Komunikasi Adalah Proses Menyampaikan Pesan, Pahami Definisi dan Jenis-Jenisnya

Jum'at, 08 Januari 2021 12:44 Penulis: Puput Saputro
Komunikasi Adalah Proses Menyampaikan Pesan, Pahami Definisi dan Jenis-Jenisnya
ILustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, yang artinya mereka akan saling membutuhkan satu sama lain. Oleh karena itu, dalam menjalani hidup manusia saling berinteraksi dan berkomunikasi. Malahan, komunikasi adalah hal yang sangat penting, karena selalu digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari aktivitas sehari-hari hingga urusan pekerjaan, semua memerlukan adanya komunikasi.

Secara umum komunikasi adalah proses penyampaian suatu pesan. Di keseharian, kita selalu berkomunikasi dengan orang lain. Baik secara langsung maupun tak langsung melalui media seperti tulisan, telepon, radio, televisi, dan media lainnya. Komunikasi sudah menjadi hal pokok dalam kehidupan manusia, sehingga sangat penting untuk mempelajarinya.

Saat ini, komunikasi juga kerap dipandang sebagai bidang ilmu. Untuk mengetahui sekilas apa itu komunikasi, simak ulasan yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Definisi Komunikasi

Jika ditinjau dari asal mula kata, komunikasi berasal dari kata dalam bahasa latin "communicare" yang berarti menyampaikan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Sementara itu, dilansir dari thoughtco.com, komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan melalui cara verbal atau nonverbal, termasuk ucapan, atau komunikasi lisan, representasi tulisan dan grafis (seperti infografis, peta, dan bagan), tanda isyarat, dan perilaku. Singkatnya, komunikasi menjadi proses dari "penciptaan dan pertukaran makna".

Berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah kegiatan penyampaian pesan, yang dapat dilakukan melalui berbagai cara dan media. Artinya, keberadaan pesan menjadi hal mutlak yang harus ada dalam kegiatan komunikasi.

2. Proses-Proses Komunikasi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, komunikasi saat ini sudah dipandang sebagai suatu bidang ilmu tersendiri. Sehingga tak mengherankan, jika kemudian muncul beberapa nama tokoh yang dikenal sebagai ahli. Beberapa dari ahli tersebut kemudian memberikan penjelasan mengenai komunikasi, serta metode-metodenya.

Adapun menurut para ahli, penjelasan dan metode-metode komunikasi adalah sebagai berikut.

1. Model Komunikasi Menurut Aristoteles
Sudah sejak lama komunikasi menjadi hal pokok dalam kehidupan manusia. Terbukti, filsuf Aristotel juga mempunyai penjelasan terkait model komunikasi. Menurut Aris toteles, komunikasi selalu melibatkan lima elemen. Adapun yang dimaksud sebagai kelima elemen komunikasi adalah speaker, speech, occasion, audience, dan effect.

Lebih lanjut, Aristoteles menjelaskan bahwa proses komunikasi ini bermula dari pembicara (speaker) yang mengutarakan pesan (speech) dalam suatu situasi (occasion) kepada khalayak (audience) yang kemudian menimbulkan dampak atau pengaruh (effect). Proses yang dijelaskan Aristoteles ini menjadi salah satu model komunikasi yang paling banyak diterima.

2. Model Komunikasi
Schramm mengungkapkan model komunikasi dari sudut pandang lain. Menurutnya, proses komunikasi berlangsung secara dua arah baik pengirim pesan atau penerima pesan. Adapun peran tersebut dapat bertukar posisi. Proses komunikasi ini dimulai saat pengirim pesan (encoder) yang menyampaikan pesan kepada penerima pesan (decoder). Selanjutnya, kedua pihak akan saling mengirim pesan secara bergantian.

3. Model Komunikasi Menurut Lasswell
Harold D. Lasswell juga menyampaikan pandangannya mengenai model komunikasi. Dalam pandangan Lasswell, komunikasi dapat berjalan secara linear atau mdel komunikasi satu arah. Proses komunikasi ini dimulai saat pengirim pesan (sender) yang menyampaikan pesan melalui media, lalu diterima oleh penerima pesan. Setelah itu, terciptalah umpan balik (feedback) dari penerima pesan.

3. Fungsi Komunikasi

Sebagai bidang ilmu, komunikasi cukup diminati. Mempelajari komunikasi memang sangat penting. Sebab, komunikasi mempunyai fungsi-fungsi yang mendasar di kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa fungsi dari komunikasi adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Cara Menyampaikan Pesan
Salah satu fungsi komunikasi adalah sebagai cara menyampaikan pesan, makna, ide gagasan yang ada di kepala. Tanpa melakukan komunikasi, ide atau gagasan kita tidak akan bisa dipahami oleh orang lain. Selain itu, setiap orang juga memerlukan komunikasi untuk memperoleh informasi-informasi yang berguna bagi kehidupan dan kepentingannya.

2. Sebagai Cara Menyampaikan Emosi
Bukan saja pesan dan gagasan, komunikasi juga bisa menjadi cara menyampaikan luapan emosi atau isi hati. Berbagai perasaan seperti senang, marah, kecewa, gembira bisa kita tunjukkan melalui berbagai cara komunikasi.

3. Sebagai Alat Kendali
Komunikasi juga bisa berfungsi sebagai alat kendali atau kontrol. Dengan komunikasi, aturan-aturan bisa disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami, sehingga perilaku dan tindakan setiap individu dapat lebih terkendali.

4. Sebagai Alat Motivasi
Komunikasi yang bersifat persuasif dapat berfungsi sebagai alat motivasi. Dengan metode komunikasi yang tepat, dapat membangkitkan gairah dan motivasi seseorang dalam mengerjakan sesuatu.

4. Jenis-Jenis Komunikasi

Bukan saja model prosesnya yang beragam, di keseharian kita juga bisa menjumpai komunikasi dalam berbagai jenis. Adapun jenis-jenis komunikasi adalah sebagai berikut.

1. Jenis Komunikasi berdasarkan Ruang Lingkupnya
Komunikasi adalah hal lumrah yang kita temui di keseharian dalam berbagai kesempatan. Berdasarkan pada ruang lingkupnya, komunikasi dibedakan menjadi dua yaitu internal dan eksternal.

Komunikasi internal adalah komunikasi yang berada dalam batas ruang lingkup organisasi atau kelompok tertentu. Dengan kata lain, proses komunikasi tercipta dalam interaksi antar individu di dalam lingkup tersebut. Komunikasi eksternal adalah jenis komunikasi yang dilakukan sebuah organisasi kepada publik. Contoh dari komunikasi ini adalah jumpa pers, pameran dan publikasi, program TV, dan sebagainya.

2. Jenis Komunikasi berdasarkan Bentuk
Sementara itu, menurut bentuk atau cara penyampaiannya komunikasi dibedakan menjadi dua, yaitu verbal atau lisan dan tertulis.

Komunikasi langsung, artinya proses yang terjadi secara lisan atau langsung. Meski begitu, jenis komunikasi ini juga bisa digunakan melalui media seperti telepon atau video call. Sedangkan sesuai namanya, komunikasi tertulis adalah komunikasi yang prosesnya dilakukan lewat tulisan. Misalnya surat atau chat.

3. Jenis Komunikasi berdasarkan Tujuan
Berdasarkan pada tujuannya, komunikasi bisa dibedakan dalam beberapa macam. Hal ini bisa dilihat dari tujuan, maksud atau kemauan dari komunikator (pihak yang menyampaikan pesan). Adapun beberapa jenis komunikasi berdasarkan tujuannya, antara lain memberi ceramah, memberi perintah, berpidato, wawancara, dan sebagainya.

Itulah di antaranya ulasan mengenai komunikasi adalah hal pokok dalam kehidupan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI