Eks Gitaris Banda Neira Diamankan Polisi Karena Transfer Dana ke Mahasiswa

Jum'at, 27 September 2019 13:00 Penulis: Guntur Merdekawan
Eks Gitaris Banda Neira Diamankan Polisi Karena Transfer Dana ke Mahasiswa
Ananda Badudu © 2019/Instagram


Kapanlagi Plus - Di tengah-tengah aksi demo mahasiswa terkait RUU KUHP dan UU KPK, nama Ananda Badudu muncul ke permukaan dan jadi sorotan. Eks gitaris dari Banda Neira itu diamankan aparat kepolisian pada Hari Kamis (27/9) pagi.

Alasannya, Ananda telah memberikan suntikan dana kepada para pendemo. Kabar itu dibenarkan sendiri oleh Ananda lewat sebuah cuitan di akun Twitter pribadinya.

"Saya dijemput Polda karena mentrasfer sejumlah dana pada mahasiswa," tulis Ananda singkat melalui akun twitternya @anandabadudu.

Merdeka.com lantas mencoba mengkonfirmasi penangkapan Ananda kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono. Sayangnya, hingga saat ini masih belum ada jawaban yang muncul.

1. Dana Terkumpul Ratusan Juta

Ananda mengumpulkan dana bantuan lewat situs kitabisa.com.  Hingga Hari Selasa (24/9), dana yang terkumpul mencapai angka Rp 117.927.743. Dana tersebut didapat dari 1.420 orang yang menggalang dana dengan nominal berbeda-beda.

Dana tersebut akan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, salah satunya konsumsi mahasiswa selama demo. "Rencana penggunaan dana: Di hari pertama aksi, dana akan dipakai untuk membayar vendor mobil komando. Sisanya akan dipakai makanan dan minuman mahasiswa yang aksi di malam hari + tempat mereka bermalam," tulis Ananda di kitabisa.com.

"Saya perlu umumkan di depan jika donasi melampaui target, prioritas alokasi dana selanjutnya akan ditujukan untuk kebutuhan alat kesehatan (ambulans, obat, keperluan tim medis, dll). Sekali lagi saya ucapkan terima kasih. Aksi Jakarta dimulai dengan dukungan masif dari Anda semua, pertanda banyak yang menggantungkan harapan pada teman-teman mahasiswa." sambung Ananda.

2. Alasan Pembuatan Penggalangan Dana

Ananda turut menyoroti polemik RUU KUHP, UU KPK serta kerusuhan yang tengah terjadi di Papua. Berangkat dari fakta itu, Ananda Gerakan mahasiswa di depan Gedung DPR turut dibantu dengan sumbangan dana dari masyarakat.

"Saya tergerak untuk berkontribusi, membantu mahasiswa berunjuk rasa menyampaikan aspirasi dengan mengorganisir pengumpulan dana lewat kitabisa.com," tulis Ananda.

(mdk/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI