Keren! Panggung Wayang Kulit Ini Inspirasi Anak Muda Lestarikan Budaya Tradisional

Sabtu, 28 Januari 2023 08:00 Penulis: Wuri Anggarini
Keren! Panggung Wayang Kulit Ini Inspirasi Anak Muda Lestarikan Budaya Tradisional
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Coba ngaku, seberapa kenal sih kamu dengan wayang kulit? Sebagai generasi muda, minat terhadap wayang kulit mungkin masih rendah. Apalagi pagelaran budaya yang satu ini seringnya dianggap hanya untuk orang tua dan sifatnya kuno. Padahal, tahu nggak sih kalau kebudayaan tradisional Indonesia, termasuk wayang kulit, banyak menarik perhatian masyarakat luar?

Mengikuti perkembangan gaya hidup dan budaya luar sih boleh saja. Tapi, jangan lupakan juga budaya tradisional yang jadi identitas bangsa. Wayang kulit sendiri sudah diakui oleh UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Melihat fenomena rendahnya minat generasi muda Indonesia terhadap kebudayaan sendiri, inilah yang mendorong hadirnya Panggung Wayang Kulit Tolak Linu dari Sido Muncul yang menyajikan gelaran wayang kulit dengan cara yang fresh dan lebih seru.

Upaya Mempopulerkan Budaya Tradisional Indonesia

Sebagai bagian dari budaya tradisional, sudah seharusnya wayang kulit menjadi identitas dan jati diri bangsa. Namun, mindset yang ada selama ini hanyalah pagelaran wayang kulit yang hanya tertuju pada orang tua saja.

Padahal, setiap pertunjukan wayang kulit penuh cerita yang kaya akan nilai budaya dan identitas bangsa. Inilah yang membuat hadirnya Panggung Wayang Kulit Tolak Linu sebagai salah satu upaya dalam mempopulerkan dan melestarikan budaya tradisional Indonesia di kalangan anak muda.

Menggandeng Elisha Orcarus Allasso

(c) Instagram/elishaorcarus(c) Instagram/elishaorcarus

Nggak tanggung-tanggung, upaya Tolak Linu dalam mempopulerkan kembali wayang kulit ini bahkan sampai menggandeng pesinden dan dalang ternama asal Yogyakarta, yaitu Elisha Orcarus Allasso. Yup, sosok yang satu ini jadi gambaran kalau anak muda yang mencintai budaya tradisional itu nggak kalah keren kok.

Elisha sendiri merupakan salah satu sinden wayang kulit yang sudah mulai berkiprah secara konsisten sejak 2011. Ia terus mempopulerkan budaya wayang kulit dengan caranya tersendiri, yaitu mengusung konsep yang lebih modern dan unik.

Prestasi dan konsistensi yang berhasil dibuktikan Elisha inilah yang membuatnya juga terpilih sebagai brand ambassador Tolak Linu. Di usianya yang masih muda, ia mampu membuktikan kalau pertunjukan wayang kulit bisa dibuat dengan lebih modern dan diterima di berbagai kalangan. Salut banget kan!

Sukses Digelar di 4 Titik Wayangan

Roadshow Panggung Wayang Kulit Tolak Linu sudah berhasil digelar dengan sukses di 4 titik sejak bulan November lalu. Keempat lokasi tersebut antara lain Lapangan Karangsari Wates, Pasar Kuliner Logandeng, Lapangan Ngasinan Grabag, dan Halaman Kantor Kecamatan Purworejo.

Panggung Wayang Tolak LinuPanggung Wayang Tolak Linu

Selain Elisha, panggung wayang kreatif ini juga menghadirkan dalang-dalang ternama di setiap pertunjukannya. Nggak heran jika acara ini meraih antusiasme dari masyarakat sekitar yang bisa dilihat dari membludaknya pengunjung yang datang langsung ke lokasi.

Upaya Tolak Angin ini jadi sebuah dorongan agar anak muda mau mengenal, mempelajari, dan mempopulerkan budaya tradisional Indonesia!
Saat pegal linu dan nyeri sendi, selalu andalkan selalu produk-produk dari Sido Muncul, seperti Tolak Linu. Dari 100% herbal, minum setelah beraktivitas dan sebelum tidur, bantu melancarkan peredaran darah untuk mengatasi capek dan lelah, istirahat jadi maksimal. Produk ini dapat dibeli online melalui website resmi e-commerce www.sidomunculstore.com atau Official Store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, dan JD.ID atau atau langsung saja klik di sini.

 

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI