VietJet Air, Bukan Sekadar Maskapai yang Punya Pramugari Berseragam Bikini

Selasa, 22 Januari 2019 13:58 Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary
VietJet Air, Bukan Sekadar Maskapai yang Punya Pramugari Berseragam Bikini
Credit: vietjetair.com

Kapanlagi Plus - VietJet Air kembali membuat heboh netizen belakangan ini. Maskapai penerbangan asal Vietnam ini dikabarkan akan kembali membuka rute ke Indonesia tahun ini. Tapi akankah mereka datang dengan pramugari berbikininya?

Seperti yang kita tahu salah satu faktor yang membuat VietJet heboh diperbincangkan adalah 'kostum' pramugarinya yang tidak umum. Ya, mereka berbikini. 2 piece pakaian minim yang biasa dipakai wanita untuk berenang.

Buat KLovers yang penasaran dan ingin tahu soal maskapai ini lebih dalam, ada 7 hal nih yang perlu kalian tahu soal VietJet. Penasaran kan?

Pramugari berbikini Vietjet (Credit: istimewa)Pramugari berbikini Vietjet (Credit: istimewa)

1. Pramugari Berbikini
Sedikit informasi, pramugari berbikini memang sengaja 'dipajang' oleh maskapai ini. Dilansir dari Liputan6.com tujuannya jelas, strategi marketing untuk menarik pelanggan. Benar saja, strategi ini terbilang berhasil. Bahkan membawa keuntungan lebih dari 30% dan terus bertambah hingga kini, juga menaikkan pamor VietJet.

2. Pramugari Berbikini Pertama di Dunia
Strategi ini sendiri diluncurkan sejak tahun 2011 yang lalu. Sejak saat itulah Vietjet menjadi maskapai penerbangan yang memiliki program pramugari berbikini pertama di dunia.

3. Rute Penerbangan Pramugari Berbikini
Namun kembali ke kata strategi, pramugari berbikini tidak diberlakukan di semua rute penerbangan. Pramugari berbikini ini hanya dihadirkan di rute baru saja sebagai bagian dari promosi bagian kehumasan.

Seragam pramugari VietJet di rute normal (Credit: vietjetair.com)Seragam pramugari VietJet di rute normal (Credit: vietjetair.com)

4. Seragam Pramugari Sesuai Rute

Masih soal 'seragam' pramugari VietJet, bikini bukan seragam tetap para pramugarinya. Pihak VietJet sendiri telah memastikan hal ini sejak tahun 2017 lewat Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

"Terkait dengan banyaknya sorotan media mengenai pakaian bikini VietJet, kami ingin menegaskan kembali bahwa seragam VietJet sejalan dengan rasa hormat dan kesopanan yang tinggi. Khususnya bagi pasar Muslim seperti Indonesia dan Malaysia," tulis Nguyen dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/8/2017).

5. Baru Mendapat Izin Beroperasi di Indonesia

Lantas bagaimana dengan rute penerbangan VietJet ke Indonesia? Untuk kalian yang sudah tidak sabar mencoba terbang di atas awan bersama maskapai ini, ada 2 rute yang bisa kalian tempuh. Pertama, ada rute Ho Cho Minh - Denpasar. Menurut keterangan Director VietJet Air, Do Xuan Quang, pada event ASEAN Tourism Forum (ATF), rute penerbangan ini akan memakan waktu selama 3,5 jam.

Do Xuan Quang juga menyampaikan lewat rilisan tertulis kalau rute penerbangan Ho Cho Minh - Denpasar akan dimulai pada bulan Maret ini. Selama 6 bulan pertama maskapai ini akan terbang sebanyak 4 kali dalam satu minggu. Lepas dari masa 6 bulan pertama intensitas penerbangan akan bertambah menjadi 7 kali seminggu.

Rute kedua bisa kalian tempuh dari Ho Chi Minh ke Jakarta. Sayangnya untuk mencoba rute kedua ini kalian harus lebih bersabar karena rute ini baru bisa kalian coba di akhir tahun 2019. Tapi kalian sudah bisa membeli tiketnya sejak bulan Maret 2019.

Contoh pelayanan VietJet (Credit: instagram.com/vietjetair)Contoh pelayanan VietJet (Credit: instagram.com/vietjetair)

Contoh pelayanan VietJet (Credit: instagram.com/vietjetair)Contoh pelayanan VietJet (Credit: instagram.com/vietjetair)

6. Maskapai LCC

Di samping itu, kalian juga perlu tahu kalau Vietjet adalah maskapai penerbangan berbasis LCC alias Low Cost Carrier. Dengan kata lain harga tiket yang dijual oleh maskapai ini terbilang murah. Namun yang perlu kalian catat adalah maskapai berbasis LCC menghapus beberapa layanan penumpang yang biasa ditemukan di basis lain.

Sejauh ini VietJet sendiri sudah membuka 35 kota di Tiongkok yang berangkat dari Vietnam. Juga sudah menawarkan 47 opsi rute yang tersebar di berbagai wilayah domestik dan luar negeri.

7. Maskapai yang Dimiliki Individu

Terakhir, maskapai ini dimiliki oleh individu. Maskapai ini sendiri akan segera melantai di bursa saham. Jika terwujud maskapai ini akan menjadikan sang pemilik, Nguyen Thi Phuong Thao sebagai miliarder wanita pertama di Vietnam. Bukan cuma itu, Thao juga punya impian kalau maskapainya ini (VietJet Air) bisa menjadi flying emirates di Asia.

(kpl/ren)



MORE STORIES




REKOMENDASI