Jenazah Sutopo Purwo Nugroho Tiba Malam Ini di Jakarta

Minggu, 07 Juli 2019 17:48 Penulis: Rezka Aulia
Jenazah Sutopo Purwo Nugroho Tiba Malam Ini di Jakarta
© AFP


Kapanlagi Plus - Kepergian Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho cukup mengejutkan. Sutopo meninggal pada Minggu, 7 Juli 2019 dalam perawatan melawan kanker paru di Guangzhou, China. Kini proses pemulangan jenazah mendiang Sutopo tengah dilakukan.

Bila tak ada aral melintang, jenazah Sutopo akan sampai di Jakarta malam ini juga. Informasi ini disampaikan oleh Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri.

"Menginformasikan bahwa jenazah almarhum Pak Sutopo sudah persiapan akhir berangkat menuju Tanah Air," tutur Retno dalam keterangannya yang dilansir dari Liputan6.com, Minggu (7/7/2019).

1. Persiapan

Menurut Retno, pengurusan kepulangan Sutopo Purwo Nugroho di rumah sakit dan otoritas China, secara administrasi berjalan lancar. Dia akan didampingi oleh Konjen RI di Guangzhou.

"Insyaallah jenazah tiba malam ini sekitar 20.30 WIB menggunakan pesawat Garuda," jelas Retno.

Saat ini, baik pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan BNPB masih melakukan persiapan untuk menjemput kepulangan Sutopo Purwo Nugroho.

"Tim Kemlu terus berkoordinasi demgan BNPB untuk persiapan penerimaan jenazah dan pengurusan di bandara dan rumah duka," Retno menandaskan.

2. Tinggalkan Dua Anak

Sutopo merupakan sosok inspiratif yang dicintai banyak orang. Meski telah divonis kanker sejak 2017, ia masih mengabdikan diri pada masyarakat. Sutopo terus aktif melakukan pekerjaannya sebagai humas BNPB bahkan dalam proses penyembuhan yang dilakukan.

Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia pada Minggu pukul 02.20 waktu Guangzhou, saat menjalani perawatan untuk mengobati penyakit kankernya di Guangzhou St Stamford Modern Cancer Hospital.

Ia berpulang meninggalkan istri, Retno Utami Yulianingsih, serta dua anak, Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho.

Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham/Nanda Perdana Putra/Rinaldo

 

(kpl/rna)

Editor:

Rezka Aulia



MORE STORIES




REKOMENDASI