Gaya Hidup Sehat-Konsumsi Buah, Ini Lho Cara Mencegah Diabetes

Jum'at, 13 Januari 2017 14:18 Penulis: Agista Rully
Gaya Hidup Sehat-Konsumsi Buah, Ini Lho Cara Mencegah Diabetes
© huffingtonpost.co.uk

Kapanlagi Plus - Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit serius di era modern ini. Penyebabnya adalah gaya hidup kurang sehat serta beragamnya makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat. Saking seriusnya, diabetes menduduki peringkat ketujuh sebagai penyakit paling mematikan di dunia!

Penyakit yang membunuh 3.7 juta jiwa dalam setahun ini disebabkan oleh
tingginya kadar gula dalam darah sehingga melemahkan fungsi insulin. Salah satu korban penyakit diabetes adalah Oon Project Pop yang meninggal pagi tadi (13/01) di Bandung. Kalian tentunya tak mau dong menderita penyakit yang juga disebabkan oleh faktor keturunan ini? Oleh sebab itu, ini lho cara yang bisa kalian tiru untuk mencegah penyakit yang membunuh orang pelan-pelan ini.

1. Jangan Lupa Sarapan

Sarapan dapat menurunkan kadar gula darah seseorang © OnnitSarapan dapat menurunkan kadar gula darah seseorang © Onnit

Sederhana, salah satu pemicu diabetes adalah jarang sarapan. Penelitian
menunjukkan bahwa seseorang yang sarapan dengan rutin memiliki kadar gula lebih rendah daripada orang-orang yang melewatkan santapan pagi ini. Oleh sebab itu, mulai sekarang biasakan sarapan ya KLovers!

2. Aktif bergerak

Olahraga atau minimal berjalan cepat selama 30 menit dapat mengurangi risiko diabetes © What's Up LifeOlahraga atau minimal berjalan cepat selama 30 menit dapat mengurangi risiko diabetes © What's Up Life

Kadar gula dalam darah akan meningkat apabila seseorang kurang bergerak. Otot yang selalu bekerja lebih keras akan meningkatkan kemampuannya menggunakan insulin dan menyerap glukosa. Meski bukan olahraga berat, berjalan cepat setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes hingga 30% lho.

3. Matikan Televisi

Menonton TV terlalu lama dapat meningkatkan risiko diabetes © ndr.deMenonton TV terlalu lama dapat meningkatkan risiko diabetes © ndr.de

Menonton TV boleh-boleh saja namun lebih baik jangan terlalu lama. Sebab penelitian yang dilakukan di Inggris telah mengungkapkan bahwa Diabetes Tipe 2 dapat muncul karena seseorang duduk terus-menerus dan tubuh mengalami sedikit pergerakan. Seseorang yang menghabiskan waktunya dengan duduk menonton TV lebih dari 140 jam/hari berpotensi menderita diabetes lebih tinggi. Aduh, ngeri!

4. Konsumsi Sayuran dan Buah

Jambu, Alpukat, dan Manggis adalah buah yang paling efektif memerangi Diabetes © Newfound BalanceJambu, Alpukat, dan Manggis adalah buah yang paling efektif memerangi Diabetes © Newfound Balance

Sudah menjadi rahasia umum bahwa konsumsi sayuran dan buah yang sehat akan mencegah berbagai jenis penyakit. Namun buah yang sering disepelekan justru jadi penangkal diabetes yang cukup efektif lho. Jambu, manggis, dan alpukat adalah buah yang mampu memerangi diabetes karena dapat mengikis lemak yang menempel pada pembuluh darah secara efektif. Wow!

5. Temui Dokter untuk pemeriksaan rutin

Check-Up rutin ke Dokter untuk mencegah diabetes © benin2009.comCheck-Up rutin ke Dokter untuk mencegah diabetes © benin2009.com

Lebih baik mencegah sebelum mengobati jadi lebih baik kamu sering
berkonsultasi pada dokter sebelum sakit parah. Setidaknya diagnosa lebih awal akan meningkatkan potensi kesembuhan. Namun yang paling penting dari semuanya adalah bergaya hidup sehat.

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI