Korban Gempa Capai 436 Jiwa, Presiden Jokowi Terbang ke NTB & Menginap Disana

Senin, 13 Agustus 2018 21:00 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Korban Gempa Capai 436 Jiwa, Presiden Jokowi Terbang ke NTB & Menginap Disana
Presiden Jokowi © Merdeka


Kapanlagi Plus - Gempa yang mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat dan juga Bali rupanya memiliki dampak yang sangat besar. Sebanyak 436 jiwa menjadi korban karena tertimpa bangunan yang runtuh.

Lombok Utara menjadi daerah dengan korban meninggal dunia terbanyak, yaitu 374 jiwa. Selain itu, sekitar 1.353 orang luka-luka dan 352.793 orang berada di barak pengungsian.

Presiden Jokowi rupanya tak tinggal diam dengan kondisi tersebut. Dirinya pun terbang ke NTB untuk memantau situasi pengungsi, padahal dirinya juga sedang disibukkan dengan berbagai persiapan jelang pemilihan presiden 2019.

1. Kerugian Capai 5 Triliun

Hal tersebut diketahui dari akun Twitter pribadi sang presiden. Disampaikan jika dirinya berencana untuk menginap di tenda setelah bertemu dengan para pengungsi.

"Sampai hari ini, korban meninggal gempa 7 SR di Lombok 5 Agustus lalu sebanyak 436 orang, luka-luka 1.353 orang, dan 352.736 warga mengungsi. Malam ini, saya akan menginap di tenda setelah bertemu para pengungsi, dan melihat dari dekat penanganan atas dampak bencana di sana," tulisnya.

Kerugian ekonomi di Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai akibat dari gempa tersebut ditaksir sebesar 5,04 triliun rupiah. Angka ini masih terus dihitung hingga masa darurat dinyatakan selesai.

 

2. Masjid Berusia 3 Abad Ini Kokoh Meski Diguncang Gempa

Beberapa kali Lombok di guncang gempa, bahkan sampai berkekuatan 7,0 SR, Minggu (5/8). Terjadinya gempa membuat banyak korban luka dan jiwa. Bahkan gempa juga berdampak pada rusaknya bangunan.

Namun ada sebuah bangunan yang masih berdiri kokoh meski telah diguncang berkali-kali. Bangunan tersebut adalah sebuah masjid kuno. Bernama Masjid Kuno Bayan Beleq yang berada di Kampung Adat Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Masjid yang berjarak 80 kilometer dari ibu kota NTB ini sama sekali tidak mengalami kerusakan yang berarti. Hanya pagar yang terlihat berserakan karena gempa yang berlangsung terus-menerus.

3. Masjid Berumur 300 Tahun

Diperkirakan masjid kuno tersebut telah berumur 300 tahun. Masjid Kuno Bayan Beleq ini telah masuk bagian dari situs bersejarah karena berdiri pada abad ke-17. Masjid tersebut berada di atas gundukan sebuah bukit kecil.
Meski telah lama berdiri namun bangunannya masih awet sampai sekarang. Padahal masjid ini kerangka atapnya hanya menggunakan bambu. Kemudian atap tersebut ditutup dengan injuk dengan dinding berpondasi batu.

(kpl/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI