Doa Khatam Surat Al Quran 30 Juz Lengkap Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Senin, 04 Mei 2020 12:22 Penulis: Nurul Wahida
Doa Khatam Surat Al Quran 30 Juz Lengkap Bacaan Arab, Latin dan Artinya
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Membaca Al Quran menjadi salah satu amalan sunnah yang berlipat ganda jika dikerjakan selama bulan Ramadhan. Pastinya membaca Al Quran hingga khatam memiliki rasa kepuasan dan kebahagiaan tersendiri bagi pelaksananya. Adapun doa khatam surat Al Quran 30 juz yang bisa diamalkan setelah khatam Al Quran.

Khatam Al Quran diartikan sebagai membaca Al Quran sampai selesai yakni dari surat Al-Fatihah sampai surat An-Naas. Seperti yang diketahui bahwa Al Quran terdiri atas 114 surat, 30 juz, dan 6666 ayat, tentu membutuhkan waktu untuk bisa khatam Al Quran 30 juz.

Keberhasilan khatam Al Quran yang dilakukan oleh umat muslim tidak lain karena niat dan usaha untuk dapat menyelesaikan membaca Al Quran sampai khatam dengan maksud mengharap ridha dari Allah SWT. Membaca Al Quran sampai khatam juga diketahui memiliki banyak keutamaan dan kebaikan di dalamnya. Sehingga perlu diamalkan agar mampu membaca Al Quran sampai khatam.

Bagi umat muslim yang mahir membaca Al Quran serta memiliki niat tentu dapat khatam Al Quran 30 juz hingga beberapa kali. Namun khatam Al Quran 30 juz sebanyak satu kali saja menimbulkan kebahagiaan tersendiri bagi pelaksananya. Terutama selama bulan Ramadhan yang sering terdengar iringan lantunan ayat suci Al Quran diberbagai masjid.

Biasanya setelah menyelesaikan khatam Al Quran 30 juz, umat muslim membaca doa khatam Al Quran sebagai penyempurna amalan sunnah yang dikerjakan. Bahkan membaca doa khatam Al Quran sangat dianjurkan sebab memiliki nilai kebaikan di dalamnya.

----------------------

Kabar Ramadhan: Mau Buka Puasa Bareng Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama 1000 orang, artis dan live musik. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

----------------------

Lalu bagaimana doa khatam Al Quran 30 juz?

Doa khatam Al Quran 30 juz memiliki makna yang sangat dalam dan arti yang luas. Sehingga doa khatam Al Quran 30 juz dapat dibaca kapanpun. Berikut doa khatam Al Quran 30 juz yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Doa Khatam Al Quran 30 Juz

Lafall latin:
"Allhummarhamna bilquran. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin."                
Artinya: "Ya Allah berikanlah rahmat kepadaku dengan kitab Al-Quran yang agung ini, jadikanlah ia (Al-Quran) bagiku sebagai panutan, cahaya, serta petunjuk rahmat. Ya Allah ingantkanlah aku seandainya aku lupa akan ayat-ayat Al-Quran.Ajarkanlah aku dari padanya yang belum aku ketahui dan anugerahkanlah kepadaku kesempatan membaca Al-Quran tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia (Al-Quran) sebagai pembela yang kuat bagiku. Wahai Allah, Tuhan semesta alam."
Doa khatam Al Quran ini merupakan doa khatam Al Quran yang umum dibaca setelah membaca Al Quran. Namun terdapat beberapa doa khatam Al Quran 30 juz lainnya yang juga bisa diamalkan setelah mengkhatamkan Al Quran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Makna Doa Khatam Al Quran

Adapun makna dari doa khatam Al Quran 30 juz yang terdapat di dalam doa tersebut. Makna tersebut tidak lain sebagai bentuk dari harapan serta keinginan seorang hamba agar diberi petunjuk untuk tetap istiqomah dalam membaca Al Quran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Keutamaan Membaca Al Quran

Membaca Al Quran memiliki banyak keutamaan yang bisa diperoleh oleh umat muslim. Sebab, membaca Al Quran merupakan amalan yang memiliki keberkahan dan kebaikan di dalamnya. Berikut beberapa keutamaan membaca Al Quran:

- Mendapatkan satu kebaikan dalam satu huruf Al Quran.

Hal ini sesuai dengan hadis At-Tirmidzi yang memiliki arti:

Artinya: Kata 'Abdullah ibn Mas'ud, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur'an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf," (HR. At-Tirmidzi).

- Mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

"Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Quran, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya"(HR. ad-Dailami).

- Mendapatkan syafaat di hari kiamat.

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Bacalah Al-Quran.' Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya," (HR. Ahmad).

- Mendatangkan pahala bagi pembacanya.

- Mendapat ketentraman hati.

Nah itulah doa khatam Al Quran 30 juz lengkap bacaan arab, latin, dan terjemah. Kalian dapat mengamalkan doa tersebut setelah selesai khatam Al Quran 30 juz. Terutama akan lebih baik jika mampu khatam Al Quran 30 juz selama bulan Ramadhan.

Sebab bulan Ramadhan membawa banyak berkah dan keutamaan di dalamnya. Untuk bisa khatam Al Quran setidaknya miliki niat, usaha, menggunakan waktu sebaik mungkin dan sebisa mungkin berada di lingkungan para pembaca Al Quran.

Cara tersebut bisa menumbuhkan keinginan untuk segera khatam Al Quran bahkan hinga beberapa kali. pastinya semakin banyak khatam Al Quran, maka pahala dan keberkahan yang diperoleh akan semakin berlipat ganda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI