5 Cara Khatam Al Quran 30 Juz di Bulan Ramadhan dengan Mudah dan Cepat

Sabtu, 16 Mei 2020 11:22 Penulis: Nurul Wahida
5 Cara Khatam Al Quran 30 Juz di Bulan Ramadhan dengan Mudah dan Cepat
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan setiap umat muslim berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Termasuk mengerjakan amalan sunnah seperti membaca dan mengkhatamkan Al Quran.

Begitu istimewa dan spesialnya bulan Ramadhan hingga membuat jutaan umat muslim di seluruh dunia menantikannya. Sebab, pada bulan Ramadhan setiap amal yang dikerjakan bernilai pahala yang berlipat ganda dibanding bulan lainnya.

Setidaknya selama bulan Ramadhan terdapat dua amalan yang harus dikerjakan umat muslim yakni amalan wajib dan amalan sunnah. Dalam amalan wajib terdiri atas ibadah puasa dan sholat. Sedangkan amalan sunnah terdiri dari sholat sunnah, sedekah, membaca Al Quran, dan amalan sunnah lainnya.

Namun selain amalan wajib dan amalan sunnah seperti puasa dan sholat, ada satu amalan sunnah yang sering dikerjakan oleh umat muslim. Amalan sunnah tersebut yakni melantunkan ayat suci Al Quran selama Ramadhan dan mengkhatamkannya. Sehingga wajar jika saat Ramadhan tiba terdengar lantunan Al Quran di setiap masjid. Ya, tujuannya adalah untuk meraih keberkahan selama bulan Ramadhan.

-------------

Bikin Ramadanmu Tak Terlupakan, Buka Puasa Ditemani Artis

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Pandji Pragiwaksono dan Tasya Farasya 16 Mei ini. Bakal ada Chef Vania Wibisono, band Reality Club dan HIVI! juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

-------------

Setiap umat muslim memiliki cara dan target tersendiri dalam khatam Al Quran. Diantaranya ada yang sampai khatam Al Quran satu kali, dua kali, bahkan hingga enam kali. Tentu semakin banyak khatam Al Quran di bulan Ramadhan pahala akan semakin berlipat ganda.

Lalu bagaimana cara khatam Al Quran 30 juz di bulan Ramadhan dengan mudah dan cepat?

Al Quran terdiri atas 114 surat, 30 juz, dan 6666 ayat, tentu membutuhkan waktu untuk bisa khatam Al Quran 30 juz. Namun ada cara khatam Al Quran 30 juz di bulan Ramadhan dengan mudah dan cepat. Berikut 5 cara khatam Al Quran 30 juz di bulan Ramadhan yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

 

 

1. Memiliki Niat untuk Khatam Al Quran

Niat menjadi faktor penting untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Selama ada niat pastinya segala yang ingin dicapai dapat terlaksana. Termasuk ketika ingin mengkhatamkan Al Quran 30 juz selama bulan Ramadhan.

Sebisa mungkin kalian harus membangun niat untuk benar-benar ingin khatam Al Quran 30 juz selama bulan Ramadhan. Selain itu niatkan mengkhatamkan Al Quran untuk mendapat ridha dari Allah SWT. Cara ini untuk menghindari rasa malas saat akan mengkhatamkan Al Quran.

2. Tentukan Target Khatam Al Quran

Cara khatam Al Quran 30 juz di bulan Ramadhan yang mudah dan cepat, kalian harus menentukan target waktu untuk khatam Al Quran. Maksudnya, buatlah jadwal setiap hari terkait berapa ayat atau juz yang harus diselesaikan. Berikut beberapa rumus untuk khatam Al Quran 30 juz dengan mudah dan cepat:

- Target khatam 1 kali: untuk bisa khatam Al Quran 30 juz di bulan Ramadhan sebanyak satu kali, maka kalian dapat membaca 1 juz per hari dengan rincian 2 lembar setelah selesai sholat wajib.

- Target khatam 2 kali: khatam Al Quran 30 juz sebanyak 2 kali, tentukan target membaca 2 juz per hari. Terdiri dari 3 lembar saat maghrib, dan 4 lembar saat isya'. Subuh, dzuhur, ashar.

- Target khatam 3 kali: sedangkan untuk khatam Al Quran 30 juz 3 kali, pastikan kalian membaca 3 juz setiap hari dengan rincian 6 lembar setelah selesai menunaikan ibadah sholat wajib.

- Target khatam 4 kali: Khatam Al Quran 30 juz di bulan Ramadhan sebanyak 4 kali usahakan agar membaca 4 juz perhari dengan 8 lembar setelah sholat wajib.

- Target khatam 5 kali: Usahakan agar membaca Al Quran sebanyak 5 juz perhari dengan total 10 lembar setelah sholat wajib.

- Target khatam 6 kali: Pastikan membaca 6 juz per hari yang terdiri dari 12 lembar setelah sholat wajib.

Namun target khatam Al Quran 30 juz di bulan Ramadhan tersebut dikerjakan sesuai dengan kemampuan diri kalian. Sehingga khatam Al Quran dapat dikerjakan secara maksimal dan memberi manfaat.

3. Tadarus Bersama Pembaca Al Quran

Cara khatam Al Quran 30 juz di bulan Ramadhan dengan mudah dan cepat salah satunya adalah melakukan tadarus bersama pembaca Al Quran. Sebab dengan melakukan tadarus bersama timbul rasa ingin terus membaca sehingga menghindari pudarnya niat ketika ingin khatam Al Quran.

4. Manfaatkan Minggu Pertama Ramadhan

Pada minggu pertama bulan Ramadhan biasanya setiap umat muslim masih memiliki semangat tinggi untuk mengerjakan segala amal baik. Termasuk membaca Al Quran, untuk itu manfaatkan minggu pertama ketika bulan Ramadhan dengan membaca Al Quran.

Sehingga saat sudah memasuki pertengahan bulan Ramadhan atau akhir, dapat memenuhi target waktu khatam Al Quran 30 juz yang dikehendaki. Cara khatam Al Quran 30 juz di bulan Ramadhan dengan manfaatkan minggu pertama menjadi tabungan bacaan Al Quran agar cepat khatam.

5. Gunakan Waktu Sebaik Mungkin

Cara khatam Al Quran 30 juz di bulan Ramadhan setidaknya kalian harus menggunakan waktu sebaik mungkin. Sebab, mungkin di hari lainnya nanti memiliki halangan untuk dapat khatam Al Quran. Hal ini berlaku untuk seorang Muslimah yang memiliki tanggal datang bulan ketika Ramadhan.

Sehingga saat tanggal tersebut datang, dapat mengurangi jatah harian membaca Al Quran. Untuk itu di setiap hari usahakan agar menggunakan waktu sebaik mungkin.

Nah itulah 5 cara khatam Al Quran 30 juz di bulan Ramadhan dengan mudah dan cepat. Semoga dapat menjadi referensi agar dapat khatam Al Quran sesuai target yang dikehendaki.

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI