Ini Lho Serunya Pilih Bus untuk Kembali ke Kota Asal Usai Liburan Natal dan Tahun Baru

Minggu, 05 Januari 2020 09:00 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Ini Lho Serunya Pilih Bus untuk Kembali ke Kota Asal Usai Liburan Natal dan Tahun Baru
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Libur Nataru alias Natal dan Tahun Baru sebentar lagi akan berakhir. Usai menghabiskan liburan panjang, kini saatnya kembali ke kota asal untuk mempersiapkan diri menjalani rutinitas harian. Sayangnya, kebanyakan orang memikirkan waktu kepulangan yang sama dan membuat arus balik mencapai puncaknya. Akibatnya, kemacetan lalu lintas pun terkadang nggak bisa dihindari dan bikin kamu terjebak di jalan lebih lama.

Daripada capek-capek menyetir apalagi kalau sampai terjebak kemacetan saat menempuh perjalanan jarak jauh, nggak ada salahnya mempertimbangkan alternatif transportasi yang tak kalah nyaman dan aman. Bus bisa jadi alternatif transportasi yang tawarkan beberapa kelebihan saat balik ke kota asal.

Inilah sejumlah alasan mengapa kamu layak mempertimbangkan naik bus saat kembali dari liburan panjang.

Harga tiket yang terjangkau

Liburan Natal dan Tahun Baru memang termasuk ke dalam high season. Nggak heran kalau tarif penginapan maupun tiket wisata cenderung lebih tinggi, tak kecuali moda transportasi umum. Untungnya, harga tiket bus relatif stabil dibandingkan transportasi lainnya.

Ada pilihan kelas yang dapat disesuaikan dengan kantong, misalnya untuk kamu yang punya dana terbatas bisa menggunakan kelas ekonomi. Sebaliknya, buat yang mencari kenyamanan selama perjalanan kembali ke kota asal bisa memilih executive class dengan berbagai fasilitas wah, tentunya dengan tarif yang sedikit lebih ekstra.

Jangkauan lebih luas

Berbeda dengan kereta api yang hanya bisa berhenti di stasiun atau pesawat terbang yang mendarat di bandara, kamu bisa menjangkau area yang lebih luas dengan menaiki bus. Apalagi kini banyak jalan dan tol baru yang dapat memangkas waktu perjalanan dan lebih nyaman menuju kota asal.

Nah, kalau rumahmu berada dalam rute bus, tinggal minta untuk berhenti di spot terdekat. Jadi lebih irit karena nggak harus menggunakan moda transportasi lanjutan untuk sampai ke rumah.

Fasilitas yang makin lengkap

Masih menganggap naik bus itu rugi karena minim fasilitas? Kini banyak PO bus yang memberikan fasilitas istimewa dan lengkap buat para penumpangnya. Mulai dari bantal dan selimut untuk menempuh perjalanan jauh, free WiFi yang bikin perjalananmu jauh dari kata bosan, toilet yang terjaga bersih hingga fasilitas makan malam biar nggak kelaparan saat menempuh perjalanan jauh.

Bahkan kini ada beberapa bus yang menawarkan fasilitas mewah seperti tempat tidur tingkat, kursi yang lebih nyaman hingga hiburan gratis seperti film hingga karaoke. Nggak kalah oke dengan moda transportasi umum lainnya, kan?

Bisa menikmati pemandangan

Kebanyakan orang enggan menggunakan bus sebagai sarana transportasi kembali ke kota asal karena memerlukan waktu yang lebih lama. Padahal, ada sisi positif yang bisa didapat saat melakukan perjalanan menggunakan bus.

Daripada dianggap sebagai pemicu bad mood, anggap saja kamu memperpanjang liburanmu dengan bebas menikmati pemandangan selama perjalanan. Bus akan membawamu melihat kota-kota kecil, desa yang masih asli, hingga alam hijau yang asri. Cocok banget buat dinikmati bareng alunan musik yang didengarkan menggunakan earphone atau jepret-jepret dengan ponselmu untuk dipamerkan di media sosialmu.

Arus balik yang padat nggak harus jadi momok saat akan kembali ke kota asal. Buat yang memutuskan menggunakan bus, jangan lupa pesan online tiketnya di sini. Yup, kini kamu nggak perlu buru-buru ke terminal atau capek antre di loket. Cukup buka website atau Traveloka App untuk memesan tiket bus. Tinggal 3P (Pilih, Pesan, dan Pergi) aja tanpa perlu repot!

Traveloka yang bekerja sama dengan berbagai operator bus tepercaya Tanah Air ini memberikan informasi lengkap yang membantumu membuat keputusan. Mulai dari jadwal bus dan rute, titik keberangkatan dan turun, biaya tiket, hingga pilihan fasilitas yang ditawarkan.

Semudah belanja online, cukup manfaatkan gawai untuk memesan tiket bus yang diinginkan lalu lakukan pembayaran. Bisa dilakukan melalui transfer bank, kartu kredit, internet banking hingga bayar tunai di minimarket terdekat.

Buat yang kesulitan melakukan pemesanan tiket bus, tak perlu panik. Langsung saja manfaatkan layanan Customer Service yang siap membantu menjawab pertanyaan dan keluhan selama 24 jam penuh via telepon, chat atau kirim pesan melalui Traveloka App.

Tunggu apalagi, cukup pilih, pesan dan pergi ke kota asal usai liburan panjang tanpa terhambat kemacetan arus balik. Cukup lakukan pemesanan tiket bus via Traveloka kapan saja dan di mana pun.

Yuk, nikmati kemudahan dan kenyamanan rencanakan perjalananmu bersama Traveloka!

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI