15 Manfaat Singkong Rebus untuk Kesehatan Tubuh, Beserta Kandungan dan Cara Mengolahnya Dengan Tepat

Jum'at, 08 Januari 2021 09:40 Penulis: Dhia Amira
15 Manfaat Singkong Rebus untuk Kesehatan Tubuh, Beserta Kandungan dan Cara Mengolahnya Dengan Tepat
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Singkong atau memiliki nama lain ketela pohon, dan ubi kayu, merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Singkong dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Biasanya singkong diolah dengan cara digoreng, direbus hingga dibuat keripik. Dan kali ini kita akan membahas beberapa manfaat singkong rebus saat dikonsumsi untuk tubuh.

Namun mengonsumsi singkong juga harus dengan hati-hati, karena bila singkong rusak dan berwarna hitam, maka singkong tersebut tidak boleh dikonsumsi. Hal ini karena, singkong sudah beracun bagi manusia. Kandungan hitam yang terdapat dalam singkong rusak merupakan racun sianida yang sangat mematikan. Namun walaupun begitu, singkong menjadi salah satu jenis pangan yang sangat baik.

Bahkan singkong rebus dapat menjadi salah satu makanan yang bisa kita konsumsi sebagai pengganti nasi putih. Itu karena singkong mengandung 76 gram karbohidrat dan 320 kalori dalam 200 gramnya. Kandungan tersebut merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh yang dapat meningkatkan stamina. Karbohidrat pada singkong akan dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi untuk sel tubuh manusia.

Begitu luar biasanya singkong untuk kesehatan, tidak heran bila banyak dari masyarakat yang beralih mengonsumsi singkong rebus sebagai pengganti nasi putih. Nah, selain itu kira-kira apa lagi ya manfaat singkong rebus bagi kesehatan? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Kandungan Singkong Rebus

Sebelum mengetahui manfaat singkong rebus, kalian juga harus mengetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam singkong rebus. Dan berikut ini kandungan nutrisi pada 100 gram singkong rebus yang baik untuk tubuh:

  • Protein: 1,36 gram
  • Kalori: 160 Kkal
  • Karbohidrat 38,06 gram
  • Serat: 1,8 gram
  • Kalsium: 16 mg
  • Zat besi: 0,27 mg
  • Magnesium: 21 mg
  • Fosfor: 27 mg
  • Potasium: 271 mg
  • Sodium: 14 mg
  • Zinc: 0,34 mg
  • Vitamin A: 13 IU
  • Vitamin B2: 0,048 mg
  • Vitamin B3: 0,854 mg
  • Vitamin B6: 0,088 mg
  • Vitamin B9: 27 µg
  • Vitamin E: 0,19 mg
  • Vitamin K: 1,9 µg

2. Cara Memasak Singkong Rebus

Kemudian sebelum mengetahui apa saja manfaat dari singkong rebus, kalian juga harus mengetahui dulu cara merebus singkong yang baik dan juga tepat. Dan berikut ini cara merebus singkong yang tepat:

  1. Pertama, pilihlah singkong yang masih segar.
  2. Kemudian kupas kulitnya, dan cuci singkong hingga benar-benar bersih.
  3. Buanglah atau pisahkan daging singkong yang berwarna ungu.
  4. Potong singkong menjadi beberapa bagian, jangan terlalu besar supaya lebih cepat matang.
  5. Rebus singkong yang sudah direndam air.
  6. Ketika merebus singkong sebaiknya jangan menutup panci, supaya uap yang mengandung zat racun akan keluar. Terkadang hal ini kerap disepelekan oleh banyak orang.
  7. Setelah beberapa menit, coba tusuk singkong dengan garpu untuk memastikan sudah empuk dan matang atau belum.
  8. Setelah diangkat, tiriskan singkong hingga hangat-hangat kuku.

3. Mengatasi Hipertensi

Manfaat singkong rebus yang pertama yaitu dapat mengatasi hipertensi atau lebih dikenal dengan darah tinggi. Bagi kalian yang memiliki permasalahan dalam hipertensi atau darah tinggi, maka wajib memilih makanan sehat. Hal ini karena, bila salah mengonsumsi makanan akan berbahaya dan menaikkan darah di dalam tubuh.

Tentu saja hal ini tidak bisa ditoleransi ya KLovers, karena dapat menyebabkan berbagai penyakit lainnya yang berbahaya. Bahkan berujung pada kematian, bila tingkat darah dalam tubuh tinggi. Tetapi tenang KLovers, kalian bisa kok mengatasi masalah darah tinggi dengan menggunakan manfaat singkong rebus.

Hal ini karena, singkong mengandung serat sehat yang tinggi, yang dapat membantu memperlancar aliran darah. Selain itu, singkong juga merupakan sumber kalium yang cukup besar. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan natrium sangat penting untuk mengurangi risiko tekanan darah dan penyakit kardiovaskular.

4. Bebas Kolesterol

Manfaat singkong rebus yang kedua yaitu menjadi makanan yang bebas kolesterol. Di dalam tubuh kita memang membutuhkan kolesterol, namun bila terlalu banyak maka hal ini akan tidak baik bagi kesehatan ya. Dan dapat menyebabkan penyakit kolesterol, jantung, hingga stroke.

Namun tenang, bagi kalian yang ingin menjalani pola hidup sehat. Maka kalian bisa mengonsumsi singkong rebus sebagai pengganti nasi. Singkong tinggi akan karbohidrat, namun bebas dari lemak yang dapat menyebabkan kolesterol.

5. Cegah Diabetes

Tidak hanya mampu mencegah hipertensi dan kolesterol saja, nyatanya manfaat singkong rebus juga sangat baik dalam mencegah diabetes loh KLovers. Hal ini karena di dalam singkong terdapat kandungan berupa, pati resisten. Kandungan ini berkontribusi pada kesehatan metabolisme yang lebih baik, dan mengurangi risiko obesitas serta diabetes tipe 2.

Selain itu juga karena potensi singkong dapat meningkatkan kontrol gula darah, di samping perannya dalam meningkatkan rasa kenyang. Sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes dan mereka yang ingin mencegah diabetes.

6. Cegah Kanker

Kanker memang menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Dan sebelum hal ini terjadi, maka kalian bisa kok mencegah kanker dengan menggunakan manfaat singkong rebus. Konon katanya, manfaat singkong rebus untuk kanker berasal dari sejumlah senyawa antioksidan di dalamnya. Perlu kalian ketahui, bahwa penyakit kanker diawali dari rusaknya sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

Antioksidan ini bertugas untuk menghalau serangan radikal bebas sehingga kerusakan sel tubuh bisa dicegah. Terlepas dari adanya kandungan antioksidan pada singkong, sayangnya bukti ilmiah perihal manfaat singkong rebus untuk kanker belum ada yang benar-benar bisa dijadikan acuan.

7. Kesehatan Saraf

Terlihat sepele, namun nyatanya manfaat singkong rebus sangat baik dalam kesehatan saraf loh. Sistem saraf merupakan jaringan kompleks yang memiliki peran penting untuk mengatur setiap kegiatan dalam tubuh seperti berpikir, melihat, bergerak, hingga mengatur berbagai kerja organ tubuh.

Oleh sebabnya, memanfaatkan singkong rebus dipercaya sangat baik untuk mengatasi stres dan gangguan kepanikan pada saraf. Bahkan kandungan vitamin B1 dalam singkong juga sangat baik dalam memberikan kesehatan saraf.

Ini karena vitamin B1 atau tiamin memungkinkan tubuh untuk menggunakan karbohidrat sebagai energi. Tentu ini penting untuk metabolisme glukosa, dan memainkan peran kunci dalam fungsi saraf.

8. Kesehatan Otot

Tidak hanya baik dalam kesehatan saraf saja, nyatanya manfaat singkong rebus yang lainnya yaitu dapat memberikan kesehatan pada otot kalian. Hal itu karena singkong mengandung protein yang menjaga kesehatan otot dan menyehatkan jaringan.

Tidak hanya itu saja kandungan kalium dalam singkong juga membantu menjaga massa otot pada orang tua, serta selama kondisi yang cenderung menyebabkan pengecilan otot, seperti ketosis diabetikum. Sehingga tidak heran bila singkong rebus dipercaya mampu memberikan kesehatan pada otot kalian.

9. Kesehatan Tulang

Tidak hanya memberikan kesehatan tulang saja, nyatanya manfaat singkong rebus juga sangat baik dalam memberikan kesehatan tulang loh KLovers. Menjaga kesehatan tulang sangat penting dilakukan untuk mencegah osteoporosis. Singkong salah satu makanan yang dipercaya dapat memperkuat tulang.

Sumber kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang terdapat pada singkong semuanya bermanfaat untuk tulang. Kalsium salah satu komponen penting bagi tulang. Nah, kalsium itu bisa kalian dapatkan pada singkong.

Selain itu magnesium juga penting dalam pembentukan tulang untuk mengasimilasi kalsium ke dalam tulang dan berperan dalam mengaktifkan vitamin D di ginjal. Fosfor bekerja dengan kalsium untuk membantu membangun tulang. Oleh sebabnya, mengonsumsi singkong merupakan pilihan yang tepat untuk kesehatan tulang.

10. Baik untuk Penderita Rematik

Rematik memang menjadi salah satu penyakit yang memberikan kondisi kesehatan di mana munculnya rasa sakit akibat otot, atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas kalian bila tidak segera diobati. Dan untuk mengatasi hal ini, maka kalian bisa kok mengonsumsi singkong rebus KLovers.

Hal ini lantaran singkong rebus mengandung magnesium yang tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita rematik. Magnesium inilah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh, sehingga mampu meredakan rematik pada tubuh kalian.

11. Kesehatan Mata

Tidak hanya dapat memberikan kesehatan pada tulang saja, nyatanya singkong rebus juga sangat baik dalam memberikan kesehatan mata loh KLovers. Memiliki mata yang sehat memang menjadi hal yang penting. Kalian bisa mengonsumsi singkong rebus untuk memberikan kesehatan pada mata kalian.

Hal ini karena singkong kaya akan vitamin A dan senyawa seperti bakaroten. Nutrisi ini baik untuk kesehatan mata. Konsumsi singkong rebus dapat mencegah timbulnya masalah mata seperti penglihatan buram atau penglihatan yang buruk.

12. Baik Untuk Pencernaan

Pencernaan memang menjadi salah satu hal yang penting bagi tubuh. Ini karena memiliki pencernaan yang tidak lancar akan membuat tubuh terjangkit berbagai macam masalah yang serius, seperti sembelit, wasir, obesitas, hingga kanker perut. Dan untuk menjauhkan risiko berbahaya, maka kalian bisa kok mengonsumsi singkong rebus.

Hal ini karena singkong merupakan sumber serat yang cukup tinggi. Serat membantu dalam pengolahan racun yang masuk ke usus. Selain itu pati resisten dalam singkong memberi makan bakteri bermanfaat dalam usus yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

13. Menurunkan Berat Badan

Bagi kalian yang mempunyai program diet, maka mengonsumsi singkong rebus sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi pada singkong akan membuat kalian mudah kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama ketimbang memakan roti dan nasi.

Selain itu, singkong rebus juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Serat dalam singkong juga tidak larut dalam air, sehingga membantu penyerapan racun yang masuk ke dalam usus kalian dan mengeluarkannya sebagai tinja.

14. Kesehatan Kulit

Tidak hanya untuk kesehatan untuk memperkuat tubuh saja, nyatanya manfaat singkong rebus juga sangat baik untuk kesehatan kulit kalian loh KLovers. Itu karena singkong dapat menghaluskan dan melembabkan kulit. Bahkan kandungan vitamin dan antioksidan dalam singkong rebus mampu membuat kulit kalian lebih cerah dan terbebas dari radikal bebas.

Selain mengonsumsi singkong, kalian juga bisa menggunakan manfaat kulitnya sebagai bahan masker wajah. Kulit singkong dapat digunakan sebagai exfoliator kulit. kalian bisa memisahkan kulitnya, kemudian membuat masker atau scrub. Oleskan pada wajah dengan baik selama beberapa menit dan basuh dengan air dingin. Lakukan cara ini tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

15. Kesehatan Rambut

Tidak hanya untuk wajah saja, nyatanya manfaat singkong rebus juga sangat baik untuk kesehatan rambut loh. Bagi kalian yang banyak mengonsumsi singkong rebus, maka kemungkinan memiliki rambut sehat juga lebih tinggi. Bahkan dengan mengonsumsi singkong rebus ini akan membuat rambut kalian lebih kuat dan terbebas dari kerontokan.

Tak hanya itu saja, kalian juga bisa kok memarut singkong mentah dan dicampur kulitnya untuk dijadikan masker rambut. Lakukan hal ini secara rutin, dua kali dalam seminggu. Cara ini juga berfungsi untuk menjaga kekuatan rambut dan mencegah rambut rontok.

16. Sumber Energi

Manfaat singkong rebus memang sangat baik untuk sumber energi bagi tubuh. Selain itu singkong juga tinggi akan karbohidrat yang nantinya berubah menjadi glukosa, salah satu sumber energi dalam tubuh. Hal ini karena sekitar 80% konsumsi karbohidrat per hari diperlukan oleh organ seperti otak agar otak dapat berfungsi secara maksimal.

Jadi kalian bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari singkong rebus. Kalian bisa menggunakan singkong rebus dalam menu sarapan pagi yang sehat. Dan kalian bisa juga membuatnya dalam berbagai jenis sajian yang sehat.

17. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dan manfaat singkong rebus yang terakhir yaitu, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena di dalam singkong terdapat kandungan berupa, folat dan vitamin C, yang keduanya banyak ditemukan di dalam daun singkong, dan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dengan menyingkirkan virus dan bakteri. Folat membantu dalam produksi sel-sel dalam tubuh berjalan normal dan mencegah mutasi DNA. Sehingga tubuh kekebalan tubuh meningkat, dan menjauhkan tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat mengakibatkan penyakit.

Itulah 15 manfaat singkong rebus bagi kesehatan tubuh kalian, beserta dengan kandungan dan cara pengolahannya. Bukan hanya mampu memberikan nutrisi seperti daya tahan tubuh saja, nyatanya singkong juga sangat baik dalam memberikan nutrisi untuk penyakit yang kronis, hingga kecantikan wajah dan rambut.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI