Perlu Dihindari, Ini 8 Makanan Penyebab Perut Kembung yang Bisa Ganggu Aktivitas

Jum'at, 18 September 2020 17:11 Penulis: Puput Saputro
Perlu Dihindari, Ini 8 Makanan Penyebab Perut Kembung yang Bisa Ganggu Aktivitas
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Perut kembung jadi salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Saat mengalami kembung, dalam perut akan terdapat banyak gas atau cairan. Dengan begitu, perut terasa tidak nyaman dan bisa berakibat pada terganggunya aktivitas. Perut kembung bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya oleh makanan penyebab perut kembung.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang menyebabkan perut kembung. Sebab, ternyata makanan yang bisa menyebabkan perut kembung ini biasa kita konsumsi sehari-hari. Dengan mengurangi konsumsi makanan tersebut, artinya kita akan mencegah terjadinya perut kembung.

Lantas, apa sajakah makanan penyebab perut kembung? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ulasannya.

 

1. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya selama ini dikenal sebagai salah satu makanan bergizi karena kaya akan protein dan kalsium. Namun, ternyata mengonsumsi secara berlebihan juga bisa menimbulkan masalah kesehatan, salah satunya bisa mengakibatkan perut kembung.

Susu dan produk olahannya, seperti keju, krim keju, yogurt, dan mentega mempunyai kandungan laktosa. Padahal dilansir dari healthline.com, sekitar 75% populasi manusia mengalami kondisi intoleransi laktosa. Kondisi ini berakibat pada masalah pencernaan, termasuk perut kembung dan diare.

2. Makanan Berlemak

Salah satu makanan penyebab perut kembung lainnya, ialah makanan-makanan berlemak. Jenis makanan berlemak memang dikenal tidak baik untuk kesehatan. Makanan berlemak termasuk jenis makanan yang sulit dicerna sistem pencernaan. Bahkan, di lambung makanan berlemak bisa menyisakan karbohidrat dan protein. Hal inilah yang kemudian memicu perut kembung.

3. Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau yang disebut juga minuman berkarbonasi menjadi salah satu penyebab perut kembung yang sangat umum. Minuman bersoda mengandung karbon dioksida dalam jumlah tinggi dalam bentuk gas.

Artinya, saat mengonsumsinya secara tidak langsung kita juga mengonsumsi banyak gas karbon dioksida. Gas karbon dioksida yang terperangkap di sistem pencernaan inilah yang kemudian menyebabkan perut kembung.

4. Kacang-Kacangan

Sama seperti susu, kacang-kacangan selama ini dikenal sebagai makanan yang menyehatkan. Kacang-kacangan mengandung banyak protein, karbohidrat, serat, serta beberapa vitamin, dan mineral.Dilansir dari healthline.com, sebagian besar kacang mengandung gula yang disebut alpha-galactosides, yang termasuk dalam kelompok karbohidrat yang disebut fodmap.

Fodmap merupakan karbohidrat rantai pendek yang lolos dari sistem pencernaan, lalu difermentasi oleh bakteri dalam usus besar. Proses fermentasi ini kemudian menghasilkan gas yang membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman.

5. Apel

Buah apel selama ini jadi favorit banyak orang. Rasanya yang manis dan menyegarkan memang selalu nikmat disantap setiap saat. Tak hanya enak, apel juga kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan. Sayangnya, apel juga termasuk makanan penyebab perut kembung. Apel mengandung senyawa fruktosa yang juga bisa menimbulkan efek fermentasi di usus besar, sehingga juga menghasilkan gas dan mengakibatkan kembung.

6. Brokoli

Siapa sangka brokoli yang selama ini dikenal sebagai sayuran sehat juga bisa menimbulkan masalah pencernaan. Sama seperti apel dan kacang-kacangan, brokoli juga mengandung fodmap yang bisa difermentasi menjadi gas yang mengakibatkan perut kembung.

Namun jangan khawatir, kalian tetap bisa mengonsumsi brokoli asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Selain itu, dianjurkan untuk memasaknya hingga matang. Karena dengan begitu brokoli dan kandungan di dalamnya akan lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

7. Bawang Bombai

Bawang-bawangan baik bawang merah, bawang putih, maupun bawang bombai seolah jadi bumbu wajib di setiap masakan. Tak banyak yang tahu, ternyata bawang juga termasuk jenis makanan penyebab perut kembung.
Terutama jenis bawang bombai yang mengandung cukup tinggi fruktan. Fruktan merupakan serat larut yang bisa menyebabkan kembung. Memasak sampai matang bisa jadi solusi untuk mengurangi efek kembung yang bisa ditimbulkan kandungan fruktan dalam bawang bombai.

8. Gandum

Selama ini gandum dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat. Gandum banyak dikonsumsi dengan diolah menjadi roti hingga pasta. Sayangnya, gandum juga bisa jadi makanan yang bisa menimbulkan masalah pencernaan seperti perut kembung. Terlebih, bagi orang yang mengalami penyakit celiac atau sensitivitas gluten.

Sebab, sebagaimana yang kita tahu, gandum merupakan sumber karbohidrat yang mengandung cukup tinggi gluten. Selain itu, gandum juga mengandung fodmap yang bisa menimbulkan efek gas di dalam pencernaan.

Nah, itulah beberapa makanan penyebab perut kembung. Jadi, batasi jumlah konsumsinya agar kalian terhindar dari perut kembung!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI