Jangan Dibuang, 6 Kulit Buah Ini Ternyata Bisa Dipakai untuk Perawatan Kecantikan

Kamis, 17 September 2020 15:22 Penulis: Puput Saputro
Jangan Dibuang, 6 Kulit Buah Ini Ternyata Bisa Dipakai untuk Perawatan Kecantikan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Buah selama ini jadi salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Pasalnya, buah banyak mengandung vitamin dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi buah dipercaya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun ternyata, tak hanya daging buahnya saja. Sebab, ternyata ada beberapa jenis kulit buah bisa untuk perawatan kecantikan.

Artinya kulit buah bisa dimanfaatkan sebagai produk perawatan kecantikan yang praktis dan ekonomis. Selain itu, karena berasal dari bahan alami, perawatan kecantikan dengan kulit buah juga akan relatif lebih aman. Namun, tentunya tidak semua kulit buah bisa digunakan untuk perawatan. Sebab, semua bergantung pada kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis kulit buah bisa untuk perawatan kecantikan.

 

1. Pisang

Pisang jadi salah satu buah favorit banyak orang. Buah bertekstur lembut ini sering dijadikan pencuci mulut setelah menyantap makan besar. Meskipun sering dikonsumsi, sepertinya belum banyak orang yang tahu bahwa pisang mempunyai kulit buah bisa untuk perawatan kecantikan.

Untuk kecantikan, kulit pisang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan, seperti kutil dan jerawat. Selain itu, kulit pisang juga berguna untuk melembabkan kulit. Cara menggunakan kulit pisang untuk kecantikan juga sangatlah mudah, kalian cukup menempelkan atau mengusapkan bagian dalam kulit pisang ke area kulit yang bermasalah.

Tak hanya baik untuk kulit, bagian kulit pisang juga dipercaya bisa berkhasiat untuk memutihkan gigi. Caranya sama, kalian cukup menggosokkan bagian dalam kulit pisang ke gigi. Lakukan sama seperti saat menggosok gigi dengan sikat gigi dan odol.

2. Lemon

Kulit buah bisa untuk perawatan kecantikan selanjutnya ialah lemon. Lemon dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Dalam kecantikan, vitamin C bisa berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Kalian bisa langsung menempelkan kulit lemon ke area wajah atau kulit.

Namun, perlu diketahui kulit lemon mempunyai pH yang cukup tinggi. Sehingga, akan sangat bisa berisiko menimbulkan iritasi bagi kulit yang sensitif. Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikannya ke kulit wajah, sebaiknya coba dulu di bagian kulit tangan.

3. Semangka

Buah semangka yang rasanya manis ternyata tak hanya nikmat disantap saat panas terik. Kulit buahnya yang bagian dalam berwarna putih juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Hal ini dikarenakan, bagian kulit yang berwarna putih tersebut mengandung berbagai senyawa seperti likopen, flavonoid, dan antioksidan. Sebagaimana yang kita tahu, antioksidan sangat berguna untuk menangkal radikal bebas.

Bagian kulit semangka yang berwarna putih tersebut bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah alami. Kandungan-kandungan yang ada di dalamnya dipercaya bisa mencegah tanda-tanda penuaan seperti kulit keriput dan flek hitam. Di samping itu, masker kulit semangka juga berguna untuk mengurangi minyak berlebih.

4. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai salah satu jenis buah yang sangat bernutrisi. Alpukat mengandung cukup tinggi lemak baik yang bermanfaat untuk wajah juga rambut. Dalam kulit buah alpukat juga terkandung antioksidan. Sama seperti yang terdapat dalam kulit semangka, antioksidan di kulit alpukat juga berkhasiat mencegah penuaan dini.

Cara pakai kulit alpukat untuk perawatan wajah juga sangatlah mudah. Kalian cukup menggosokkan bagian dalam kulit alpukat ke kulit atau wajah. Jika sudah diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas sampai bersih. Namun perlu diketahui, untuk memanfaatkannya kalian perlu menyertakan sedikit bagian daging buah di kulit alpukat. Sebab, pada bagian daging itulah kandungan lemak baik banyak terdapat.

5. Pepaya

Bagi kalian yang mempunyai masalah dengan bekas jerawat atau noda membandel di bagian wajah, kalian bisa memanfaatkan kulit pepaya. Pasalnya, buah ini juga mempunyai kulit buah bisa untuk perawatan kecantikan.

Caranya juga sangatlah praktis. Kalian hanya perlu menggosokkan bagian dalam kulit pepaya ke area wajah atau khususnya yang terdapat bekas jerawat. Jika sudah, diamkan beberapa saat hingga mengering, kemudian bilas sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan secara berulang.

6. Manggis

Selama ini kulit manggis dikenal sebagai salah satu obat alami untuk banyak penyakit. Siapa sangka, ternyata manggis juga mempunyai kulit buah bisa untuk perawatan kecantikan. Kulit manggis dipercaya bisa membantu mengencangkan kulit.

Berbeda dengan kulit buah lainnya, untuk mendapatkan manfaat kulit manggis untuk kecantikan, kalian harus mengolahnya terlebih dahulu. Kalian bisa mengeringkannya lalu merebusnya. Atau bisa juga membuatnya menjadi jus. Konsumsi secara teratur untuk mendapat hasil yang maksimal.

Itulah sederet kulit buah bisa untuk perawatan kecantikan. Jadi, saat mengonsumsi buah-buah di atas, jangan langsung buang kulit buahnya ya!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI