7 Keutamaan Bulan Ramadhan Beserta Dalilnya dalam Al Quran dan Hadis

Senin, 27 April 2020 13:22 Penulis: Nurul Wahida
7 Keutamaan Bulan Ramadhan Beserta Dalilnya dalam Al Quran dan Hadis
Ilustrasi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan yang menjadikan Ramadhan sebagai bulan yang istimewa. Untuk itu bulan ini menjadi bulan yang paling dinanti jutaan umat muslim di penjuru dunia. Selain bulan penuh berkah, Ramadhan juga memiliki keutamaan lain yang membuat setiap muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan.

Ramadhan merupakan momen yang hanya terjadi satu tahun sekali. Wajar jika bulan Ramadhan selalu disambut dengan gembira oleh umat muslim. Selama bulan Ramadhan setiap umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa dan melakukan amalan sunnah lainnya.

Tujuannya satu yakni meraih keberkahan selama bulan Ramadhan. Namun tahukah kalian jika keutamaan bulan Ramadhan sangatlah banyak. Dalil keutamaan bulan Ramadhan dalam Al Quran dan Hadis telah banyak disebutkan.

Lalu apa saja keutamaan bulan Ramadhan dan dalilnya dalam Al Quran dan Hadis?

Meski tahun ini mengalami situasi yang berbeda selama bulan Ramadhan, namun tidak menghilangkan keutamaan bulan Ramadhan. Untuk itu melakukan amalan sunnah ataupun amalan baik selama bulan Ramadhan sebisa mungkin untuk tetap dilaksanakan.

Sebab, banyak sekali keutamaan bulan Ramadhan yang bisa diraih oleh umat muslim. Berikut 7 keutamaan bulan Ramadhan dan dalilnya dalam Al Quran dan Hadis yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Bulan Penuh Berkah

Seperti yang diketahui jika keutamaan bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Di mana keutamaan bulan Ramadhan ini telah disebutkan dalam dalil hadis Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:

"Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian". (HR. Agmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi).

Keutamaan bulan Ramadhan sebagai bulan penuh berkah segala perbuatan baik akan dilipat gandakan. Untuk itu bulan Ramadhan juga disebut sebagai bulan yang mulia, bulan pemberian dan karunia.

Keberkahan dalam bulan Ramadhan bukan hanya untuk batin dan fisik. Melainkan berkah untuk perekonomian mulai dari pedagang makanan, karyawan, pegawai. Serta berkah bagi umat yang tidak dapat sepenuhnya menikmati bulan Ramadhan seperti fakir miskin.

 

 

2. Diampuni Segala Dosa

Keutamaan bulan Ramadhan yang lainnya adalah diampuni segala dosa yang telah lalu. Hal ini seperti dalam hadis sebagai berikut:

Artinya: "Bahwa Nabi Muhammad bersabda, barang siapa yang menunaikan sholat di malam lailatul qadar dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, maka Akan diampuni dosa-dosa yang terdahulu. Dan barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, maka diampuni dosa-dosa yang terdahulu". (HR. Bukhori).

Segala dosa yang telah lalu dapat diampuni dengan melaksanakan berbagai amalan wajib serta amalan sunnah. Untuk itu setiap umat muslim dianjurkan mengerjakan berbagai kebaikan selama bulan Ramadhan.

 

 

3. Dikabulkannya Doa

Dikabulkannya doa juga menjadi keutamaan bulan Ramadhan yang perlu diketahui oleh umat muslim. Dalam hal ini setiap muslim yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan segala doa dapat diijabah oleh Allah SWT. Seperti dalam hadis yang memiliki arti sebagai berikut:

"Tiga orang yang do'anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizholimi". (HR. At Tirmidzi no. 3598. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan)

Selain itu terdapat juga pada hadis lainnya mengenai keutamaan bulan Ramadhan dengan dikabulkannya segala doa yang dipanjatkan. Berikut berdasarkan HR. Al Bazaar, dari Jabir bin 'Abdillah:

Artinya: "Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do'a maka pasti dikabulkan".

 

 

4. Pintu Surga Dibuka dan Pintu Neraka Ditutup

Keutamaan bulan Ramadhan lainnya yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan istimewa adalah bahwa pintu surga terbuka sedangkan pintu neraka ditutup. Seperti dalam dalil hadis yang memiliki arti sebagai berikut:

Artinya: "Apabila datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan yang jahat dibelenggu". (HR. Bukhori).

Dalam hal ini setiap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa ataupun amalan baik selama puasa Ramadhan dapat meraih kebahagiaan dunia dan akhirat termasuk meraih surga dari Allah SWT.

 

 

5. Syetan Dibelenggu

Seperti yang diketahui jika keutamaan bulan Ramadhan yang lainnya adalah keberadaan syetan yang dibelenggu. Sehingga ibadah umat muslim selama bulan Ramadhan dapat berjalan dengan lancar. Sebab, syetan tidak dapat menyesatkan umat muslim selama bulan Ramadhan.

Keutamaan bulan Ramadhan dengan keberadaan syetan yang dibelenggu berdasarkan Imam Ahmad yang meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Umatku diberikan lima perkara di bulan Ramadhan yang belum pernah diberikan kepada umat sebelumnya: mulut orang yang puasa lebih wangi di sisi Allah subhanahu wa ta'ala dari pada minyak kesturi, malaikat memintakan ampunan untuk mereka hingga berbuka, setiap hari Allah subhanahu wa ta'ala menghiasi surga -Nya dan berfirman: sudah dekat hamba-hamba -Ku yang shaleh meninggalkan beban dan berpulang kepada -Ku, syetan-syetan dibelenggu maka mereka tidak bisa mencapai apa yang bisa mereka capai di bulan yang lain, dan Allah subhanahu wa ta’ala mengampuni mereka di akhir malam. Ada yang bertanya: ya Rasulullah, apakah itu di saat lailatul qadar? Beliau menjawab: tidak, akan tetapi orang yang beramal hanya disempurnakan pahalanya apabila menyelesaikan amalnya".

 

 

6. Terdapat Malam yang Lebih Baik dari Seribu Bulan

Malam lailatul qadar diartikan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Adanya malam lailatul qadar menjadi salah satu keutamaan bulan Ramadhan yang sangat istimewa. Pastinya untuk meraih malam lailatul qadar seorang umat muslim diperintahkan untuk menjalankan berbagai amalan wajib dan amalan sunnah agar dapat meraih lailatul qadar.

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan". (QS. Al Qadr: 1-3)

Selain itu dalam hadis lain juga telah dijelaskan mengenai malam lailatul qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Berikut arti dari dalil hadis:

"Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta syetan-syetan dibelenggu. di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang/terjauhkan (dari kebaikan)". (HR. Ahmad)

 

 

7. Ada Orang yang Dibebaskan dari Siksa Neraka

Keutamaan bulan Ramadhan yang jarang diketahui adalah adanya pembebasan umat yang hampir masuk neraka. Hal ini sesuai arti dari dalil hadis sebagai berikut:

"Pada setiap (waktu) berbuka, Allah ada orang-orang yang dibebaskan (dari siksa api neraka)". (HR. Ahmad)

Nah itulah 7 keutamaan bulan Ramadhan dan dalilnya dalam Al Quran dan Hadis yang perlu diketahui umat muslim. Semoga ibadah puasa Ramadhan dapat berjalan lancar dan meraih ridha dari Allah SWT.

 

 

(kpl/nlw/gen)

Reporter:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI