Jangan Sembarangan, Ini 6 Makanan yang Sebaiknya Dikurangi Bagi Penderita Nyeri Sendi

Jum'at, 18 September 2020 15:22 Penulis: Dhia Amira
Jangan Sembarangan, Ini 6 Makanan yang Sebaiknya Dikurangi Bagi Penderita Nyeri Sendi
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Nyeri sendi merupakan sebuah penyakit yang bukan hanya di derita oleh lansia saja, tetapi yang muda juga bisa terkena nyeri sendi. Tentu saja bukan hanya aktivitas saja yang harus diperhatikan, ada pula makanan yang sebaiknya dikurangi konsumsinya bagi penderita nyeri sendi.

Karena makanan juga dapat mempengaruhi kesembuhan dari nyeri sendi tersebut. Untuk itulah mengetahui makanan yang baik bagi penderita nyeri sendi adalah salah satu hal yang penting untuk kesembuhan. Kira-kira apa saja ya makanan yang dilarang tersebut? Yuk langsung saja dicek.

 

1. Makanan dan Minuman Manis

Makanan yang dikurangi konsumsinya bagi penderita nyeri sendi yaitu makanan dan minuman manis. Makanan dan minuman manis seperti soda, teh manis, permen, atau cake coba batasi konsumsinya.

Hal ini karena makanan manis memicu pelepasan sitokin, yaitu protein kecil yang membawa sinyal peradangan dalam tubuh. Akibatnya, reaksi peradangan akan terjadi dan membuat persendian kita yang tegang jadi semakin lemah.

2. Mengandung Banyak Garam

Selanjutnya makanan yang dikurangi konsumsinya yaitu makanan yang mengandung banyak garam. Yup! ternyata makanan ini mengandung banyak natrium sehingga jadi pantangan untuk penderita osteoarthritis.

Hal ini karena kadar natrium yang tinggi menyebabkan sel-sel tubuh menahan air. Pembengkakan pada sendi akan semakin besar dan risiko rusaknya sendi akan semakin meningkat.

3. Susu

Siapa bilang susu dapat menyembuhkan penyakit nyeri sendi? Ternyata susu malah dapat meningkatkan peradangan dan memicu rasa nyeri pada sendi loh. Itulah mengapa kalian harus memperhatikan makanan yang mengandung olahan susu.

Tapi tidak semua dapat merasakan hal tersebut ya KLovers, hanya beberapa orang saja yang dapat mengalami hal tersebut. Bila saat kalian mengonsumsi olahan susu, dan sakit pada sendi bertambah parah maka langsung menghindari olahan susu.

4. Asam Lemak Omega 6

Tidak semua makanan sehat baik untuk dikonsumsi, salah satunya yaitu asam lemak omega 6 yang wajib dihindari oleh kalian yang menderita sakit nyeri sendi. Hal ini karena asam lemak omega 6 berperan untuk pembentukan sel dan mencegah peradangan.

Jadi bila kadarnya berlebihan, maka asam lemak omega 6 tersebut malah membuat peradangan jadi semakin memburuk. Asam lemak omega 6 tersebut seperti kuning telur dan daging merah.

5. Sayuran Nightshade

Ternyata tidak semua sayuran dapat dikonsumsi loh bagi penderita nyeri sendi, dan salah satunya yaitu kelompok sayuran nightshade. Sayuran nightshade ini merupakan sayuran yang terdiri dari kentang, tomat, terong, paprika, dan ubi jalar.

Hal ini karena dalam sayuran nightshade terdapat kandungan alkaloid yang disebut solanin. Dan kandungan inilah yang dapat meningkatkan nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis atau rematik kambuh.

6. Makanan Cepat Saji

Dan makanan terakhir yang dikurangi konsumsinya bagi penderita nyeri sendi yaitu ada makanan cepat saji, atau junkfood. Hal ini karena minyak atau margarin yang dipakai untuk menggoreng ataupun dalam makanan cepat saji dapat berubah menjadi lemak trans.

Dan asupan lemak trans yang berlebihan diketahui dapat memicu peradangan dalam tubuh sehingga membuat nyeri sendi bisa kambuh. Sehingga mengurangi makanan junkfood atau yang mengandung lemak trans perlu dan wajib dihindari.

Itulah 6 makanan yang perlu dikurangi atau dihindari bila kalian mengalami sakit nyeri sendi. Hal ini karena makanan tersebut dapat membuat sakit nyeri semakin parah.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI