Healing Nggak Harus Keluar Uang, 5 Hal Sederhana Ini Juga Bisa Kamu Lakukan

Kamis, 12 Mei 2022 15:47 Penulis: Wuri Anggarini
Healing Nggak Harus Keluar Uang, 5 Hal Sederhana Ini Juga Bisa Kamu Lakukan
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Kalau memperhatikan media sosial, kata ‘healing' lagi banyak jadi curhatan generasi zaman now. Setelah penat dengan kesibukan sehari-hari, berbagai kegiatan healing dilakukan biar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga. Ada yang healing dengan traveling, beberapa orang ada juga yang belanja barang favorit demi self-appreciation.

Tapi, healing nggak harus keluar duit kok. 5 kegiatan ini juga bisa dilakukan demi work and life balance. Apa saja sih?

Olahraga

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Tahu nggak sih kalau olahraga bisa jadi cara healing yang mudah dan murah? Yup, kegiatan fisik ini memicu produksi hormon endorfin yang membuat mood lebih baik dan bikin jadi lebih happy. Selain itu, olahraga juga menekan produksi hormon kortisol penyebab stres.

Jadi, saat merasa penat dari pekerjaan mulailah untuk menggerakkan tubuh. Pilih kegiatan olahraga yang kamu suka misalnya jogging, bersepeda, atau berenang. Rasakan sendiri efeknya pada fisik maupun mental.

Tingkatkan Mood Lewat Makanan Bergizi

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Nggak hanya sekadar bikin perut kenyang saja, ternyata makanan yang masuk ke dalam tubuh juga bisa menjadi proses healing yang menyenangkan. Pernah nggak sih merasa bahagia saat mengonsumsi makanan favoritmu? That's the power of food!

Selain itu, saat berada dalam kondisi sehat, ternyata bisa membuat seseorang berada dalam suasana hati yang baik. Jadi, penting untuk memperhatikan asupan makanan sehari-hari dan pastikan agar selalu bergizi ya.

Istirahat

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Tahukah kamu kalau proses healing yang sebenarnya didapatkan lewat istirahat? Yup, secara ilmiah, ketika tubuh beristirahat menjadi kesempatan untuk melakukan regenerasi sel.

So, pastikan untuk mendapatkan waktu istirahat berkualitas agar kamu bisa terbangun dalam kondisi tubuh yang segar keesokan harinya. Jika sudah berhasil merasakan hal ini, tandanya healingmu berhasil.

Digital Detox

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Notifikasi pekerjaan hingga postingan media sosial orang lain bisa jadi sumber stres terbesar, lho. Saat merasa membutuhkan healing, cobalah beri waktu pada diri sendiri untuk melakukan digital detox. Caranya adalah menjauh dari gadget.

Misalnya di malam hari sebelum tidur, daripada mengecek smartphone, lebih baik manfaatkan untuk membaca buku atau menulis jurnal harian. Biarpun sederhana, tapi kegiatan ini bisa jadi aktivitas healing yang ampuh.

Melakukan Hobi yang Disukai

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Last but not least, healing bisa dilakukan dengan melakukan hobi yang disukai, lho. Jadi, coba gali terlebih dulu apa hobi yang paling membuatmu merasa bahagia dan lakukanlah sebagai bagian dari proses healing. Misalnya saja berkebun, baking, bikin video cover lagu, dan sebagainya. Kebahagiaan melakukan hal yang disukai inilah yang bisa memberikan efek healing pada fisik dan mental.

Ternyata healing nggak harus keluar uang! Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk keseimbangan fisik dan mental. Mana yang jadi favoritmu, KLovers?

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI