Tepat Setahun, Gunung Semeru Kembali Erupsi Luncurkan APG Sejauh 7 Km

Minggu, 04 Desember 2022 23:00
Tepat Setahun, Gunung Semeru Kembali Erupsi Luncurkan APG Sejauh 7 Km
Gunung Semeru Kembali Erupsi (credit: istimewa)


Kapanlagi Plus - Tepat satu tahun pasca bencana erupsi Semeru, Gunung tertinggi di pulau Jawa ini kembali mengalami erupsi pada Minggu, (4/12) pagi. Awan Panas Guguran (APG) meluncur dari kawah jonggring saloko dengan jarak sejauh 7 km dengan amplitudo maksimal 35 mm.

Dari laporan tertulis pos pantau Semeru menyebutkan telah terjadi 8 kali gempa Letusan/Erupsi dengan amplitudo 18-22 mm, dan lama gempa 65-120 detik. Gempa ini terjadi selama 6 jam pada periode 00.00 - 06.00 WIB.

1. Himbauan Pada Warga

Atas aktivitas ini, warga diimbau agar tidak beraktivitas pada jarak tertentu.

"Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi)," tulis Mukdas Sofian pada Minggu (4/12).

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

2. Rawan Bahaya Lontaran Batu

Selain itu, Mukdas mengimbau agar warga tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

"Warga agar waspada akan potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan," tutupnya.

(kpl/dar/rsp)



MORE STORIES




REKOMENDASI