Ini Bukti Anies Baswedan Bukan Orang Yang Mudah Menerima Suap

Minggu, 22 Januari 2017 01:16 Penulis: Iwan Tantomi
Ini Bukti Anies Baswedan Bukan Orang Yang Mudah Menerima Suap
© merdeka.com/ Imam Buhori

Kapanlagi Plus - Nama Anies Baswedan memang melambung belakangan. Bukan sekadar karena dia mendaftar sebagai calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, jauh sebelum itu Anies dikenal sebagai akademisi yang menentang adanya praktik korupsi.

Menurut Anies, korupsi hanya akan membuat janji kesejahteraan terhambat untuk dilunasi. Atas dasar itu juga Anies gencar mendirikan Gerakan Anti Korupsi. Sampai-sampai dirinya beberapa kali bergabung menjadi aktivis anti korupsi atas undangan Komosi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal tersebut menjadi bukti bila Anies memang bukan termasuk orang yang mudah menerima suap. Selain itu, bukti lain yang meneguhkannya sebagai orang yang anti suap adalah dipilihnya Anies sebagai anggota Tim 8 KPK yang dikepalai Adnan Buyung Nasution.

Karena hal itu juga, pada 2013 Anies diangkat menjadi Ketua Komite Etik KPK. Tugas Anies waktu itu untuk memeriksa bocornya surat perintah penyidikan (sprindik) kasus korupsi proyek Hambalang yang menjerat Anas Urbaningrum.

Lantas, bukti lain yang tak kalah melejitkan Anies sebagai orang yang bebas korupsi adalah saat dirinya mendapatkan Anugerah Integritas Nasional dari Komunitas Pengusaha Antisuap (Kupas). Anies terpilih bersama beberapa tokoh lain seperti Komaruddin Hidayat, Abraham Samad dan juga Mahfud MD.

(kpl/tmi)

Editor:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI