Jalan Gubeng Surabaya Ambles, Tim Khusus Akan Dibentuk Untuk Selidiki Penyebabnya

Rabu, 19 Desember 2018 21:31 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Jalan Gubeng Surabaya Ambles, Tim Khusus Akan Dibentuk Untuk Selidiki Penyebabnya
Jalan Surabaya Ambles © Twitter Sutopo_PN

Kapanlagi Plus - Surabaya mendadak heboh setelah jalan Gubeng tiba-tiba saja ambles, beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Jalan protokol tersebut ambles pada hari Selasa (18/12) sekiranya pukul 21.30.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan jika pihaknya akan membentuk tim independen untuk menyelidiki amblesnya jalan ini. Sebelumnya, muncul dugaan jika amblesnya jalan tersebut terkait proyek di sekitar lokasi.

"Ke depan, membentuk tim independen untuk menyelidiki," kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Rabu (19/12) seperti dilansir Liputan 6.

Jalan Surabaya Ambles © Twitter Sutopo_PNJalan Surabaya Ambles © Twitter Sutopo_PN

Pemerintah Kota Surabaya juga diminta untuk segera mengevaluasi proses perizinan dan mekanisme pelaksanaan terhadap konstruksi proyek. "Audit forensik terkait berbagai proyek sekitar lokasi kejadian bencana yang berpeluang menjadi pemicu terjadinya musibah," ujarnya lagi.

Sementera itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan memprioritaskan Jalan Raya Gubengsupaya bisa kembali berfungsi.

"Kami sudah punya Komite Keselamatan Konstruksi, kalau ada kecelakaan ini mirip KNKT seperti di pesawat dan untuk sanksi kami menunggu rekomendasi komite, pasti harus ada yang tanggung jawab, tetapi utamanya memfungsikan jalan lebih dulu," ujar Basuki.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI