#Gosip90an Hantu di Iklan Adzan TV Sampai Joged Asereje Memuja Setan

Selasa, 22 Januari 2019 17:35 Penulis: Rahmi Safitri
#Gosip90an Hantu di Iklan Adzan TV Sampai Joged Asereje Memuja Setan
Gosip 90an © Istimewa


Kapanlagi Plus - Selasa (22/1/2019), tiba-tiba Twitter Indonesia ramai dengan hashtag #Gosip90an. Awalnya sih bahas gosip artis, tapi warganet mendadak menjadikan tagar tersebut semacam nostalgia dengan membahas hal-hal yang mereka percayai zaman dulu ketika mendengar nasihat dari orang-orang sekitar.

Tak pelak, #Gosip90an pun jadi trending nomor 1 di Twitter Indonesia dan nggak sedikit yang merasa terharu karena bisa mengenang hal-hal unik di sepanjang era 90an. Yuk kita ikut napak tilas bersama dengan warga Twitter. Ini dia beberapa cuitan yang mendapat banyak re-tweet karena memang kadar nostalgianya dapat banget.

Oh ya beberapa kejadian sebenarnya berlangsung di awal tahun 2000-an. Tapi memang anak 90-an yang tahu!

1. Adzan TV Ada Hantunya

Sampai sekarang di televisi selalu menyajikan iklan adzan tiap kali masuk waktu Maghrib untuk wilayah DKI Jakarta. Nah di era 90-an tuh ada satu iklan adzan TV yang diyakini terdapat sesosok makhluk gaib ikut terekam saat di stasiun. Tuh yang dilingkari merah, kuntilanak atau.....

2. Ramalan Jodoh

Anak-anak era 90-an itu selalu tahu caranya menghibur diri dan pastinya udah ada dong yang saling naksir. Nah salah satu permainan yang sering dimainkan adalah ramalan ala-ala dengan menggunakan jari ini. Jadi tuh lewat ramalan ini kita bisa tahu siapa jodoh kita, bakal tinggal di mana, mobilnya di masa depan apa bahkan sampai punya anak berapa.

3. Ada yang Suka, Ada yang benci

Di kuku kita kan suka ada tuh garis warna putih. Buat anak-anak di zaman 90an (mungkin sampai sekarang?), katanya kalau di kuku kita ada garis putih satu berarti ada yang sedang naksir. Tapi kalau garis putunya dua, awas ada yang lagi benci :(

4. Jumlah Anak Berdasarkan Jumlah Garis

Amati pergelangan tangan kita, pasti ada garis-garis melingkar kan? Dulu jumlah garis di pergelangan dianggap bisa menunjukkan jumlah anak kita kelak. Ada yang percaya? Atau malah ada yang sudah membuktikan nggak nih?

5. Jangan Langkahin Teman

Dulu tuh ada pesan, kalau melihat salah satu teman kita lagi rebahan di lantai atau di lapangan rumput atau di mana saja, jangan sampai kamu berjalan melangkahi. Karena katanya hutang darah. Membingungkan, tapi dulu namanya anak kecil ya percaya saja :(

6. Permen Rokok

Snack dari zaman dulu selalu banyak bentuknya. Salah satunya permen yang dikemas menyerupai rokok ini. Tapi sayangnya dulu ada gosip yang bilang kalau perman ala rokok ini mengandung narkoba. Gara-gara banyak anak yang beli terus-terusan dan ketagihan.

7. Jangan Nunjuk Kuburan

Kalau sedang jalan, naik motor atau mobil, biasanya kita melewati kuburan. Pokoknya jangan sampai nunjuk ke arah kuburan y. Karena dulu katanya tuh kalau kita nunjuk kuburan pas lewat, bisa-bisa dikunjungi sama arwah dari sana.

8. Serutan Bulat

Ini legenda banget nih. Pasti tahu dong serutan pencil model bulet begini? Mitos menyebutkan, jangan tiup lubangnya, nanti berkarat dan nggak bisa dipakai buat nyerut pensil lagi. Ada yang sudah membuktikan?

9. Mobil Jeep = Mobil Penjahat

Entah siapa yang mulai. Pokoknya dulu kalau ada mobil begini dan sejenisnya, disuruh jauh-jauh. Katanya itu mobil penjahat dan awas mereka bakal menculik anak-anak. Ada yang takut nggak tiap lihat mobil ini?

10. Tante Rambut Palsu Adalah Pria?

Nora Salinas adalah salah satu bintang telenovela asal Meksiko yang wajahnya familiar banget bagi generasi 90-an. Telenovelanya yang populer di sini antara lain Esmeralda sampai Carita De Angel. Di telenovela terakhir, ia populer dengan sebutan tante rambut palsu gara-gara sering pakai wig warna-warni.

Sejak Nora bermain di telenovela Esmeralda, ada rumor yang bilang kalau dia aslinya pria alias transgender. Padahal Nora Salinas ini sekarang sudah punya dua anak lho.

11. Asereje

Asereje dulu salah satu lagu populer pada masanya. Lirik hingga dance dari lagu yang dipopulerkan oleh girlband Las Ketchup ini ternyata pernah dianggap sebagai gerakan memuja setan. Percaya nggak nih? 

Sekedar info lain, Asereje ini sebenarnya dirilis tahun 2002 lalu. Tapi ya anak-anak yang lahir 90-an mungkin tahu lagu ini ya.

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri



MORE STORIES




REKOMENDASI