Duka Selimuti Kota Paris, Gereja Bersejarah Katredal Notre Dame Kebakaran

Selasa, 16 April 2019 08:02 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati
Duka Selimuti Kota Paris, Gereja Bersejarah Katredal Notre Dame Kebakaran
Kebakaran Gereja Notre Dame (Credit: twitter.com/Place_Beauvau)


Kapanlagi Plus - Siapa yang nggak terhenyak mendengar kabar kebakaran yang terjadi di Paris kemarin (15/4) sore waktu setempat? Terlebih bangunan yang dilalap api ini adalah bangunan bersejarah, Gereja Notre Dame. Ini tentu sisakan duka bagi masyarakat Paris.

Dilansir dari theguardian.com, kebakaran ini dimulai sekitar pukul 6 sore. Penyebabnya diduga sebab ketidaksengajaan serta diduga berhubungan dengan pembangunan yang lagi dikerjakan dalam gereja tersebut.

1. Janji Presiden

Kejadian ini nggak cuma bikin masyarakat Perancis sedih, tapi juga memantik tanggapan dari Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Dilansir dari theguardian.com, ia bersumpah akan membangun kembali gereja yang sudah berusia lebih dari 850 tahun ini. Tentu ini menjadi harapan, mengingat kebakaran ini masih menyisakan tower lonceng serta struktur bangunan.

Masih ada yang bisa diselamatkan, menurut Presiden adalah kabar baik. Ia berterima kasih pada para pemadam kebakaran yang sudah berusaha selama berjam-jam. Meski begitu Presiden juga ungkap betapa kebakaran ini mengerikan.

"Apa yang terjadi malam ini di Paris, di katedral ini, adalah peristiwa yang mengerikan," kata presiden dilansir dari theguardian.com. Ia bersumpah untuk mengumpulkan dana di seluruh dunia untuk merekonstruksi bangunan secara keseluruhan.

2. Duka mendalam

Kejadian ini menyisakan duka mendalam bagi masyarakat Paris. Wajar banget sih, Gereja katredal Notre Dame ini ngak cuma bersejarah, tapi juga merupakan rumah bagi karya seni yang nggak ternilai

Selain itu, Katedral juga disebut sebagai landmark yang populer di Paris. Setidaknya, menurut theguardian.com, Notre Dame menarik sekitar 13 juta pengunjung tiap tahun dari seluruh dunia.

(kpl/tdr)



MORE STORIES




REKOMENDASI