Dibatasi 120 Orang dalam Satu Hari, Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka

Selasa, 22 September 2020 11:00 Penulis: Louvina Gita
Dibatasi 120 Orang dalam Satu Hari, Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka
Pendakian Gunung Semeru (credit: Merdeka.com)


Kapanlagi Plus - Pendakian ke puncak tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru akan kembali dibuka. Meski begitu ada pembatasan jumlah pendaki yang bisa naik setiap harinya yaitu 120 orang per hari.

"Jumlah kuota pendakian maksimal 120 orang atau 20 persen dari daya dukung dan daya tampung," kata John Kenedie, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Malang, Selasa (22/9).

Keputusan pembukaan pendakian diambil dalam sebuah rapat yang digelar Senin (21/9) bersama sejumlah pihak. Keputusan pembukaan pendakian juga berdasarkan evaluasi pembukaan wisata Gunung Bromo yang sudah dibuka 28 Agustus 2020.

1. Dibuka 1 Oktober

Pendakian masa adaptasi kebiasaan baru (New Normal) mulai dibuka kembali pada Kamis, 1 Oktober 2020. Para pendaki diharuskan mematuhi SOP berkenaan kebiasaan baru pendakian dengan mengadopsi protokol kesehatan Covid-19.

"Proses pembelian tiket masuk harus melalui booking online dan pendakian hanya diperkenankan untuk dua hari perjalanan atau dua hari satu malam," jelasnya.

Pada tanggal 23 September 2019 Gunung Semeru sempat mengalami kebakaran yang menyebabkan penutupan pendakian. Hal itu kemudian berlanjut dengan adanya Bencana Nasional Covid-19. Sebelum kembali dibuka, TNBTS sudah melakukan persiapan dengan pembersihan jalur pendakian.

(kpl/dar/lou)

Reporter:

Darmadi Sasongko



MORE STORIES




REKOMENDASI