Inspirasi Ide Startup yang Jadi Tren di Tahun 2018, Penasaran?

Selasa, 28 Agustus 2018 07:05 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Inspirasi Ide Startup yang Jadi Tren di Tahun 2018, Penasaran?
(c) pexels

Kapanlagi Plus - Di tahun keempat penyelenggaraannya, The NextDev terus menjaring banyak sekali startup di Indonesia, bukan hanya yang bermodal ide unik dan inovatif, tapi juga mampu menghadirkan perubahan baik di tengah masyarakat. Sebagai platform early stage startup terbaik, The NextDev 2018 senantiasa menjunjung komitmen memberi kesempatan seluas-luasnya bagi startup untuk berkembang.

Ingin mengikuti ajang startup terbesar di Indonesia ini tapi masih bingung mencari ide bisnis? Yuk, intip beberapa konsep startup yang jadi tren di tahun 2018 berikut ini.

Bisnis Kuliner

Ide bisnis yang satu ini seakan tidak pernah kehilangan peminat. Peluang pasarnya yang masih sangat luas memang menggoda untuk diolah menjadi bisnis startup. Bukan hanya sebagai market place restoran, tapi akan ada banyak layanan terbaru yang dapat memanjakan para pecinta kuliner. Mulai dari bisnis katering, pengiriman makanan, hingga pembuatan oleh-oleh khas yang unik.

Penggunaan Artificial Intelligence

Menurut Forbes, tren penggunaan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan mulai meningkat di tahun 2016. Apalagi membaca pola data statistik dan behaviour konsumen, penggunaan AI pun akan semakin banyak dipakai oleh startup. Bahkan potensinya akan meningkat menjadi 68 persen di tahun 2018 dan diprediksi jadi tren yang luar biasa di dunia startup.

E-Learning

Perkembangan teknologi telah memudahkan berbagai aktivitas, termasuk proses belajar-mengajar yang kini tidak hanya dilakukan di dalam kelas. Terlihat dari bermunculannya startup edutech seperti RuangGuru atau Kelase, ide membangun perusahaan rintisan yang bergerak di bidang e-Learning bisa jadi pilihan yang tepat. Selain peluangnya yang masih terbuka lebar, gagasan ini sarat akan nilai sosial yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Bisnis Video dan Fotografi

Walau banyak pelaku bisnis video dan fotografi, namun peluang sukses masih terbuka lebar. Apalagi saat ini, media sosial melahirkan banyak influencer yang membutuhkan tenaga fotografer maupun video editor profesional. Selain itu, ide membangun startup yang bergerak di bidang ini juga masih banyak dicari oleh korporasi maupun pihak lain untuk kebutuhan promosi.

Logistik

Kemunculan berbagai e-Commerce rupanya memicu pertumbuhan startup lain yang fokus menggarap pasar logistik. Tantangan utama yang sering dihadapi adalah luasnya kawasan yang dijangkau dan memberikan pelayanan pada konsumen. Agar tampil menonjol, gunakan teknologi sebagai inovasi terbaru dan terbaik untuk mengatasi berbagai kendala.

Jual-Beli Barang Bekas secara Online

Jika dulu banyak orang yang gengsi membeli barang bekas, kini tren belanja mulai berubah. Kini masyarakat membutuhkan platform lengkap untuk menjual dan membeli barang bekas berkualitas. Tidak heran jika layanan e-Commerce hingga market place terus bermunculan dengan mengusung keunggulannya masing-masing.

Ada banyak gagasan cemerlang yang bisa kamu angkat menjadi isu startup. Beragam informasinya bisa kamu temukan di sini. Jangan ragu untuk segera submit ide startup-mu ke www.thenextdev.id karena The NextDev 2018 akan mengunjungi beberapa kota besar di tanah air. Misalnya, Batam (Juli), Samarinda (Agustus), Yogyakarta (September), dan Jakarta (Oktober). Segera matangkan konsepmu dan ikuti ajang startup terbesar di Indonesia ini.

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI