Curriculum Vitae Adalah Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan, Begini Tips Membuatnya Agar Menarik

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

Curriculum Vitae Adalah Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan, Begini Tips Membuatnya Agar Menarik
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Saat akan melamar pekerjaan, ada beberapa berkas yang harus dipersiapkan. Selain surat lamaran, curriculum vitae (cv) jadi hal yang tidak kalah penting. Curriculum vitae adalah nama lain dari daftar riwayat hidup. Berkas ini memuat indentitas diri pelamar secara lengkap dan mendetail. Selain itu, curriculum vitae juga harus menunjukkan kemampuan dan pengalaman profesional seseorang.

Curriculum Vitae adalah dokumen yang merangkum beberapa informasi penting yang dibutuhkan sebagai data pelamar kerja. Lewat curriculum vitae, perusahaan bisa mengetahui kandidat calon pegawainya. Karena mempunyai kedudukan yang sangat penting, maka daftar riwayat hidup tak boleh dibuat secara asal-asalan.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam membuat curriculum vitae. Namun sebelum mengetahui tips-tips tersebut, sebaiknya pahami dulu bahwa curriculum vitae adalah berkas penting berisi informasi diri. Simak, ulasan berikut yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Pengertian Curriculum Vitae Adalah

Curriculum Vitae adalah salah satu dokumen penting dalam melamar pekerjaan. Oleh karena itu, curriculum vitae harus dibuat sebaik dan selengkap mungkin. Curriculum vitae tidak hanya memuat identitas diri, melainkan juga kemampuan, prestasi, dan pengalaman. Sehingga, sebisa mungkin buat curriculum vitae yang bisa menunjukkan diri kalian yang sebenarnya.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Informasi dalam Curriculum Vitae

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Currivulum vitae berisi informasi diri yang lengkap dan detail. Meski begitu, curriculum vitae sebaiknya tetap dibuat secara ringkas dan padat. Informasi-informasi yang ditulis di curriculum vitae juga harus diperhatikan betul. Penulisan informasi yang tepat akan mempermudah pihak perusahaan untuk mengenal dan menghubungi kalian.

Selain itu, ada beberapa bagian informasi yang harus ada dalam curriculum vitae. Beberapa informasi tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Kontak informasi

2. Riwayat akademis

3. Pengalaman profesional

4. Kualifikasi dan keterampilan

5. Lisensi dan sertifikat

6. Penghargaan dan pencapaian

7. Asosiasi profesional

8. Hibah dan beasiswa

9. Publikasi

10. Pengalaman pekerjaan yang bersifat sukarela/volunteer

11. Informasi pribadi (opsional)

12. Minat (opsional)

 

3. Tips Membuat Curriculum Vitae

Curriculum vitae adalah salah satu berkas yang krusial dan penting. Oleh karena itu curriculum vitae harus dibuat sebaik mungkin. Sebab dengan begitu, kesempatan mendapat pekerjaan impian juga akan semakin terbuka lebar. Agar curriculum vitae kalian lebih menarik dan baik, berikut beberapa tips membuat curriculum vitae yang bisa dicoba.

1. Lengkapi Informasi yang Dibutuhkan

Identitas diri berikut keahlian, pengalaman, dan sebagainya yang ditulis pada curriculum harus diisi dengan jujur. Terlebih, identitas diri terkait alamat dan kontak harus ditulis secara tepat dan lengkap. Sebab, bagian ini akan memudahkan pihak perusahaan untuk menghubungi kalian.

2. Sertakan Pengalaman

Menyertakan pengalaman dalam curriculum vitae juga sudah menjadi keharusan. Sebab dengan begitu, curriculum vitae kalian akan terlihat lebih menarik dan 'menjual'. Namun, pastikan kalian hanya menyertakan pengalaman yang masih relevan dengan jenis pekerjaan yang dilamar.

3. Cantumkan Pencapaian Diri dan Prestasi

Kalian juga perlu mencantumkan pencapaian diri dan prestasi di curriculum vitae hidup. Hal ini akan menjadi nilai tambah di mata perusahaan. apalagi, jika pencapaian prestasi tersebut masih berhubungan dengan bidang pekerjaan yang dilamar.

4. Tambahkan Keahlian yang Kalian Miliki

Keahlian khusus seperti mengoperasikan aplikasi tertentu atau berbahasa asing juga perlu dicantumkan dalam curriculum vitae. Sama halnya pengalaman dan prestasi, hal ini juga bakal jadi nilai tambah di mata perusahaan. Agar lebih meyakinkan, kalian bisa menyertakan bukti lisensi atau sertifikat dari keahlian tersebut.

5. Susun secara Rapi dan Padat

Curriculum vitae adalah berkas yang memuat banyak hal tentang informasi diri. Meski begitu, curriculum vitae yang baik tetap harus dibuat secara singkat, padat, dan rapi. Curriculum vitae yang terlalu panjang justru bisa terkesan tidak profesional dan membosankan.

6. Pilih Desain yang Menarik

Tips membuat curriculum vitae berikutnya yaitu memilih desain yang menarik, tapi tetap terkesan profesional. Pemakaian desain yang unik dan menarik juga bisa menunjukkan seberapa kreatifnya dirimu. Selain memilih desain menarik. kalian tetap harus memperhatikan desain, tata letak, dan pemilihan jenis serta ukuran huruf. Sehingga, curriculum vitae kalian tetap enak dibaca.

7. Baca Berulang Kali

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, baca curriculum vitae bikinan kalian secara berulang kali. Pastikan setiap informasi sudah tertulis benar dan tepat. Selain itu, pastikan pula tidak ada salah ketik.

8. Minta Pendapat Orang Lain
Agar semakin mantap dengan curriculum vitae buatan kalian, jangan segan meminta pendapat dan masukan orang lain. Cara ini bisa dilakukan untuk kemudian bisa memperbaiki curriculum vitae agar terlihat semakin sempurna.

Itulah sedikit ulasan mengenai curriculum vitae adalah berkas penting saat melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending