Jadi Kota Pertama yang Disambangi, Begini Keseruan Collabonation Creative City Makassar

Rabu, 22 Desember 2021 09:50 Penulis: Iwan Tantomi
Jadi Kota Pertama yang Disambangi, Begini Keseruan Collabonation Creative City Makassar
Collabonation Creative City Makassar

Kapanlagi Plus - Ada yang bilang jika segala hal yang dilakukan bersama-sama hasilnya lebih nyata. Prinsip berkolaborasi inilah yang belakangan juga dibutuhkan banyak anak muda bertalenta di Indonesia, agar lebih bersemangat dalam berkarya. Untungnya hal tersebut nggak lagi sekadar mimpi, karena IM3 Ooredoo sudah lama mewujudkannya melalui Collabonation.

Bahkan, Collabonation telah menunjukan hasil kolaborasi dari sebuah brand, musisi, hingga seniman yang mempersembahkan berbagai karya kolaborasi. Mulai dari musik, series dokumenter, film pendek, hingga hasil kolaborasi multi-disiplin seperti seni rupa, tari, dan teater. Demi memberikan kesempatan kolaborasi yang lebih luas kepada insan-insan muda di seluruh tanah air, Collabonation menyambangi kota-kota di Indonesia.

Perluas Kesempatan Kolaborasi Lewat Collabonation Creative City

Nggak hanya berfokus pada kolaborasi antara musisi dan seniman, Collabonation akan bergerak memberikan dan memperluas lagi kesempatan kolaborasi. Hal ini diwujudkan dengan melibatkan para generasi muda khususnya komunitas di berbagai kota di Indonesia yang memiliki passion terhadap musik dan seni. Mereka akan dirangkul dalam satu wadah bernama Collabonation Creative City.

Kegiatan tersebut menjadi sebuah gerakan yang akan membuka ruang kolaborasi dengan cara membekali, memperkaya, serta memampukan musisi dan komunitas-komunitas seni. Selain itu, Collabonation Creative City juga menggandeng para peminat seni dari kalangan umum di berbagai kota di Indonesia untuk dapat menyalurkan bakat, memperluas kreasi, hingga membawa mereka melangkah lebih jauh lagi dalam berkarya.

Lebih lanjut, Collabonation Creative City akan memberikan mentoring kreatif beberapa bidang seni, music, dan menyediakan tempat untuk berekspresi dalam menunjukkan bakat mereka. Di kegiatan ini, IM3 Ooredoo mengajak berbagai komunitas dan individu untuk melebur dan berkarya bersama para ahli dalam industri musik dan kreatif.

Pilih Makassar Sebagai Kota Pertama yang Disambangi

Kabar baiknya, Makassar menjadi kota pertama yang disambangi kegiatan Collabonation Creative City pada 15-17 November 2021 lalu. Selama 3 hari, rangkaian acara Collabonation Creative City Makassar meliputi mentoring & creative sessions, music production, dan Video clip production bersama Iga Massardi (Musisi/Vokalis Barasuara), Anton Ismael (Photographer Senior), Lafa Pratomo (Music Producer), dan Kiki Aulia Ucup (Music Festival Creator).

Para mentor berkompeten dari berbagai bidang tersebut membagikan ilmu di sebuah creative session yang berfokus pada tema “Membangun Fundamental Band”. Di mana Iga Massardi berbagi ilmu tentang bagaimana langkah-langkah menulis lagu dan merangkai semua elemennya. Kemudian, dilanjutkan dengan membahas bahwa “You Are a Producer”, yang menekankan jika kita semua bisa menjadi produser musik, tanpa harus memiliki studio.

Kegiatan tersebut juga membahas tentang Video Musik dari Lirik ke Visual, khususnya tentang penerjemahan konsep musik, ke dalam bentuk visual bersama Anton Ismael. Lebih serunya lagi, acara ini juga melibatkan band lokal asal Makassar, Kapal Udara, yang menjadi studi kasus dari workshop ini.

Bagi yang penasaran, keseruan Collabonation Creative City Makassar sudah dapat ditonton di YouTube IM3 Ooredoo atau langsung klik di sini.

Collabonation Creative City MakassarCollabonation Creative City Makassar



Keberhasilan Collabonation Creative City di Makassar pun menjadi bukti jika program ini dapat menjadi tempat melebur individu atau komunitas yang ingin berkarya melalui kolaborasi. Potensi di berbagai daerah di Indonesia juga semakin terbuka, sehingga insan-insan muda berbakat di berbagai daerah lebih mampu berkolaborasi dan membawa aksi mereka, agar bisa menjangkau lebih banyak audience di era digital.

 

 

 

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI