjamaah

Dilansir dari Merdeka.com, Setelah berorasi, massa ini melaksanakan salat Ashar berjamaah di simpang empat Sarinah atau simpang empat Jalan MH Thamrin dan KH Wahid Hasyim.

11. Bagi Bunga

Selain itu, massa juga bagikan bunga. Salah satu yang disinggung pendemo ini adalah pengumuman hasil rekapitulasi nasional yang dilaksanakan KPU pada Selasa (21/5) dini hari. Massa juga berencana akan berbuka puasa bersama di lokasi demo.

(kpl/tdr)



MORE STORIES




REKOMENDASI