Kebakaran Hutan Lereng Gunung Arjuno, Terkendala Posisi Titik Api di Tebing Jurang

Senin, 29 Juli 2019 18:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini
Kebakaran Hutan Lereng Gunung Arjuno, Terkendala Posisi Titik Api di Tebing Jurang
Lereng Gunung Arjuno © BPBD Kota Batu


Kapanlagi Plus - Posisi titik api di tebing jurang dan hembusan angin menjadi kendala bagi tim pemadaman kebakaran hutan lereng Gunung Arjuno. Namun demikian, beberapa titik api di hutan kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) R Soerjo itu berhasil dipadamkan.

"Sebagian lagi terkendala medan yang sulit karena titik api berada di tebing dengan jurang yang dalam. Kondisi angin juga bertiup cukup kencang," kata Achmad Choirur Rochim, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Senin (29/7).

Informasi terakhir dari tim di lapangan, titik api berada di Blok Kebut yang menjalar ke arah barat. Sebagian titik api sudah dapat dikondisikan.

"Secara visual, api terlihat di sekitar puncak Gunung Arjuna," tegasnya.

1. Bahu Membahu Padamkan Api

Kebakaran hutan lereng Gunung Arjuno diperkirakan terjadi Minggu (28/7) sekitar pukul 09.30 WIB. Tim langsung diberangkatkan ke lokasi di hari yang sama.  

Tim I berjumlah 9 orang yang terdiri dari warga dan porter yang berangkat pukul 11.00 WIB melalui jalur Pura Giri Arjuno. Sementara tim lain berjumlah 15 orang yang terdiri dari Petugas Tahura R Soeryo berangkat pukul 12.30 WIB melalui Jalur Brak Seng.

Tim mendapat dukungan personil TRC BPBD Prov Jatim sebanyak 10 orang berikut dukungan logistik, sarung tangan dan masker. Selain itu juga terlibat dalam tim dari Koramil Batu, Tagana, masyarakat dan relawan.

2. Evakuasi Pendaki

Sementara itu, sebanyak 90 orang pendaki 47 orang terdata telah berhasil dievakuasi. Sisanya sebagian terdeteksi turun melewati jalur Purwosari dan sebagain turun dini hari tadi.

"Tersisa 12 orang yang masih dalam proses evakuasi turun," tegasnya.

Kawasan hutan lereng Gunung Arjuna berada di wilayah Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo. Posisinya berada di sisi utara dari Kota Batu arah ke Pasuruan dan Mojokerto.

Sebelumnya, kawasan Lereng Gunung Panderman di sisi selatan Kota Batu juga terbakar. Kebakaran dipicu oleh faktor alam yang mengakibatkan 70 Ha hangus.

(kpl/dar/phi)

Reporter:

Darmadi Sasongko



MORE STORIES




REKOMENDASI