Ide Kreatif Ridwan Kamil Siapkan Mobil Curhat Sebagai Sarana Konseling

Senin, 11 Desember 2017 19:00 Penulis: Tyssa Madelina
Ide Kreatif Ridwan Kamil Siapkan Mobil Curhat Sebagai Sarana Konseling
Layanan Program Kekasih. (Credit: Instagram/ridwankamil)

Kapanlagi Plus - Bagi Walikota Bandung, Ridwan Kamil, kesehatan tubuh tak hanya dari fisik saja, namun juga mental. Keprihatinannya terhadap berbagai kasus bunuh diri yang tengah marak saat ini, membuat pria yang akrab disapa Kang Emil ini menyiapkan sebuah sarana konseling bagi warga Bandung. Uniknya, tidak hanya gratis, ajang konsultasi tersebut juga dibawa keliling dalam bentuk mobil.

Program yang digagas oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung tersebut sudah launching mulai bulan September lalu. Namun, tampaknya Kang Emil masih sering mempromosikan fasilitas tersebut agar dapat digunakan secara maksimal oleh warga Bandung. Seperti yang ia ungkapkan dalam unggahan di akun Instagramnya (11/12/2017).

Para konselor terpilih merupakan orang yang ahli di bidangnya. (Credit: Instagram/ridwankamil)Para konselor terpilih merupakan orang yang ahli di bidangnya. (Credit: Instagram/ridwankamil)

Beberapa tenaga konselor yang dipilih untuk melayani warga adalah para mahasiswa maupun sarjana bimbingan konseling, psikologi, psikiater atau jurusan Ilmu Sosial Kemasyarakatan. Nantinya mereka bertugas untuk menampung keluhan warga terkait masalah pribadi. Tujuannya, agar memberi solusi terhadap permasalahan psikologis warga Bandung.

Program yang diberi nama KEKASIH (Kendaraan Konseling Silih Asih) ini bisa diakses oleh warga Bandung pada 1 Oktober mulai pukul 07.00-10.00 WIB di Taman Sejarah dan Taman Cikapayang Dago. Dengan mobil van keliling berwarna pink, nampaknya cukup mudah menemukan jasa konseling berjalan ini. Pemkot Bandung juga menyiapkan berbagai tenda dengan warna senada untuk menampung warga yang ingin melakukan konsultasi.

Layanan ini disediakan untuk seluruh warga Bandung. (Credit: Instagram/ridwankamil)Layanan ini disediakan untuk seluruh warga Bandung. (Credit: Instagram/ridwankamil)

Tak hanya melayani sesi konsultasi mengenai bullying, program KEKASIH juga mengatasi berbagai masalah seperti kekerasan dalam rumah tangga, mencari jurusan sekolah hingga mengatasi ketergantungan merokok. Dengan menawarkan solusi mengenai berbagai permasalahan, tampaknya program tersebut akan menyedot animo masyarakat yang cukup besar. Pasalnya, program KEKASIH tidak hanya ditujukan pada segelintir masyarakat saja, namun juga secara keseluruhan.

Melalui program ini, Ridwan Kamil berharap agar warganya dapat bahagia baik secara lahir maupun batin. Ia menyebut program KEKASIH adalah sebuah terjemahan filosofis tentang memanusiakan manusia. Wah, inspiratif sekali ya, KLovers!

(kpl/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI