Hati-Hati, Polisi Gadungan Kian Marak Tilang Pengendara di Jalanan

Selasa, 17 Juli 2018 13:10 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Hati-Hati, Polisi Gadungan Kian Marak Tilang Pengendara di Jalanan
Polisi gadungan (credit: instagram.com/tmcpoldametro)

Kapanlagi Plus - Berbagai penipuan kini makin banyak macamnya. Yang tak habis pikir adalah, menjadi seorang polisi. Seakan tak takut hukum, pria ini mencoba menyamar sebagai polisi lalu lintas yang sedang bertugas.

Hal tersebut seperti yang terjadi di ruas jalan Casablanca, Jakarta Selatan. Pria yang diketahui bernama Joseph ini pun langsung diamankan anggota Polda Metro Jaya yang kebetulan bertugas di daerah yang sama.

Jika sekilas pria berumur 20 tahun ini terlihat polisi sungguhan. Bagaimana tidak, ia memakai atribut lengkap layaknya seorang polisi. Tak hanya itu saja, Joseph juga memakai kacamata hitam, yang kerap polisi juga pakai.

Melihat kejadian itu, Kasubdit BinGakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menyarankan para pengendara untuk tak segan meminta surat tugas kepada polisi yang bertugas, saat kendaraan diberhentikan. Bukan apa-apa, ini dilakukan untuk mengantisipasi agar para pengendara tidak merasa tertipu seperti kasus Joseph ini.

"Ya masyarakat mintain surat perintahnya aja, tanya enggak apa-apa," kata Budiyanto seperti yang dilansir oleh Merdeka.com.

Para pengendara juga boleh untuk menanyakan KTA (Kartu Tanda Polisi). "Kan dia pasti punya KTA, surat perintah juga, enggak mungkin cuma sendiri-sendiri," lanjutnya.

Atribut yang dipakai oleh polisi gadungan (credit: instagram.com/tmcpoldametro)Atribut yang dipakai oleh polisi gadungan (credit: instagram.com/tmcpoldametro)

Satu hal juga yang patut dicurigai, ketika tampak polisi sedang bertugas hanya seorang diri. Karena Budiyanto sendiri menegaskan, saat penertiban lalu lintas di jalanan, pihak polisi selalu menempatkan beberapa personilnya, bahkan puluhan di satu titik.

Joseph kepergok oleh salah satu anggota Polda Metro Jaya. "Kemarin kita temukan polisi gadungan daripada saat anggota patroli rutin. Anggota juga sebenarnya lagi ada kegiatan rutin di sana kemudian anggota kaget kok ada polisi," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf.

Padahal melihat postur tubuh Joseph sendiri tak memungkinkan menjadi seorang polisi. Ya, tubuhnya yang tambun seperti itu. Perbuatan Joseph ini memang meresahkan para pengendara. Semoga tidak ada kasus seperti ini lagi ke depannya.

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI