Gerhana Bulan Esok Hari Ternyata Fenomena Langka!

Selasa, 16 Juli 2019 21:41 Penulis: Kistin Septiyani
Gerhana Bulan Esok Hari Ternyata Fenomena Langka!
Ilustrasi gerhana ©NASA Via Liputan6


Kapanlagi Plus - Pekan ini akan ada sebuah fenomena alam langka yang terjadi di beberapa belahan dunia. Gerhana bulan sebagian atau parsial diprediksi akan terjadi pada esok hari, Rabu (17/7/2019). Fenomena ini akan dapat disaksikan di beberapa wilayah Indonesia.

Mengutip Space.com, via Liputan6.com pada Selasa (16/7/2019), gerhana bulan ini dapat dilihat oleh mereka yang tinggal di wilayah Amerika Selatan. Sedangkan untuk mereka yang tinggal di wilayah Australia, Asia Tengah dan Asia Timur baru bisa menyaksikan fenomena tersebut menjelang terbenamnya bulan di pagi hari.

1. Dilihat dengan Mata Telanjang

Menurut Kepala Bagian Humas BMKG Taufan Maulana, penampakan fenomena ini akan sangat bergantung pada kondisi cuaca dan awan. Jika memang langit cerah dan tak begitu banyak awan yang ada maka kemungkinan besar gerhana dapat dilihat dengan mata telanjang.

Namun, Taufan juga belum bisa memastikan apakah fenomena yang terjadi pada dini hari nanti bisa terlihat, pasalnya saat gerhana bulan terjadi, kondisi langit di Jakarta dan sekitarnya akan cerah berawan.

"Terlihat atau tidaknya (gerhana bulan) itu dari awan. Dari awan itu, kita harus melihat visibilitynya. Jadi kita harus lihat visibility awannya berapa persen," ucap dia.

2. Memastikan Visisbility Awan

Untuk memastikan hal ini, Taufan mengungkapkan bahwa pihaknya perlu memeriksa visibility awan yang akan menutupi langit jakarta pagii nanti. Visibility awan setiap daerah pun akan berbeda-beda.

"Visibility di Bogor belum tentu sama dengan di Jakarta. Yang jelas, cuaca di Jakarta cerah berawan, namun kita harus lihat dulu visibilitynya berapa persen untuk bisa melihat gerhana bulan," pungkas Taufan.

(kpl/lip/TIN)



MORE STORIES




REKOMENDASI