Efek Gas Air Mata Bikin Pedih, Penggunaan Pasta Gigi Ternyata Masih Jadi Mitos!

Kamis, 23 Mei 2019 16:37 Penulis: Tyssa Madelina
Efek Gas Air Mata Bikin Pedih, Penggunaan Pasta Gigi Ternyata Masih Jadi Mitos!
Efek gas air mata mengganggu aktivitas warga Jakarta (Credit: Liputan6.com/Immanuel Antonius)


Kapanlagi Plus - Imbas aksi demo yang terjadi pada tanggal 22 Mei 2019 kemarin menyisakan kerugian bagi pekerja dan warga yang beraktivitas di sekitar kawasan Thamrin. Salah satunya adalah efek dari gas air mata yang membuat mata perih dan sesak nafas.

Dilansir dari Newsweek, Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan beberapa akibat dari gas air mata. Di antaranya adalah penglihatan kabur, sulit menelan, sesak nafas, ruam, mual dan muntah. Bagi seseorang yang mengidap asma, menghirup gas ini tentunya bisa jadi sangat berbahaya.

Meski demo sudah usai, gas air mata tidak bisa serta merta hilang begitu saja. Sven-Eric Jordt seorang ahli anestesi di Universitas Duke menyebutkan kalau gas air mata memiliki senyawa yang bisa membuatnya bertahan lama di lingkungan dan tidak bisa hancur dengan cepat.

1. Efek Serius

Gas air mata bisa menimbulkan efek serius bagi orang yang sering terpapar. Penyakit pernapasan seperti bronkitis adalah salah satu di antaranya.

"Selain efek yang diketahui menyebabkan luka dan sakit, gas air mata juga bisa menyebabkan luka bakar kimia, reaksi alergi, cedera kornea, dan gangguan pernapasan," tulis pakar medis Rohini J. Haar seperti dikutip dalam tulisannya di Physicians for Human Rights.

2. Pakai Odol Atau...?

Pasca demo kemarin, tak sedikit netizen yang memakai pasta gigi di bawah area mata mereka untuk mengurangi rasa pedih. Namun ternyata, menurut ahli spesialis mata dr Novia Rahayu sejauh ini belum ada bukti ilmiah soal efektivitas penggunaan pasta gigi.

Bahkan menurutnya, pasta gigi yang dioleskan di bawah mata bisa memicu reaksi alergi kulit. Bentuk iritasinya pun bermacam-macam, bisa gatal, kemerahan dan timbul luka.

"Justru lebih baik menggunakan kacamata google atau kacamata renang agar mata aman," kata Novia, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, saat dihubungi melalui sambungan telpon, Rabu (22/5).

(kpl/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI