Jangan Asal, Ini 8 Tips Bercukur Agar Aman dan Hasilnya Maksimal

Senin, 16 November 2020 19:22 Penulis: Puput Saputro
Jangan Asal, Ini 8 Tips Bercukur Agar Aman dan Hasilnya Maksimal
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Menjaga penampilan kini tidak saja dilakukan oleh kaum hawa saja, melainkan laki-laki pun juga melakukannya. Bercukur jadi salah satu cara yang dilakukan laki-laki untuk menjaga penampilannya. Biasanya, laki-laki akan mencukur rambut bagian wajahnya secara rutin. Meski jadi kegiatan yang umum, nyatanya bercukur tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa tips agar bercukur bisa aman dan maksimal.

Meski identik dilakukan oleh laki-laki, nyatanya beberapa wanita juga kerap bercukur. Pasalnya, bercukur tidak hanya dilakukan pada rambut di area wajah seperti kumis dan brewok saja. Bercukur juga umum dilakukan untuk rambut di bagian tubuh lain, seperti di ketiak atau kaki.

Bercukur tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika asal-asalan, kulit bisa jadi terluka bahkan iritasi. Disadur dari merdeka.com, berikut beberapa tips bercukur agar aman dan maksimal.

 

1. Bersihkan Wajah

Saat hendak mencukur rambut di area wajah, dianjurkan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Kalian bisa mencuci muka dengan menggunakan sabun wajah. Sebaiknya, mencuci wajah dilakukan di malam hari sebelum bercukur di pagi hari. Hal ini berfungsi untuk menyiasati benjolan dan rambut tumbuh di permukaan kulit. Sebab, benjolan dan rambut ini bisa menghalangi kegiatan bercukur.

 

2. Mandi Terlebih Dahulu

Selain mencuci wajah, sebelum bercukur kalian juga bisa mandi terlebih dahulu. Mandi akan membuat kelembapan dan kehangatan kulit serta rambut terjaga. Dengan melakukan tips ini, bercukur akan lebih mudah dilakukan.

 

3. Pakai Shaving Cream

Untuk menghindari iritasi kulit, saat bercukur kalian bisa menggunakan shaving cream atau krim khusus untuk bercukur. Pemakaian krim ini akan membuat kulit lebih lembap dan lembut. Sehingga, gesekan pisau cukur tidak akan menimbulkan luka dan iritasi.

 

4. Jangan Pakai Alkohol dan Antiseptik

Beberapa laki-laki menggunakan alkohol dan antiseptik saat bercukur. Padahal hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena justru bisa memicu iritasi. Alkohol dan antiseptik terlalu keras, saat bercukur sebaiknya gunakan bahan yang alami, ringan, dan menenangkan kulit.

 

5. Kenali Arah Tumbuh Rambut

Sebelum mulai bercukur kalian harus mengetahui arah tumbuhnya rambut. Bercukur dengan arah yang berlawanan dari arah tumbuhnya rambut bisa meningkatkan peluang munculnya benjolan dan rambut tumbuh ke dalam. Jadi, bercukurlah searah dengan arah tumbuhnya rambut.

 

6. Lakukan Secara Perlahan

Agar aman dan maksimal, sebaiknya bercukur dilakukan secara perlahan. Lakukan gerakan yang konstan. Cukup pendek-pendek namun konsisten untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

 

7. Jangan Menekan Pisau Cukur

Tips bercukur berikutnya yaitu, jangan terlalu menekan pisau cukur. Hal ini bertujuan untuk menghindari timbulnya luka dan iritasi. Sayangnya, banyak orang melakukan ini dengan maksud agar hasil lebih maksimal. Padahal ini justru bisa membahayakan kondisi kulit kalian.

 

8. Cuci Pisau Cukur

Yang tak kalah penting, jangan pernah lupa untuk mencuci pisau cukur secara rutin setelah digunakan. Mencuci pisau cukur akan membantu menjaga keawetan dan ketajaman pisau cukur.

Itulah di antaranya beberapa tips bercukur. Semoga bermanfaat!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI