Hadiah Harta Karun 800 Miliar Rupiah Lebih, Inilah Teka-Teki Amerika Paling Misterius

Rabu, 13 Juni 2018 14:18 Penulis: Natanael Sepaya
Hadiah Harta Karun 800 Miliar Rupiah Lebih, Inilah Teka-Teki Amerika Paling Misterius
The Beale Treasure © flickr.com/Virginia Hill

Kapanlagi Plus - Thomas J. Beale memiliki harta karun berupa ribuan pound perak, emas dan permata yang memiliki nilai total sekitar US$ 60 juta, atau sekitar 838 miliar rupiah lebih. Sebagai seorang petualang di abad ke-19, Beale memang disebut-sebut telah menemukan harta karun dambaannya di dekat perbatasan New Mexico- Colorado dan membawanya kembali ke Virginia.

Menariknya harta karun itu dikubur di suatu tempat di Virginia dan Beale menciptakan 3 sandi terpisah untuk menyembunyikan lokasi, ahli waris, serta rincian hartanya. Seperti dilansir dari Mental Floss, sampai saat ini baru 1 sandi saja yang terpecahkan. Nah sebenarnya sandi tersebut merupakan kode substitusi dasar di mana setiap angka mewakili huruf alfabet yang dapat ditemukan dengan cara menghitung kata-kata dalam 'teks kunci' yang menjadi dasar dari ketiga sandi tersebut.

© Historicair/Wikimedia Commons© Historicair/Wikimedia Commons

Masalah utamanya adalah, sampai sekarang nggak ada yang tahu di mana sisa 2 sandi yang ditinggalkan oleh Beale. Dalam 200 tahun terakhir saja sudah ada banyak orang yang mencoba mencari solusi untuk sandi dari Beale tanpa kunci. Mulai dari amatir, profesional, hingga mereka yang mengandalkan kekuatan spiritual untuk membantu mencari harta karun itu.

Namun di abad ke-19 seorang cryptanalyst amatir secara tidak sengaja menemukan sandi Beale yang ke-2, Deklarasi Kemerdekaan, dan mengungkap bagian menarik dari pesan yang Beale terjemahkan dalam kode sandi. "Aku sudah menyembunyikannya di sekitar daerah Bedford, sekitar 4 mil dari Buford dalam sebuah penggalian atau lemari besi, 6 kaki di bawah permukaan tanah. Kertas nomor 1 menjelaskan secara tepat di mana lokasi kubah supaya tidak ada yang kesulitan menemukannya," hasil dari terjemahan sandi ke-2 milik Beale.

Sayangnya belum ada yang berhasil menguraikan pesan di balik kertas nomor 1 dan 3. Penemuan kertas nomor 2 itu pun langsung mendorong dan menginsipirasi banyak orang untuk menjadi kaya, meski tetap berujung pada kegagalan. Cryptanalyst mengatakan kalau kertas nomor 1 dan 3 ada, anak kecil pun bisa memecahkannya dengan mudah, tapi akan menjadi sulit jika kedua kunci itu tidak ada.

© Historicair/Wikimedia Commons© Historicair/Wikimedia Commons

Zaman sekain maju, keinginan untuk menjadi kaya pun semakin menjadi-jadi. Yap, inilah yang kemudian mendorong orang-orang untuk mencarinya sendiri dengan pendeteksi logam, magnetometers, sampai pada guru spiritual untuk mencari harta Beale. Karena itu sebuah undang-undang di Virginia menyebutkan kalau para pemburu harta karun harus menyimpan setiap benda yang mereka temukan, walau itu terkubur di properti pribadi maupun orang lain dan bisa memunculkan masalah.

Sampai ada salah satu pemburu harta karun yang ditangkap karena ia yakin dan percaya kalau harta Beale dikubur di sebuah pemakaman tua. Orang tersebut lalu ditangkap karena ia menggali jenazah manusia. Bahkan Mental Floss juga melaporkan kalau ada pria bernama Stan Czanowski yang menghabiskan US$ 70 ribu, atau sekitar 900 juta rupiah untuk meledakkan beberapa tempat dan menyewa bulldozers demi menemukan harta Beale.

© Historicair/Wikimedia Commons© Historicair/Wikimedia Commons

"Sekali kamu terjebak dalam pencarian harta karun Beale, rasanya sulit untuk keluar. Rasanya seperti kecanduan atau bertaruh, harta karun itu bisa membuat orang-orang yang lemah untuk mengorbankan apapun miliknya demi menemukan harta Beale," ujar Peter Viemeister, selaku penulis buku The Beale Treasure: A History of a Mystery. Jadi, kamu tertarik untuk memecahkannya?

(men/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya



MORE STORIES




REKOMENDASI