Doa Penenang Hati dan Perasaan Agar Ibadah Puasa Jadi Lancar

Senin, 04 Mei 2020 12:44 Penulis: Nurul Wahida
Doa Penenang Hati dan Perasaan Agar Ibadah Puasa Jadi Lancar
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Manusia memang ditakdirkan sebagai makhluk perasa seperti memiliki rasa sedih, gembira, susah dan kecewa. Namun jika manusia memiliki rasa kegelisahan yang berlebih bisa jadi akan berdampak pada kehidupan mereka termasuk ibadah kepada Allah SWT. Untuk itu ada doa penenang hati dan perasaan yang bisa diamalkan.

Faktor penyebab hati yang tidak tenang dapat terjadi dari berbagai hal. Diantaranya seperti musibah sakit, kehilangan orang terkasih, kehilangan barang favorit, terlilit hutang, ada masalah dengan keluarga, dan lainnya yang bisa menimbulkan rasa gundah dan gelisah.

Perasaan tersebut memang wajar dirasakan oleh manusia. Namun perlu diperhatikan agar perasaan tersebut masih dalam kapasitas normal. Dalam artian tidak terlalu bersedih, terlalu kecewa, ataupun terlalu gundah. Sebab Islam tidak menganjurkan perasaan tersebut terjadi hingga berlarut-larut.

Selain itu, perasaan tersebut sangat dianjurkan untuk dihindari ketika melakukan ibadah. Terutama saat menjalankan ibadah puasa. Ketika puasa setiap umat muslim dianjurkan untuk menjaga hawa nafsu termasuk menjaga perasaan dan emosi.

Jika seseorang memiliki rasa gundah gelisah terhadap masalah yang dihadapi pastinya akan membuat jiwa tidak tenang dan ibadah puasa jadi tidak lancar. Bahkan dapat mempengaruhi keberkahan dalam berpuasa.

Sehingga sebagai seorang umat muslim tentu dianjurkan untuk selalu berdoa dan mengingat Allah SWT agar hati jadi tenang dalam menjalankan ibadah. Untuk itu ada doa penenang hati dan perasaan yang bisa diamalkan saat rasa gundah gelisah menyerang.

Lalu bagaimana doa penenang hati dan perasaan agar ibadah puasa jadi lancar?

Beberapa bacaan doa penenang hati dan perasaan di bawah ini dapat kalian amalkan ketika perasaan tidak tenang tersebut muncul. Berikut bacaan doa penenang hati dan perasaan agar ibadah puasa jadi lancar yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Doa Penenang Hati dan Perasaan Sedih

Bacaan latin doa penenang hati dan perasan:

"Allohumma inni a'uuzubika minal hammi wal hazan. wa a'udzubika minal ajzi wal kasali, wa a'udzubika minal jubni wal bukhli, wa a'udzubika min ghalabatid daini wa qohrir rijaal"

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung dari pada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung pada-Mu dari cengkraman hutang dan penindasan orang."

Doa ini dapat kalian baca ketika perasaaan tidak tenang dan sedih menyelimuti hati.

2. Doa Penenang Hati dan Perasaan Agar Dicukupkan

Bacaan latin doa penenang hati dan perasaan:

"Allahumma inni as'aluka nafsaan bika muthmainnah, tu'minu bilikoika, wa tardho bikodzoika, watakna'u bi'athoika"

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."

3. Doa Penenang Hati dan Perasaan Memohon Pertolongan

Bacaan latin doa penenang hati dan perasaan:

"Hasbunallah wanikmal wakil"

Artinya: "Cukuplah Allah sebagai Pelindung kami"( Q.S Al-Imran :173)

Ayat tersebut merupakan potongan surat Al-Imran ayat 173 yang memilik tafsir bahwa hanya Allah yang dapat menjadi pelindung umatnya. Sehingga umat muslim dianjurkan untuk menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT sebagai pelindung dan penolong.

4. Doa Penenang Hati dan Perasaan Dimudahkan Urusan

Bacaan latin doa penenang hati dan perasaan:

"Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii'"

Artinya: "Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS. Thaha: 25-28)

Doa ini merupakan potongan dari surah Thaha yang memiliki makna agar dilapangkan hati, dimudahkan segala urusan. Sehingga dengan mengamalkan doa ini insyaallah atas izin dari Allah SWT dapat dipermudah segala persoalan dalam hidup.

5. Cara Agar Hati Jadi Tenang

Selain doa penenang hati dan perasaan yang dapat diamalkan ketika agar memberikan perasaan yang damai, kalian juga perlu melakukan cara agar hati jadi tenang dan damai dalam menghadapi persoalan hidup. Terutama selama ibadah puasa Ramadhan agar mendapat limpahan berkah di dalamnya.

Berikut cara agar hati jadi tenang dan damai:

- Membaca ayat suci Al Quran atau mendengarkannya dapat memberikan ketentraman hati dalam jiwa. Seperti yang diketahui bahwa Al Quran merupakan obat penyembuh dan penenang batin. Sehingga kalian dapat mengamalkan membaca Al Quran agar menjadi tenang.

- Mengerjakan sholat wajib dan sunnah terutama di sepertiga malam. Sholat yang dikerjakan di sepertiga malam dan diyakini bisa menjadi doa yang mustajab. Selain itu bisa membuat kalian merasa damai dan tenang.

- Membaca istighfar dan dzikir kepada Allah SWT selain bisa mendekatkan diri kepada Allah, kalian juga akan merasa tenang.

- Selalu bersyukur menerima kehendak dan ketetapan dari Allah SWT menjadi salah satu cara yang bisa membuat perasaan jadi tenang. Sebab, dengan bersyukur bisa menimbulkan pikiran yang positif atas segala persoalan hidup.

Oh iya untuk menemani ramadhan kalian semakin seru, kalian bisa mengikuti event menarik berikut ini.

----------------------

Kabar Ramadhan: Mau Buka Puasa Bareng Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama 1000 orang, artis dan live musik. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

----------------------

Nah itulah doa penenang hati dan perasaan agar ibadah puasa jadi lancar. Kalian dapat mengamalkan setelah sholat ataupun saat perasaan diselimuti rasa cemas, gelisah dan gundah.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI